Daftar Sekolah Internasional di Jakarta yang Bagus & Biayanya

sekolah-internasional-di-jakarta

Mencari sekolah internasional yang bagus untuk anak, nggak perlu jauh-jauh harus ke luar negeri lho, Moms. Kalian bisa menemukan sekolah internasional di Jakarta dengan mutu dan kualitas yang bagus. Satu dari sekian banyak sekolah internasional di Jakarta yang paling terkenal adalah Jakarta Intercultural School. Mau tahu sekolah internasiona di Jakarta lainnya? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Table of Contents

Sekolah Internasional

Sebelum mengetahui daftar sekolah internasional di Jakarta, Moms and Dads perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu sekolah internasional. 

Sekolah internasional adalah sekolah berbasis pendidikan internasional dalam lingkungan internasional. Secara lebih detail, Permendikbud mendefinisikan sekolah internasional sebagai satuan pendidikan yang dikelola berdasarkan kerjasama antara Lembaga Pendidikan Asing dengan Lembaga Pendidikan Indonesia. Baik berbentuk pendidikan jalur formal maupun informal, mulai dari TK, SD, hingga sekolah menengah.

Perbedaan mendasar antara sekolah nasional dengan sekolah internasional adalah dari segi kurikulum dan bahasa yang digunakan, serta dari tenaga pendidiknya.

Baca juga : Ingin Anak Jadi Bilingual? Terapkan 5 Strategi Ini

Kelebihan Bersekolah di International School

Ini beberapa kelebihan yang didapat ketika anak mengenyam pendidikan di sekolah internasional.

(1) Fasilitas yang Memadai

Sekolah internasional cenderung memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai kebutuhan para siswanya. Dari mulai fasilitas olahraga, kesehatan, hingga fasilitas yang mendukung kegiatan akademik. Kelengkapan fasilitas tentu sangat penting sebagai penunjang kegiatan belajar dan kenyamanan bagi siswa.

(2) Kurikulum yang Diajarkan

Kurikulum yang diajarkan dalam sekolah internasional, berbeda dengan kurikulum sekolah nasional. Beberapa kurikulum yang biasanya digunakan dalam sekolah berbasis internasional adalah IB (International Baccalaureate), Kurikulum Cambridge, Montessori, IPC (International Primary Curriculum), dll. Kurikulum-kurikulum tersebut membantu anak untuk menempuh pendidikan yang modern dan terbaru.

(3) Mampu Menguasai Bahasa Asing

Menyekolahkan anak di sekolah internasional memberikan mereka kesempatan untuk dapat belajar dan mempraktekkan bahasa secara langsung. Hal tersebut dikarenakan bahasa pengantar yang digunakan dalam sekolah internasional adalah bahasa Inggris. Ditambah lagi, sekolah internasional juga mengajarkan bahasa asing lainnya, seperti bahasa Jepang, Mandarin, dll. 

(4) Mengenal Banyak Budaya

Berteman dan bergaul dengan banyak siswa yang berasal dari beragam latar belakang budaya dan negara yang berbeda, bisa menjadi jalan pintas untuk anak dapat mengenal budaya-budaya baru. Mereka juga bisa memiliki jaringan pertemanan yang luas dan bisa belajar beradaptasi dengan mudah.

Tips Memilih Sekolah Internasional yang Tepat

Sebelum beranjak kepada poin inti, yuk cari tahu dulu tips memilih sekolah internasional di Jakarta yang tepat untuk anak!

(1) Cek Biayanya!

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memilih sekolah internasional di Jakarta adalah biaya. Pasalnya, biaya sekolah internasional di Jakarta cukup beragam, mulai dari kisaran angka puluhan hingga ratusan juta. Pilihlah sekolah internasional dengan biaya yang paling bisa dijangkau oleh keuangan Moms and Dads. So, sambil cek sekolahnya, jangan lupa cek biayanya juga ya Moms.

