5 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

meningkatkan-semangat-belajar-anak

Semangat belajar memang sulit sekali dijaga, terutama oleh anak. Seringkali semangat menjadi mengebu-gebu namun tak jarang juga malas-malasan. Orang tua harus bisa ikut menjaga semangat belajar anak dengan perlakuan-perlakuan tertentu. Kesulitan anak dalam belajar disebabkan banyak faktor seperti sulitnya berkonsentrasi, masalah keluarga, masalah emosional dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah cara unik dan kreatif yang bisa dilakukan orang tua agar anak semangat belajar;

Belajar sebagai Kegiatan Sehari-hari

Gunakan subjek belajar menjadi kegiatan sehari-hari, contohnya ketika anak anda sedang belajar bahasa inggris, jadikan bahasa tersebut menjadi bahasa sehari-hari. Belajar bahasa inggris juga bisa disamakan dengan kesenangan anak menonton kartun atau permainan anak lainnya. Menjadikan topik belajar menjadi kegiatan sehari-hari akan memudahkan anak belajar karena anak melakukan hal tersebut tanpa sadar dan anak merasa tidak dipaksa. Menyisipkan topik belajar dalam kegiatan sehari-hari adalah tindakan memanipulasi kemauan belajar, karena terkadang memaksa belajar malah membuat malas dan tidak bersemangat.

belajar-kegiatan-seharian source: giphy.com

Jadikan Belajar Itu Menyenangkan

Belajar identik dengan hal yang membosankan? Cara-cara belajar konvensional memang sulit ditinggalkan oleh sekolah-sekolah di Indonesia pada umumnya namun begitu cara konvensional memang membosankan. Saat ini cara belajar sudah banyak dimodifikasi dengan cara-cara yang unik dan menyenangkan. Anak senang sekali berkompetisi entah itu dalam game, perlombaan, selain itu bisa juga lewat lagu dan video. Contohnya bisa diterapkan dalam hobi yang anak suka, itulah mengapa menanamkan hobi kepada anak sangat penting. Jangan lupa juga memberi reward kepada anak dengan hasil yang diraihnya, agar anak tahu dengan tujuannya.

belajar-menyenangkan source: giphy.com

Ubah Lingkungan Belajar

Suasana meja belajar di rumah memang membosankan, mungkin bisa dicoba dengan hal-hal baru. Lingkungan belajar adalah salah satu faktor yang penting untuk mempelajari sesuatu. Mungkin jika anak biasakan belajar di tempat yang baru seperti museum, wisata alam bahkan lapangan bermain di sekolah. Udara yang segar akan membuat pikiran lebih tenang, sehingga mudah menerima pengetahuan yang baru dan bisa dicerna dengan baik. 

ubah-lingkungan-belajar source: giphy.com

Jabarkan Manfaat Belajar untuk Masa Depannya

Anak selalu berpikir setelah sekolah berakhir harus pindah ke tempat yang mereka impikan. Anak ke sekolah impian, bisa juga ke pekerjaan yang diinginkan. Orang tua bisa mengenalkan tempat sekolah atau universitas yang terbaik sehingga anak bisa termotivasi. Bisa juga dengan pekerjaan-pekerjaan yang membuat anak tertarik. Buat anak penasaran tentang impian sekolah dan pekerjaan. Lalu orang tua bisa menjabarkan bagaimana caranya agar anak bisa mencapai titk tersebut. Anak akan paham bahwa proses belajarnya mempunyai tujuan sehingga lebih bersemangat dan lebih termotivasi.

manfaat-belajar source: giphy.com

Pahami Ketertarikan Anak Lebih Dalam

Orang tua harus paham dengan minat belajar anak, terutama hobi dan tujuannya. Jika orang tua sudah paham dengan segala urusan anak, maka orang tua akan lebih mudah mencari topik belajar yang terkait dengan hobi mereka. Anak juga akan lebih tidak merasa terbebani dengan belajar dan membuatnya makin sulit.

pahami-ketertarikan-anak source: giphy.com

Semangat belajar anak adalah sesuatu hal yang perlu dijaga oleh orang tua. Hindari sesuatu yang menekan anak untuk harus membaca buku atau berlatih belajar karena anak tidak suka. Coba terapkan trik diatas dengan tujuan anak lebih bisa terbiasa dengan cara belajar tersebut. Anak juga sama seperti orang dewasa yang tidak akan melakukan sesuatu hal karena memang dia tidak butuh. Oleh karena itu sebelum meminta anak belajar, buatlah merasa butuh belajar. Anak akan mencari banyak media untuk belajar ketika merasa butuh. Salah satu media yang cocok untuk membantu belajar anak bisa melalui les online yang disediakan banyak platform, seperti cakap yang memiliki kursus bahasa inggris anak online yang efektif dan efisien.

Baca Juga : 

Belajar Bahasa Inggris Anak

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google