5 Tips Menjalin Kedekatan dengan Si Kecil, Dijamin Makin Akrab!

akrab dengan anak

Setiap orang tua tentu ingin memiliki hubungan baik dengan anak-anaknya. Jika Anda berhasil menumbuhkan kepercayaan, besar kemungkinan mereka akan terus menganggap orang tua sebagai teman dekat. Bisa diajak curhat dan melakukan kegiatan bersama. Menyenangkan, bukan?

Pertama-tama, Anda perlu kenali sifat anak Anda. Dengan mengetahui apa yang mereka ingin atau sukai, Anda bisa melakukan berbagai cara supaya si kecil merasa enjoy ketika bersama Anda. Kira-kira apa aja ya?

How was your day?

source: giphy.com

Mulailah dengan bertanya pada anak tentang kegiatan yang dilakukannya dalam sehari. Misalnya, ngapain aja, seru atau nggak. Hal-hal yang terlihat sepele itu sebenarnya memiliki dampak positif.

Ketika anak ditanya, dia akan merasa diperhatikan. Biarkan dia bercerita apapun yang dilakukannya selama seharian penuh. Anda juga bisa memantau perkembangannya sehari-hari. Let them share their story, parents!

Spend more quality time

source: giphy.com

Menghabiskan waktu khusus dengan si kecil ternyata seru lho. Gak cuma nonton film anak-anak, ikutlah berpartisipasi terhadap kegiatan yang disukainya. Sore-sore naik sepeda bareng atau membiarkannya membantu masak, pasti anak betah berlama-lama dengan Anda.

Sebelum tidur, biasanya anak senang mendengar dongeng. Story telling jadi salah satu tips untuk dekat dengan anak sebab selain melatih ketajaman memorinya, anak pasti punya rasa ingin tahu yang besar terhadap kisah-kisah menarik. Kan enak, bisa ngobrol lebih banyak.

Makan bareng, yuk?

source: giphy.com

Gunanya makan bersama yaitu untuk mempererat kedekatan serta rasa kekeluargaan. Apalagi dengan anak-anak, sebisa mungkin ajak mereka untuk makan bareng. Tahu nggak, ketika berkumpul di ruang makan, Anda bisa sembari mengajak anak ngobrol tentang suatu hal lho. Misalnya bertanya tentang hobi barunya, kesulitan di sekolah, atau ruang lingkup pertemanannya. Sharing session bisa lewat sini nih.

Melakukan rutinitas seru

source: giphy.com

Lakukan kegiatan sesuai jadwal yang ditentukan bersama anak itu perlu. Contohnya, sama-sama mencuci tangan sebelum makan. Selain Anda yang memulai kebiasaan baik, secara langsung anak akan mengikutinya. Lalu, keep our body healthy dengan berolahraga setiap pagi atau sore. Ajak senam atau berenang bareng. Pasti mereka seneng deh.

Nonton serial Netflix seminggu tiga kali juga boleh banget, parents. Dengan nonton film atau serial anak bareng, bisa sekaligus diskusi nih tentang makna cerita yang disampaikan. Ngobrolnya jadi lebih banyak lagi kan? Yang penting, sebisa mungkin Anda atur jadwal tepat untuk melakukan rutinitas sesuai kebutuhan anak.

Surprise, surprise!

source: giphy.com

Sesekali boleh lah kasih hadiah. Terutama anak-anak, udah ketahuan senengnya kalau tiba-tiba dapet hadiah menarik. Sesuaikan dengan hobinya juga bagus. Misal, si kecil suka bermain musik. Anda bisa belikan alat musik yang ingin dikuasai. Atau kalau dia suka melukis, coba kasih hadiah seperti satu set pensil lukis, cat air, dan media melukisnya. Dijamin, kegirangan sampai susah tidur!

Hal itu dapat memicu emosional anak sehingga mereka cenderung lebih senang terhadap aksi yang Anda lakukan. Memang, jangan terlalu memanjakan anak itu benar. Tapi, Anda juga bisa kok kasih hadiah setelah dia berhasil mencapai sesuatu. Hitung-hitung, sebagai reward.

Tips di atas dapat Anda kembangkan sesuai kepribadian masing-masing anak supaya hubungan antara orang tua dengan anak makin dekat. Becoming best friends with your kids is an incredible experience. Percaya deh.

Selain kasih anak hadiah, Cakap juga punya kejutan seru nih untuk si kecil. Program belajar bahasa Inggris Cakap for Kids pakai kurikulum Cambridge lho, parents. Otomatis, metode belajarnya menyenangkan dan bertaraf internasional. Buat anak jadi juara dengan gabung Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google