5 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Anak

meningkatkan-semangat-belajar-anak

Semangat belajar memang sulit sekali dijaga, terutama oleh si kecil. Seringkali semangat menjadi mengebu-gebu namun tak jarang juga malas-malasan. Parents harus bisa ikut menjaga motivasi belajar anak dengan perlakuan-perlakuan tertentu.

Kesulitan si kecil dalam belajar disebabkan banyak faktor seperti sulitnya berkonsentrasi, masalah keluarga, masalah emosional dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah cara unik dan kreatif yang bisa meningkatkan motivasi belajar anak:

Belajar sebagai Kegiatan Sehari-hari

belajar-kegiatan-seharian source: giphy.com

Gunakan subjek belajar menjadi kegiatan sehari-hari, contohnya ketika anak anda sedang belajar bahasa inggris, jadikan bahasa tersebut menjadi bahasa sehari-hari.

Si kecil bisa belajar bahasa Inggris sambil bermain atau menonton kartun. Dengan begitu, si kecil bisa enjoy belajar bahasa Inggris karena ia belajar sambil melakukan hal yang ia gemari.

Tau gak sih, Moms? Kalau anak bilingual itu jauh lebih cerdas dan kreatif, lho. Sebab, belajar bahasa mengaktifkan otak kanan dan kirinya. Makanya yuk ajak si kecil kursus bahasa Inggris di Cakap.

Jadikan Belajar Itu Menyenangkan

belajar-menyenangkan source: giphy.com

Belajar identik dengan hal yang membosankan. Cara-cara belajar konvensional memang sulit ditinggalkan oleh sekolah-sekolah di Indonesia. Saat ini cara belajar sudah banyak dimodifikasi dengan cara-cara yang unik dan menyenangkan.

Si kecil senang sekali berkompetisi entah itu dalam game, perlombaan, selain itu bisa juga lewat lagu dan video. Contohnya bisa diterapkan dalam hobi yang anak suka, itulah mengapa menanamkan hobi kepada anak sangat penting.

Jangan lupa juga memberi reward kepada si kecil dengan hasil yang diraihnya, agar terus membangkitkan motivasi belajar anak.

Ubah Lingkungan Belajar

ubah-lingkungan-belajar source: giphy.com

Suasana meja belajar di rumah membosankan? Mungkin bisa dicoba dengan hal-hal baru. Lingkungan belajar adalah salah satu faktor yang penting untuk mempelajari sesuatu.

Ajak si kecil belajar di tempat yang baru seperti museum, wisata alam bahkan lapangan bermain di sekolah. Udara yang segar akan membuat pikiran lebih tenang, sehingga mudah menerima pengetahuan yang baru dan dengan itu motivasi belajar anak akan meningkat.

Jabarkan Manfaat Belajar untuk Masa Depannya

manfaat-belajar source: giphy.com

Si kecil selalu berpikir setelah sekolah berakhir harus pindah ke tempat yang mereka impikan. Parents bisa mengenalkan tempat sekolah atau universitas yang terbaik sehingga meningkatkan motivasi belajar anak.

Setelah itu parents bisa menjabarkan bagaimana caranya agar si kecil bisa mencapai titk tersebut. Ia akan paham bahwa proses belajarnya mempunyai tujuan sehingga mengetahui bahwa motivasi belajar itu penting.

Konsultasi dengan Psikolog

Masa pandemi mengharuskan beragam aktivitas dilakukan di rumah saja, termasuk kegiatan belajar si kecil. Survei CNN Indonesia di bulan April 2020 menunjukkan bahwa 42% orang tua mengaku motivasi belajar anak kian menurun selama pandemi.

Oleh karena itu, saran dari seorang Psikolog Anak penting untuk diketahui parents. Sebab, seorang expert pasti akan memberikan saran yang lebih terarah dan praktikal sehingga mudah untuk parents terapkan. 

Baca Juga: 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

#MakinCakap Sekarang!

Kategori

Top Picks