7 Mainan Edukasi Anak untuk Tambah Kecerdasannya

mainan edukasi anak

Moms, bermain tidak selamanya negatif. Ada beberapa manfaat games untuk anak, seperti anak bisa belajar bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah.

Untuk merasakan manfaat itu, moms bisa memilih mainan edukasi anak sehingga ia bisa belajar sambil bermain games. Lalu, apa saja pilihan mainan edukasi anak? Di bawah ini beragam pilihan untuk moms, simak yuk!

Beragam Mainan Edukasi Anak

Berikut ini adalah ragam mainan anak yang bisa menambah kecerdasannya:

Puzzle

source: giphy.com

Puzzle adalah mainan edukasi yang bisa meningkatkan kecerdasan si kecil. Sebab, menyusun puzzle dapat memperkuat saraf dan mempercepat tumbuhnya saraf baru. Hal ini mengakibatkan proses berpikir si kecil menjadi lebih cepat.

Selain itu, puzzle juga dapat mengembangkan skill problem solving si kecil. Puzzle adalah permainan trial and error, maka si kecil akan menggunakan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah. 

Building Blocks

source: giphy.com

Building blocks tidak hanya bermanfaat untuk fisik, emosi, dan social development, namun juga untuk kognitif, sejak di dalamnya terdapat proses membuat perbandingan, klasifikasi, mengikuti urutan, dan penalaran logis.

Selain itu, building blocks juga menambah kosakata si kecil, meningkatkan skill matematika, dan bahkan mengajari si kecil mengenai geometri, gravitasi. Si kecil juga belajar mendeskripsikan warna, bentuk, ukuran saat mereka membangun berbagai struktur.

Permainan Peran

source: giphy.com

Ketika masih kecil, mungkin moms pernah bermain peran bersama saudara atau bahkan sama orang tua. Bermain peran adalah salah satu mainan edukasi anak, sebab si kecil bisa belajar sekaligus bermain.

Bermain peran dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi si kecil. Dengan bermain peran, si kecil melatih otak mereka dan melatihnya untuk menggunakan imajinasi sejak usia dini. Imajinasi sangat berguna seperti yang diungkapkan Albert Einsten, “Logic will get you from A to Z, imagination will get you everywhere.”

Mainan Alat Musik

source: giphy.com

Mainan alat musik dapat mengasah si kecil untuk menciptakan kreativitasnya. Memainkan alat musik dapat melatih motorik halus dan kasar si kecil. Parents juga bisa sekaligus melihat apakah si kecil punya bakat dalam bidang musik atau tidak.

Anak Bilingual Lebih Cerdas & Kreatif. Ajak Anak Les Bahasa Inggris di Cakap!

Playdough

source: giphy.com

Playdough atau biasa dikenal dengan plastisin merupakan permainan edukasi untuk anak-anak. Ada beragam manfaat dengan bermain playdough, seperti melatih sensor motorik si kecil, meningkatkan kreativitasnya, dan meningkatkan koordinasi mata dan tangan.

Pasir Ajaib

source: giphy.com

Pasir ajaib termasuk dalam mainan edukasi anak. Sebab, pasir ajaib dapat meningkatkan sensor motorik kasar si kecil, yaitu ketika ia meremas, menekan, dan mencetak pasir. Si kecil dapat belajar beragam warna dan bentuk sejak pasir ajaib memiliki beragam warna dan mudah untuk dibentuk.

Itu dia mainan edukasi untuk anak. Pilihan permainan di atas dapat parents temukan dengan mudah. Luangkan waktu untuk bermain dengan anak sehingga ikatan anak dan orang tua juga kian kuat. 

Parents juga bisa mengajaknya belajar bahasa Inggris. Memiliki kemampuan bahasa Inggris sejak dini dapat memungkinkan anak tumbuh menjadi seseorang yang cerdas dan kreatif. Oleh karena itu, ajak si kecil ikut kursus bahasa Inggris anak di Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks