Anak TK Harus Bisa Apa? Ini 9 Kemampuan yang Harus Dimiliki Anak TK

anak-tk-harus-bisa-apa

Moms and Dads punya anak yang baru akan duduk di bangku TK? Sebelum mendaftarkan anak di Taman Kanak-kanak atau Pendidikan Anak Usia Dini, parents harus mengetahui dulu nih anak TK harus bisa apa saja sih? Hal ini tidak lain untuk mempermudah mereka dalam beradaptasi di lingkungan sekolah pertamanya.

Dengan usianya yang baru menginjak sekitar 4 tahunan, kira-kira anak yang baru akan masuk TK harus menguasai apa saja sih? Apakah anak TK harus bisa membaca dan mengenal angka? Biar nggak penasaran, langsung aja yuk Moms cek artikel di bawah ini.

Table of Contents

Mengenal tentang TK “Taman Kanak-Kanak”

TK atau taman kanak-kanak adalah tempat pertama bagi anak untuk mengenyam pendidikan sebelum masuk ke bangku sekolah dasar. TK sendiri memiliki beberapa golongan atau tingkatan, yaitu TK A dan TK B. Ada perbedaan yang cukup jelas di antara keduanya. Nah, kalau anak Moms and Dads baru akan masuk TK, kira-kira mereka masuk ke tingkatan TK A atau TK B, ya? Yuk, simak dulu penjelasan tentang TK A dan TK B berikut ini!

TK A adalah kategori jenjang pendidikan untuk anak-anak yang usianya sekitar 4 hingga 5 tahun. TK A juga dikenal dengan TK nol kecil di mana anak-anak yang baru masuk TK, akan menempati kategori kelas TK ini selama satu tahun.

Sedangkan TK B merupakan tingkatan selanjutnya dari TK A, biasanya didominasi oleh anak-anak usia 5 hingga 6 tahun. Istilah lain dari TK B adalah TK nol besar, di sini anak-anak akan dipersiapkan untuk bisa beradaptasi dengan jenjang pendidikan selanjutnya, yaitu sekolah dasar.

Kenali Tingkat Keahlian Bahasa Inggris Si Kecil Sekarang

Kemampuan Akademik yang Harus Dimiliki Anak TK

Pada section ini akan dibahas secara menyeluruh mengenai kemampuan yang berkaitan dengan akademik si Kecil. Agar si Kecil lebih siap untuk memulai experience-nya di taman kanak-kanak, cobalah bekali mereka dengan beberapa aktivitas dan kemampuan berikut sebelum mulai sekolah. Berikut ini poin-poin pentingnya!

(1) Mengenal Huruf-Huruf Alfabet

Terkadang ada banyak parents yang bertanya apakah anak TK harus bisa membaca? Memang akan sempurna jika sebelum masuk TK, anak sudah bisa membaca. Namun, jika pun masih belum bisa membaca, setidaknya anak harus sudah mengenal huruf-huruf alfabet.

Sebelum si Kecil masuk taman kanak-kanak, cobalah untuk mengajari mereka untuk mengenal huruf-huruf alphabet. Meskipun tidak secara keseluruhan, minimal mereka sudah bisa menyebutkan setengah huruf alfabet. Beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak lebih mudah mengenal huruf-huruf abjad dan belajar membaca adalah menggunakan games puzzle alfabet, atau gunakan flashcard. 

(2) Mengingat dan Mengenal Nama-Nama Warna

Selanjutnya adalah mengingat nama-nama warna. Warna merupakan salah satu pelajaran dasar yang umumnya sudah dihafal oleh anak balita. Jika si Kecil masih kesusahan untuk menghafal semua kategori warna, cobalah untuk mengajarkan mereka nama-nama warna utama, seperti putih, hitam, merah, hijau, kuning, dan biru.

(3) Mampu Berhitung (Setidaknya 1-10)

Kalau ditanya anak TK A dan TK B harus bisa apa? Jawabannya selanjutnya adalah harus bisa berhitung. Sebagian besar anak di masa prasekolah pasti sudah belajar berhitung setidaknya sampai 10 angka dan memahami bagaimana korespondensinya. Pastikan juga ya Moms kalian mengenalkan bagaimana bentuk dari angka-angka yang disebutkan. Misalnya, si Kecil belajar angka satu sampai sepuluh, maka tulislah contoh angka-angkanya di kertas agar mereka juga mengenali bagaimana bentuk angka tersebut.

