Daftar Les yang Cocok untuk Anak 4 Tahun! Apa Saja, ya?

les-yang-cocok-untuk-anak-4-tahun

Usia balita adalah usia golden age yang harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin Sebagai orang tua, Moms and Dads pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Untuk membantu anak mengenali dan mengembangkan bakat yang dimiliki, para orang tua biasanya sangat excited memilih dan mendaftarkan les untuk anak. Dari mulai les membaca, menggambar, bahkan les-les yang berkaitan dengan bidang olahraga. Buat Moms yang memiliki anak usia balita, berikut ini ada rekomendasi les yang cocok untuk anak usia 4 tahun!

Table of Contents

Hal yang perlu Diperhatikan Sebelum Mendaftarkan Les untuk Anak

Moms, sebelum memilih les yang cocok untuk anak 4 tahun, alangkah baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut ini!

(1) Kemauan dan Kesiapan Anak

Keputusan untuk mengikuti les adalah keputusan bersama yang harus dibuat oleh anak dan orang tua, bukan hanya keputusan sepihak. Moms and Dads bisa bertanya dulu kepada anak apakah mereka tertarik mengikuti les tertentu, apakah mereka sudah siap untuk secara konsisten mengikuti les tersebut.

(2) Pilih Les yang Sesuai dengan Kemampuan dan Usia Anak

Sebagai orang tua, Moms and Dads tentu mengenal anak jauh lebih baik dari siapa pun. Sebelum mendaftarkan les, pastikan Moms and Dads memilih jenis les yang cocok dengan kemampuan dan usia si Kecil ya!

(3) Memiliki Tujuan Strategis

Setiap hal yang dilakukan haruslah memiliki tujuan, termasuk juga saat mendaftarkan anak untuk mengikuti les. Tentukan terlebih dahulu apa tujuan dari mengikuti les tersebut, apakah nantinya akan memberi manfaat untuk anak atau sebaliknya.

(4) Menentukan Lamanya Waktu Belajar

Berapa idealnya waktu belajar anak 4 tahun? Jika dilihat dari efektivitas konsentrasi anak, biasanya anak usia balita seringkali hanya memiliki efektifitas fokus di 10-20 menit awal mulai  belajarnya. Selebihnya mereka mungkin akan mengalihkan perhatian ke hal-hal lain.

Berbeda dengan efektivitas konsentrasi, waktu belajar yang efektif bagi anak biasanya berkisar dalam durasi 1-2 jam. Misalnya, dari pukul 07-09 pagi, 09-11 pagi, dst.

Kenali Tingkat Keahlian Bahasa Inggris Si Kecil Sekarang

Les yang Cocok untuk Anak 4 Tahun

Para orang tua yang memiliki anak usia di bawah lima tahun atau balita, kalian bisa memilih beberapa jenis dan list-list les yang cocok beriktu ini!

(1) Les Baca Tulis

Usia 4 tahun biasanya usia yang cukup untuk anak masuk TK/PAUD. Nah, agar anak lebih maksimal dalam hal membaca dan menulis, Moms and Dads bisa mendaftarkan mereka ke tempat les baca tulis anak. Les ini diharapkan akan membantu anak dapat beradaptasi dengan mudah saat memasuki lingkup sekolahan untuk pertama kalinya.

(2) Bahasa

Penelitian membuktikan bahwa belajar bahasa asing sejak dini lebih efektif hasilnya . Karena di usia golden age, anak bisa dengan mudah menangkap dan menghafal bahasa-bahasa baru.  Les bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya akan sangat berguna bagi anak di masa depan.

(3) Renang

Belakangan ini, les renang menjadi sangat populer dan menjadi pilihan les yang cocok untuk anak. Bahkan, beberapa kalangan artis memberikan les renang pada anak di suai kurang dari satu tahun. Namun, tentunya hal tersebut haruslah melalui pertimbangan-pertimbangan yang matang. Moms and Dads perlu mengawasi dan memantau anak saat mengikuti les renang. Les renang ini sangat bermanfaat dan dapat melatih otot, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan suasana hati anak.

(4) Balet

Kayaknya bakal gemes banget ya Moms liat si Kecil menari-nari dengan menggunakan kostum balet. Tari balet ini sangat berguna untuk melatih dan meningkatkan fleksibilitas anak.  Nah, buat Moms and Dads yang memiliki anak dengan bakat dance atau balet, kalian bisa mengirim mereka untuk berlatih di sekolah-sekolah balet. 

(5) Musik atau Vokal

Les yang cocok untuk anak 4 tahun selanjutnya adalah les musik dan vokal. Seperti kita tahu bahwa belajar musik dapat meningkatkan motorik dan sensitivitas telinga, lho Moms. Piano bisa menjadi pilihan les musik terbaik dan cocok untuk anak. Nah, kalau anak gemar menyanyi, moms juga bisa mendaftarkan anak untuk mengikuti les vokal.

(6) Menggambar atau Melukis

Menggambar dan melukis adalah salah satu bakat dalam bidang seni yang bisa jadi pilihan terbaik untuk dikembangkan. Jika si kecil gemar dengan warna-warna dan corat-coret kertas. Moms and Dads bisa coba salurkan bakat si Kecil di ruang seni gambar atau melukis. Dengan mengikuti les menggambar atau melukis, pastinya dapat mengembangkan daya kreatifitas bagi anak. Melukis juga bisa menjadi sarana ekspresi tanpa kata, lho Moms!

Gabung Komunitas Parents di Cakap dan Raih Banyak Keuntungan

Manfaat Mengikuti Les untuk Anak

Apa saja sih manfaat yang bisa di dapat ketika anak mengikuti les? Check this out!

Menggali Bakat Sejak Dini

Bakat adalah sesuatu yang dalam diri yang harus dicari dan digali.  Dengan mengikuti les, Moms membantu si kecil untuk mengenali dan mengembangkan bakat mereka sejak dini. Hal tersebut tentunya memiliki keuntungan tersendiri terutama dalam hal mengetahui variasi kemampuan yang mungkin dimiliki anak.

Mengasah Kemampuan Anak

Ketika anak sudah memiliki minat pada suatu bidang tertentu. Misalnya, anak sangat suka bermain alat musik. Maka untuk mengasah kemampuannya agar lebih terarah, Moms bisa mendaftarkan mereka untuk mengikuti les musik.

Nah Moms, sekarang sudah tahukan jenis les yang cocok untuk anak 4 tahun! Jangan lupa sebelum memutuskan untuk mendaftarkan si Kecil mengikuti les/kursus, pastikan si Kecil sudah siap dan mau mengikuti les tersebut!

Kalau Moms dan si Kecil ingin mengambil kursus bahasa Inggris anak, Cakap adalah tempat yang tepat! Yuk, langsung saja cek kelasnya sekarang!

Referensi:
-popmama.com
-parenitng.co.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.