(2) Cari Tahu Informasi Pelayanan

Informasi pelayanan menjadi pertimbangan yang cukup penting. Sebagai tempat belajar dan rumah kedua bagi anak, pastikan sekolah internasional yang Moms tuju memiliki pelayanan dan fasilitas yang baik.

Carilah sekolah internasional dengan pelayanan yang ramah dan mampu memperhatikan para siswanya dengan baik. Serta dapat memberikan akses pada orang tua untuk melihat perkembangan anaknya.

(3) Tenaga Pengajar yang Kredible

Tenaga pengajar atau guru adalah orang yang akan berinteraksi secara langsung dan intens dengan anak-anak. Maka dari itu, pastikan tenaga pengajar di sekolah internasional tujuan, memiliki kredibilitas yang tinggi dan merupakan pengajar profesional yang kompeten di bidangnya.

(4) Kurikulum yang Digunakan

Kurikulum adalah hal yang mendasari kegiatan belajar mengajar. Setiap sekolah internasional biasanya menerapkan kurikulum internasional yang berbeda. Pastikan Moms and Dads memilih kurikulum global yang paling banyak digunakan di dunia, seperti IB dan Cambridge.

sekolah-internasional-jakarta
Photo from Freepik


Daftar Sekolah Internasional di Jakarta yang Bagus dan Recommended

Dari puluhan sekolah internasional di Jakarta yang bagus dan populer, di bawah ini akan dipaparkan beberapa di antaranya, tentunya yang paling memiliki kualitas terbaik dan ter-recommended!

(1) ACG School

ACG School atau Academy College Group School adalah salah satu sekolah internasional yang terletak di Jakarta Selatan. Sekolah yang menggunakan kurikulum IB dan British ini menyediakan jalur pendidikan dari TK hingga SMA. 

Sebagai salah satu sekolah internasional bergengsi, ACG School menyediakan native English speaker. Jumlah siswa dalam satu kelas juga tergolong cukup sedikit lho, yaitu 18-22 siswa per kelas.

Fasilitas di modern school ini juga nggak main-main, selain memiliki lingkungan yang aman dan nyaman, ACG School juga dilengkapi dengan laboratorium sains, perpustakaan, ruang seni & musik, mushola, gimnasium, dan fasilitas olahraga yang cukup lengkap.

Keunggulan yang dimiliki oleh sekolah internasional ini sepadan dengan biaya tahunan yang harus dikeluarkan oleh para orang tua. Per tahun ajaran 2022/2023 biaya sekolah internasional di Jakarta ini berkisar antara 100-300 juta. Wah, angka yang cukup fantastis ya.

(2) British School Jakarta

British School Jakarta atau juga sering dikenal dengan nama BSJ merupakan sekolah internasional untuk anak TK hingga SMA. Sekolah ini menggunakan kurikulum IB dan British yang disempurnakan dengan elemen pendekatan Montessori.

BSJ menawarkan perjalanan belajar siswanya yang didukung oleh tenaga pengajar berkualitas dan berpengalaman, program ekstrakurikuler yang luas, konselor pendamping siswa, infrastruktur IT kelas global, dan fasilitas olahraga yang sangat lengkap. 

Untuk dapat menyekolahkan anak di sekolah internasional yang satu ini, Moms and Dads perlu mengeluarkan biaya tahunan sebesar 100 hingga 375 juta rupiah.

(3) Highscope Indonesia

Selanjutnya ada Highscope Indonesia. Sekolah internasional ini tidak hanya bisa ditemukan di Jakarta, tetapi juga di kota-kota besar lainnya, seperti Bandung, Medan, Palembang, dan Bali. Jika anak Moms bersekolah di sini, mereka akan menerima kurikulum Cambridge International sebagai kurikulum utamanya.

Highscope Indonesia berfokus kepada pendidikan akademik yang dibarengi dengan pengembangan kemampuan leadership, komunikasi, dan kreativitas siswa. Biaya yang dikenakan dalam proses pendidikan di Highscope School meliputi biaya masuk dan SPP bulanan.

(4) SIS South Jakarta

SIS adalah singkatan dari Singapore International School. Selain terletak di Jakarta Selatan, SIS juga bisa kalian temukan di daerah Kelapa Gading. Sekolah internasional ini menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris dengan kurikulum IB, British, dan Singaporean. 

SIS menerima pendaftaran bagi siswa dari umur 2-18 tahun. Dalam satu kelas, Singapore International School hanya menempatkan 12-24 siswa.

Berbicara tentang fasilitas, SIS menyediakan fasilitas yang sangat memadai, dari mulai lab bahasa, klub VR, ruang pembuat robot, laboratorium biologi, kafetaria, dan fasilitas olahraga yang sangat lengkap. Biaya sekolah internasional di Jakarta yang satu ini berkisar di angka puluhan hingga ratusan juta rupiah.

(5) Jakarta Intercultural School

Sekolah internasional ini memiliki lebih dari satu kampus di Jakarta, tepatnya terletak di Cilandak, Pondok Indah, dan Pattimura kampus. JIS menggunakan IB dan Advanced Placement sebagai kurikulum utamanya. Sekolah ini menyediakan jalur pendidikan untuk jenjang SD hingga SMA.

Untuk dapat mengenyam pendidikan di Jakarta Intercultural School, Moms and Dads perlu mengeluarkan biaya sebesar 300-500 juta per tahun. Namun, biaya tersebut tentunya sepadan dengan kualitas dan fasilitas sekolah swasta terbaik ini. 

(6) AIS Indonesia

AIS atau Australian International School didirikan tahun 1996. Sekolah yang menyediakan pendidikan untuk prasekolah hingga sekolah menengah ini menggunakan kurikulum IB dan Australian. Praktik kurikulum di AIS merupakan salah satu yang terbaik di dunia lho, Moms.

AIS juga memiliki lingkungan sekolah yang nyaman dan fasilitas yang bisa mengakomodasi kebutuhan siswa. Yearly fees yang perlu dikeluarkan jika Moms and Dads ingin menyekolahkan anak di AIS berkisar antara 100-300 juta rupiah.

(7) Binus School Simprug

Nama Binus sepertinya sudah tidak asing lagi ya, Moms. Binus School Simprug ini terletak di daerah Kebayoran Lama. Di sini, Moms bisa menyekolahkan anak dari jenjang pendidikan SD hingga SMA dengan International Baccalaureate sebagai kurikulum utamanya.

Moms and Dads tak perlu khawatir dan ragu untuk menyekolahkan buah hati kalian di Binus School Simprug, karena sekolah ini menawarkan fasilitas berstandar internasional yang tentunya akan melengkapi kebutuhan dan kenyamanan siswa.

(8) New Zealand School Jakarta (NZSJ)

Sekolah yang terletak di jantung Kemang ini sangat menerapkan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. NZSJ ini menerapkan kurikulum Te Whariki New Zealand di tahun-tahun untuk pra sekolah dan kurikulum International and New Zealand di sekolah dasar dan menengah. 

Selain memiliki lingkungan sekolah yang aman dan akrab, New Zealand School Jakarta ini juga memiliki fasilitas, seperti lapangan serbaguna, kolam renang, perpustakaan, laboratorium, ruang seni musik, dll.

Per tahun ajaran 2022/2023 Biaya sekolah internasional di Jakarta ini berkisar di angka 60-200 juta rupiah.

Nah itu dia Moms, sekolah internasional di Jakarta lengkap dengan kisaran biaya, dan tips memilih sekolah internasional yang tepat. Biar anak makin siap bersekolah di sekolah internasional, yuk bekali mereka dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik melalui kursus bahasa Inggris anak di Cakap!

Referensi:
-international-school-database
-parenting.co.id
-(website sekolah terkait)

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.