(4) Mengenal Alat Tulis dan Mampu Menggunakannya

Nggak kalah penting dari poin-poin sebelumnya nih, Moms. Kemampuan mengenal peralatan sekolah atau alat tulis dan cara menggunakannya juga harus sudah dipahami anak-anak yang akan duduk di bangku taman kanak-kanak.

Kenalkan pada di Kecil alat-alat tulis, seperti pulpen, pensi, penghapus, buku, dan buku gambar beserta dengan fungsi masing-masingnya. Selanjutnya, Moms and Dads bisa mengajarkan bagaimana cara menggunakannya. Berikan si Kecil ruang untuk berlatih corat-coret dan menulis apa yang sudah mereka bisa.

(5) Bisa Memperhatikan dan Mengikuti Arahan Guru

Di dalam kelas, siswa atau anak-anak diharapkan mampu untuk memperhatikan dan mengikuti arahan guru. Kemampuan ini sangat berguna dalam proses pembelajaran. Semakin anak fokus mendengarkan dan patuh pada arahan guru, maka proses belajarnya akan lebih mudah dan kondusif. Maka dari itu, Moms and Dads harus sering-sering ya memberikan si Kecil pengertian pentingnya memperhatikan guru.

anak-tk-a-harus-bisa-apa
Photo from Freepik

Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki Anak TK

Di samping keterampilan akademik, ada juga lho keterampilan sosial yang harus diajarkan pada anak sebelum mereka masuk TK.

(1) Mampu Bersosialisasi dan Berbagi

Baik anak TK A maupun TK B, keduanya tentu harus memiliki kemampuan bersosialisasi dan berbagi. Anak-anak cenderung menjadi pemalu saat bertemu dengan teman-teman baru. Ajarkan mereka bagaimana cara berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan teman-teman yang baru ditemuinya.

Jangan lupa juga Moms, berikan pengertian lebih tentang pentingnya berbagi pada sesama teman. Baik berbagi mainan maupun berbagi makanan. Latih juga si Kecil untuk meminta terlebih dahulu sebelum mengambil mainan/makanan yang ia inginkan dari temannya.

(2) Kemampuan untuk Duduk dengan Tenang

Bagi anak-anak balita, duduk di satu tempat yang sama dengan tenang merupakan hal yang cukup sulit untuk dikendalikan dan dilakukan secara konsisten. Namun, dalam ruang kelas, mau tidak mau si Kecil harus duduk anteng dan tenang sambil mendengarkan penjelasan dari guru.

Untuk melatih si Kecil agar bisa duduk tenang, para parents harus membiasakan beberapa aktivitas, seperti menerapkan kebiasaan duduk tenang pada anak sebelum memberikan makan. Atau bisa juga membiasakan anak duduk sambil membacakan dongeng dan bernyanyi bersama.

Gabung Komunitas Parents di Cakap dan Raih Banyak Keuntungan

(3) Melatih Kemandirian

Kemandirian yang diajarkan di sini berarti cukup sederhana. Misalnya, melatih anak untuk bisa memakai pakaian sendiri, membuka dan memakai sepatu, mengikat tali sepatu, menyiapkan alat tulis yang akan digunakan, dan masih banyak hal mandiri lain yang perlu diajarkan sebelum anak masuk TK.

(4) Toilet Training

Satu lagi nih jawaban dari pertanyaan “anak TK harus bisa apa?”, yaitu toilet training. Si Kecil harus bisa menggunakan kamar mandi sendiri, termasuk buang air dan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Ajarkan juga pada si Kecil bahwa ketika dia akan buang air, dia harus minta izin ke toilet pada gurunya.

Keterampilan Tambahan untuk anak TK

Keterampilan yang juga bisa di pelajari untuk anak TK adalah kemampuan bahasa. Moms bisa mengenalkan bahasa lain selain bahasa Indonesia seperti

  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Mandarin

Artikel berikut bisa jadi inspirasi kamu untuk mulai mengajarkan bahasa inggris untuk si kecil

 

Gimana Moms, penjelasan di atas sudah bisa menjawab pertanyaan tentang “anak TK harus bisa apa”, bukan? Nah, biar proses belajar si Kecil makin maksimal, yuk bekali mereka dengan kemampuan berbahasa! Moms and Dads bisa ajak si Kecil untuk mengikuti kursus bahasa Inggris anak di Cakap. Bersama dengan teachers professional dan berpengalaman, dijamin deh si Kecil makin semangat belajar!

Referensi:

  • learningresources.com
  • parenting.co.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.