Cakap X Kiddo; Mengulik Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Anak di Masa Emas, Wonderful 3 Years!

pentingnya belajar bahasa Inggris bagi anak

Bahasa merupakan salah satu unsur penting yang harus dipelajari anak-anak, itulah mengapa kepekaan berbahasa harus diperhatikan para orang tua. Faktanya, belajar bahasa asing sebelum usia 5 tahun, menggunakan bagian otak yang sama untuk memperoleh bahasa kedua, maka dari itu mengajarkan B1 disusul atau dibarengi dengan belajar B2 bahasa asing dapat menambah wawasan bahasa mereka dengan cepat.

Cakap bersama Kiddo merangkum beberapa materi penting seputar manfaat belajar bahasa asing bagi anak. Lewat agenda yang diberi nama Kulwap (kuliah Whatsapp), Tamara Nesya seorang Cakap professional English Teacher menyajikan materi yang sangat menarik, lengkap dengan tips dan metode belajar bahasa asing yang tepat untuk anak. 

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing tidak hanya menambah wawasan dan kemampuan bahasa semata, namun ada beberapa manfaat lain yang bisa si Kecil dapatkan saat belajar bahasa asing loh Mom’s! Dalam kesempatan Kulwap Cakap X Kiddo, Teacher Nesya memberikan penjelasan mengenai manfaat belajar bahasa asing pada anak. Di antaranya adalah;

Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah

Sebuah penelitian mengatakan bahwa berlatih kosakata dan struktur bahasa asing dapat meningkatkan kapasitas memori anak.

Bagian otak yang terlibat saat mempelajari bahasa asing dapat mempromosikan pemikiran dari perspektif yang berbeda sehingga anak dapat mengamati masalah dari sisi yang berbeda pula. Dari sinilah anak bisa belajar lebih kritis dalam memandang segala sesuatu.

Sensitivitas Berbahasa

Fakta bahwa belajar bahasa asing mengharuskan anak untuk menelaah bunyi yang berbeda dari B1 yang mereka pelajari, dapat membantu kepekaan berbahasa. Hal tersebut akan mengembangkan indera pendengaran mereka untuk dapat mencapai kefasihan dan ketepatan pengucapan.

Meningkatkan Prestasi Akademik dan Empati Anak

Studi menunjukkan bahwa belajar bahasa asing sejak dini dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan memengaruhi pencapaian di bidang lain. Siswa bilingual cenderung mendapatkan skor lebih tinggi pada ujian masuk perguruan tinggi standar daripada siswa monolingual.

Selain potensi akademik, belajar bahasa asing juga dapat meningkatkan rasa empati pada anak. Sebuah studi di University of Chicago bahwa anak bilingual memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menempatkan diri mereka pada posisi orang lain, yang mana mereka juga dapat memahami perspektif orang lain.

Tips Mengajarkan Bahasa Asing untuk Anak

Mengajarkan bahasa asing pada anak juga memerlukan tips yang tepat loh, agar mereka dapat menyerap setiap pembelajaran dengan lebih mudah. Apa saja tips-tipsnya? Teacher Nesya merangkum tips-tipsnya dalam penjelasan berikut ini;

Ajarkan dengan repetisi

Repetisi atau pengulangan merupakan tips belajar bahasa asing paling jitu. Ajaklah anak-anak untuk mengulang kegiatan yang sudah dilakukan (yang related dengan bahasa) atau pelajaran yang sudah ia pelajari.

Belajar Melalui Gerakan

Gerakan dan demonstrasi secara fisik biasanya lebih disukai oleh anak-anak, mengapa demikian? Karena anak-anak cenderung aktif dan ekspresif, sehingga kata yang diucapkan dengan dibarengi gerakan akan membuat mereka lebih semangat dan mudah mengingat.

Ciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif

Lingkungan belajar sangat penting dalam menunjang proses belajar. Ciptakanlah ruang belajar yang kondusif, bebaskan anak untuk bertanya menggunakan pertanyaan terbuka, seperti kata “mengapa” atau “bagaimana”. Jangan lupa untuk selalu memberikan mereka dorongan agar terus semangat belajar bahasa asing.

Metode Belajar Bahasa Asing yang Tepat untuk Anak

Pada Kulwap Cakap X Kiddo, teacher Nesya juga membagikan beberapa metode pembelajaran bahasa asing yang tepat untuk anak, ada tiga metode yang dipaparkan, yaitu;

Ajarkan Alfabet

Alfabet adalah pintu pertama yang akan mengantarkan anak-anak. Kenalkan anak dengan pengucapan alfabet yang sesuai, agar lebih mudah menghafal, ajarkan alfabet dengan dinyanyikan menjadi sebuah lagu.

Ajarkan Warna dan Angka

Setelah mengenal angka, lanjutkan pembelajaran pada warna dan angka. Agar belajar lebih menyenangkan, gunakan metode pengajaran berupa lagu atau video.

Ajarkan Ungkapan Singkat

Pada tahap pembelajaran selanjutnya, saatnya para orang tua memperkenalkan mereka pada ungkapan atau kosakata yang singkat, seperti good morning, thank you, please, dll.

Pendapat Hangat mengenai Kulwap Pentingnya Bahasa Asing

Peserta Kulwap Cakap X Kiddo memberikan beberapa pendapat mengenai manfaat yang mereka dapatkan dalam acara tersebut. Mom’s Novie salah seorang peserta mengungkapkan kekagumannya kepada pemateri dan materi yang dijelaskan, menurutnya materi tersebut sungguh penting yang dapat menjadi bekal bagi para Mom’s yang akan mengajarkan bahasa asing khususnya bahasa Inggris pada anak. Pemateri juga membawakan materi dengan lugas, sehingga mudah dipahami.

Kesuksesan belajar bahasa asing pada anak merupakan hasil dari keseimbangan kerja keras dari dua belah pihak, yaitu orang tua dan anak. Pastikan anak-anak bisa belajar bahasa asing dengan menyenangkan tanpa harus menyita waktu bermainnya ya, Mom’s!

Agar si Kecil dapat belajar bahasa asing, khususnya bahasa Inggris lebih maksimal lagi, daftarkan si Kecil di kelas Inggris untuk anak Cakap. Bersama teacher profesional dan berpengalaman, belajar bahasa Inggris jadi lebih mudah dan menyenangkan!

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks