7 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 4-6 Tahun Bikin Makin Cerdas

mainan edukasi anak

Moms, bermain tidak selamanya negatif. Ada beberapa manfaat games untuk anak, seperti anak bisa belajar bahasa Inggris dan meningkatkan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah.

Untuk merasakan manfaat itu, moms bisa memilih mainan edukasi anak sehingga ia bisa belajar sambil bermain games. Lalu, apa saja pilihan mainan edukasi anak? Di bawah ini beragam pilihan untuk moms, simak yuk!

Beragam Mainan Edukasi Anak 4-6 Tahun

Berikut ini adalah ragam mainan anak yang bisa menambah kecerdasannya:

Puzzle

Puzzle adalah mainan edukasi yang bisa meningkatkan kecerdasan si kecil. Sebab, menyusun puzzle dapat memperkuat saraf dan mempercepat tumbuhnya saraf baru. Hal ini mengakibatkan proses berpikir si kecil menjadi lebih cepat.

Selain itu, puzzle juga dapat mengembangkan skill problem solving si kecil. Puzzle adalah permainan trial and error, maka si kecil akan menggunakan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah. 

Building Blocks

Building blocks tidak hanya bermanfaat untuk fisik, emosi, dan social development, namun juga untuk kognitif, sejak di dalamnya terdapat proses membuat perbandingan, klasifikasi, mengikuti urutan, dan penalaran logis.

Selain itu, building blocks juga menambah kosakata si kecil, meningkatkan skill matematika, dan bahkan mengajari si kecil mengenai geometri, gravitasi. Si kecil juga belajar mendeskripsikan warna, bentuk, ukuran saat mereka membangun berbagai struktur.

Permainan Peran

Ketika masih kecil, mungkin moms pernah bermain peran bersama saudara atau bahkan sama orang tua. Bermain peran adalah salah satu mainan edukasi anak, sebab si kecil bisa belajar sekaligus bermain.

Bermain peran dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi si kecil. Dengan bermain peran, si kecil melatih otak mereka dan melatihnya untuk menggunakan imajinasi sejak usia dini. Imajinasi sangat berguna seperti yang diungkapkan Albert Einsten, “Logic will get you from A to Z, imagination will get you everywhere.”

Mainan Alat Musik

Mainan alat musik dapat mengasah si kecil untuk menciptakan kreativitasnya. Memainkan alat musik dapat melatih motorik halus dan kasar si kecil. Parents juga bisa sekaligus melihat apakah si kecil punya bakat dalam bidang musik atau tidak.

Anak Bilingual Lebih Cerdas & Kreatif. Ajak Anak Les Bahasa Inggris di Cakap!

Playdough

Playdough atau biasa dikenal dengan plastisin merupakan permainan edukasi untuk anak-anak. Ada beragam manfaat dengan bermain playdough, seperti melatih sensor motorik si kecil, meningkatkan kreativitasnya, dan meningkatkan koordinasi mata dan tangan.

Pasir Ajaib

Pasir ajaib termasuk dalam mainan edukasi anak. Sebab, pasir ajaib dapat meningkatkan sensor motorik kasar si kecil, yaitu ketika ia meremas, menekan, dan mencetak pasir. Si kecil dapat belajar beragam warna dan bentuk sejak pasir ajaib memiliki beragam warna dan mudah untuk dibentuk.

Permainan Anak di Rumah

Listening Game

Game ini melatih kemampuan mendengarkan anak-anak dengan mengharuskan mereka untuk berkonsentrasi. Untuk bermain permainan ini, Anda hanya perlu beberapa barang yang memiliki suara-suara berbeda.

Aturan permainan:

  • Kumpulkan benda-benda berbeda seperti sisir, jam, remote, pen, buku, botol, dan sebagai yang memiliki suara yang khas.
  • Letakkan semua benda di meja dan minta anak Anda untuk mengingat benda-benda yang ada.
  • Ambil seluruh benda tersebut, kemudian minta anak Anda untuk berbalik badan dan menutup mata.
  • Ambil salah satu benda dan bunyikan. Beri anak Anda poin saat ia menebak dengan benar.

 

Pitching Pennies

Pitching pennies merupakan permainan yang bisa dimainkan bersama seluruh anggota keluarga. Permainan melatih kemampuan koordinasi tangan dan mata anak Anda.

Benda yang Anda perlukan untuk bermain game ini adalah koin kecil atau benda berukuran kecil lainnya seperti kelereng atau bola ping pong dan beberapa gelas plastik.

Aturan permainan:

  • Tiap anak mendapat 5 koin. Gelas plastik disusun di atas meja atau bangku di depan mereka.
  • Minta anak Anda untuk mundur beberapa langkah dari gelas plastik.
  • Anak Anda harus melemparkan satu koin ke dalam gelas.
  • Anak yang memasukkan koin paling banyak dalam waktu 5 menit menang.

 

Follow the Leader

Susah menyuruh anak Anda melakukan sesuatu? Buat jadi mudah dengan menggunakan permainan yang satu ini. Terlebih lagi, Anda tidak membutuhkan alat apapun dalam game ini. Yang Anda butuhkan hanya daftar aktivitas yang akan dilakukan.

Aturan permainan:

  • Pilih tema untuk permainan ini, seperti aktivitas fisik, ekspresi, atau gerakan.
  • Berganti-gantian dengan anak untuk menjadi pemimpin sehingga tiap orang mendapatkan kesempatan setidaknya satu kali.
  • Tiap pemain harus melakukan yang dilakukan oleh pemimpin. Melompat, berlari, bertepuk tangan, membuat wajah lucu, dan sebagainya.
  • Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah membuat anak Anda melakukan sesuatu sekaligus bercanda tawa dengannya.

 

Itu dia mainan edukasi untuk anak. Pilihan permainan di atas dapat parents temukan dengan mudah. Luangkan waktu untuk bermain dengan anak sehingga ikatan anak dan orang tua juga kian kuat. 

Parents juga bisa mengajaknya belajar bahasa Inggris. Memiliki kemampuan bahasa Inggris sejak dini dapat memungkinkan anak tumbuh menjadi seseorang yang cerdas dan kreatif. Oleh karena itu, ajak si kecil ikut kursus bahasa Inggris anak di Cakap!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.