Kenali Berbagai Manfaat Belajar Coding untuk Anak

coding untuk anak

Sebagai orang tua, Moms and Dads harus belajar mengenal dan menggali bakat serta minat anak. Salah satu bakat yang saat ini paling banyak dibutuhkan dan memiliki banyak manfaat adalah coding. Belajar bahasa pemrograman atau lebih sering dikenal dengan coding memiliki banyak manfaat untuk anak. Di era revolusi industri 4.0 ini, teknologi merupakan makanan sehari-hari, mengenalkan dan mengajarkannya kepada anak-anak sejak dini merupakan nilai tambah yang dapat mengasah soft skill mereka. Manfaat belajar coding untuk anak tak sampai di situ lho, Moms. Masih ada banyak hal baik yang bisa didapat oleh anak.

Mengenalkan coding pada si Kecil bisa menjadi pilihan tepat yang akan membawa banyak manfaat. Lantas, apa sajakah manfaat belajar coding untuk anak-anak? Check this out!

Mengenal Dunia Teknologi dengan Baik

Memberikan edukasi teknologi sejak dini pada anak, akan membuat mereka mengenal dunia teknologi dengan baik. Mengingat bahwa saat ini, komputer, gadget, dan internet selalu hadir mengelilingi hari-hari anak di era modern, maka sebisa mungkin Moms memberikan arahan kepada anak agar mereka selalu menyerap sisi baik dari perkembangan teknologi.

Dengan mempelajari coding, anak akan mampu mengenali bagaimana dunia bekerja. Memahami bahasa komputer dan bagaimana cara menggunakannya akan membuka peluang bagi anak untuk menerima dunia digital dengan lebih nyaman dan berpengetahuan.

Meningkatkan Kreativitas

Moms, setiap anak terlahir kreatif dan memiliki bakat masing-masing. Mempelajari coding akan membantu mereka memunculkan ide-ide dan mengekspresikannya dalam bentuk kode. Anak juga akan mencoba menguji hal-hal yang sudah dipelajari untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. Proses tersebut akan membantu anak mengembangkan kreativitas yang ia miliki.

Mampu Menciptakan Inovasi

Selain dapat menumbuhkan dan meningkatkan kreativitas, manfaat belajar coding untuk anak juga dapat dilihat dari sisi inovasi. anak yang melek teknologi dan mengenal dunia pemrograman akan mampu melihat peluang sehingga dapat menciptakan hal-hal baru.

Mereka akan memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat untuk memupuk dan menemukan solusi atas peluang yang ia temukan.

Anak Cenderung Akan Lebih Gigih

Memecahkan masalah, menemukan kode-kode yang tepat dalam pemrograman bukanlah hal mudah. Melalui proses tersebut, anak akan lebih gigih dalam menemukan solusi atas masalahnya. 

Belajar coding untuk anak secara otomatis dapat melatih kegigihan mereka, saat gagal, mereka akan terus bangkit dan mencari jalan keluarnya sendiri.

Menumbuhkan Rasa Semangat dan Percaya Diri

Ketika anak mampu menciptakan karya lewat coding, akan ada rasa semangat dan motivasi tinggi untuk terus memulai hal serupa yang baru dan lebih baik. Dengan karya dan keberhasilannya tersebut, anak akan lebih percaya diri. Terlebih jika menunjukan karya yang sudah dia buat kepada teman dan orang-orang terdekatnya.

Jangan lupa ya Moms, saat anak-anak menunjukkan karya yang mereka buat, sekecil apa pun atau sesederhana apa pun, selalu berikan mereka apresiasi dan pujian kecil.

Menemukan Solusi untuk Memecahkan Masalah

Manfaat belajar coding untuk anak selanjutnya adalah membantu anak menemukan solusi untuk memecahkan masalah. Melakukan coding juga berarti belajar menyelesaikan sebuah problem secara kompleks satu demi satu. 

Jika anak mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi saat sedang melakukan pemrograman, maka ia telah berhasil mengembangkan daya pikirnya dalam memecahkan masalah. Hal tersebut tentu dapat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, anak akan belajar bagaimana cara menyelesaikan masalah secara runut dengan cara yang efisien.

Potensi Sukses di Masa Depan

Moms sama-sama tahu bahwa dunia saat ini merupakan dunia yang selalu bersinggungan dengan teknologi. Manfaat coding untuk anak yang akan dirasakan dalam jangka panjang adalah membentuk masa depan yang lebih terarah dan cerah.

Menguasai ilmu komputer, bahasa pemrograman, dan teknologi lainnya akan membantu anak mempersiapkan karier di masa depan. Dengan membekali ilmu coding, Moms telah menambah nilai plus yang dapat membantu anak memperlebar peluang bekerja saat mereka dewasa.

Dari manfaat mempelajari coding untuk anak yang sudah dipaparkan di atas, kini Moms and Dads nggak perlu ragu untuk mengenalkan dunia komputer dan pemrograman kepada anak.

Dan kabar baiknya, Cakap punya program Cakap After School dengan salah satu kelasnya diperuntukkan khusus untuk coding. Yuk daftarkan si Kecil di Cakap for Kids agar mereka berkesempatan untuk join Cakap After School secara gratis!

Tunggu apa lagi, Moms? Mari kenali bakat, minta, dan potensi anak bersama Cakap.

Baca Juga:

 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks