5 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Asing Sejak Usia Dini

pentingnya belajar bahasa asing

Mempelajari bahasa asing tidak hanya memperkenalkan si Kecil dengan bahasa baru, tetapi juga mendatangkan banyak manfaat untuk tumbuh kembang mereka. Oleh karena itu, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa anak yang belajar bahasa asing di usia dini akan lebih unggul dalam beberapa aspek. Lantas apa saja manfaat dari belajar bahasa asing untuk si Kecil? 

5 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Asing Sejak Dini

Berikut adalah lima manfaat pentingnya belajar bahasa asing untuk anak usia dini. Terutama jika menggunakan metode yang interaktif serta secara aktif melibatkan si Kecil. 

1. Melatih berpikir kritis

Mempelajari bahasa baru berarti melatih otak untuk mengetahui dan memahami apa yang sebelumnya asing. Hal ini secara tidak sadar akan membuat si Kecil berpikir lebih kritis sehingga mereka juga akan cenderung lebih kritis ke depannya. 

2. Melatih komunikasi dan interaksi

Proses belajar akan melatih si Kecil untuk lebih mengandalkan komunikasi dan interaksi mereka dengan pengajar. Hal ini juga akan membantu mereka untuk bisa mengutarakan pendapat dan mendengarkan orang lain sejak usia belia. 

3. Meningkatkan kreativitas

Proses pembelajaran bahasa asing adalah proses panjang melibatkan proses mengenali, menghafal, dan mengingat. Hal ini akan melatih si Kecil untuk menjadi lebih kreatif dalam menyusun kalimat-kalimat berdasarkan apa yang mereka ketahui. 

4. Membuka wawasan dan pikiran

Memahami dua bahasa berarti memahami dua budaya yang berbeda. Belajar bahasa Inggris sejak dini akan membantu si Kecil memahami sesuatu dari lebih dari satu sudut pandang. Hal ini membantu mereka untuk berpikiran lebih terbuka yang sangat bermanfaat ke depannya. 

5. Lebih siap belajar bahasa asing lainnya

Mempelajari suatu bahasa membuat si Kecil memahami pola dan strategi yang digunakan dalam prosesnya. Jika mereka mempelajari bahasa baru, mereka akan menerapkan formula sebelumnya sehingga akan lebih mudah untuk mereka mengerti. 

Pembelajaran Bahasa Asing Secara Interaktif

Tantangan utama dalam mengajarkan bahasa baru kepada anak adalah bagaimana agar mereka tidak bosan atau jenuh. Hal ini perlu perhatian khusus dari orang tua dan juga pihak yang terlibat dalam pengajaran bahasa asing itu sendiri. Selain itu, selama pandemi sangat disarankan untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah, termasuk untuk kursus. 

Salah satu cara yang bisa diupayakan adalah dengan memilih lembaga kursus yang menyediakan pembelajaran daring interaktif dua arah, seperti Cakap. Ada program Cakap for Kids bagi si Kecil yang ingin mempelajari bahasa Inggris dan bahasa Mandarin. Program ini akan disesuaikan dengan tingkat kemampuan bahasa asing si Kecil. 

Dengan Cakap for Kids, si Kecil bisa belajar bahasa asing secara private dengan pengajar profesional melalui panggilan video secara langsung. Metode yang interaktif ini akan membuat mereka terlibat secara aktif dalam prosesnya sehingga hasilnya pun bisa lebih optimal. Baik dari segi pengajaran bahasa, maupun dari segi penunjang tumbuh kembang lainnya. 

Anak dari Anang Hermansyah dan Ashanty, yaitu Arsy dan Arsya sudah membuktikannya, lho! Selain itu, bagi Anda yang ingin selalu update dengan info menarik seputar parenting, Anda bisa bergabung dengan Parents Lyfe Club dari Cakap. Anda bisa berbagi dan mendapatkan info menarik dengan modern parents lainnya, lho. Daftar sekarang yuk!

Baca juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks