7 Cara Efektif Hadapi Anak yang Sedang Tantrum

cara menghadapi anak tantrum

Dinamika dan perubahan suasana hati si Kecil merupakan refleksi diri yang tidak bisa dihindari. Tangis, tawa, marah, sedih merupakan ekspresi normal setiap anak. Namun, sebagai orang tua, Moms & Dads harus tahu cara menanggapi emosi-emosi yang ada pada anak. Salah satu hal yang harus diperhatikan dan harus ditanggapi dengan saksama adalah ketika anak sedang tantrum.

Apa itu tantrum? Tantrum merupakan ekspresi kemarahan yang disertai dengan amukan. Hal ini biasanya terjadi karena anak tidak mampu mengungkapkan keinginan atau kebutuhannya lewat kata-kata. Nah, kalau anak lagi rewel atau bahkan sampai menjurus pada tantrum gimana ya cara menghadapinya? Yuk simak tips efektif hadapi anak yang sedang tantrum!

Kontrol Emosi

cara menghadapi anak tantrum

Cara mengatasi anak yang sedang tantrum adalah mengendalikan emosi. Jangan sampai Moms & Dads ikut terbawa emosi ya saat anak sedang tantrum karena dikhawatirkan nantinya perilaku tantrum anak semakin menjadi-jadi.

Berikan Ruang

cara menghadapi anak tantrum

Berikan anak privasi sejenak dan berikan ruang bagi mereka untuk meluapkan emosinya. Kendati demikian, pastikan anak tetap dalam pengawasan orang tua. Cara menghadapi anak tantrum yang satu ini cukup efektif karena  bisa sedikit meredakan ketantrumannya.

Ketahui Penyebabnya

cara menghadapi anak tantrum

Setiap hal atau perilaku pasti ada sebabnya, begitu pula sifat tantrum. Untuk mengatasi anak yang sedang tantrum, orang tua perlu mencari tahu dan mengetahui sebabnya. Moms & Dads bisa bertanya langsung kepada anak. Jika sebab-musababnya sudah terdeteksi, maka sebaiknya langsung cari solusi atau penawarnya.

Jangan Melukai Fisik

cara menghadapi anak tantrum

Poin yang satu ini merupakan poin paling penting. Meskipun anak sedang rewel-rewelnya, jangan sampai melibatkan fisik, seperti memukul, mencubit, atau melukai. Mengapa demikian? Anak selalu merefleksi atau cenderung meniru apa yang dia terima, hal yang dikhawatirkan adalah jika kelak anak akan meniru perbuatan tersebut.

Tunjukan Rasa Kasih dan Sayang

cara menghadapi anak tantrum

Cara mengatasi anak yang sedang tantrum adalah menunjukkan rasa kasih sayang. Sebisa mungkin belajar mendisiplinkan anak tanpa membentak. Berikanlah pelukan dan ciuman agar mereka lebih tenang. Atau kasih sayang sederhana yang dapat menyentuh hati, seperti belaian rambut, tepukan punggung, dan pegangan tangan.

Agar Moms & Dads tidak ketinggalan informasi menarik dan bermanfaat seputar parenting, Moms & Dads bisa bergabung dengan komunitas parenting Cakap. Yuk join Parents Lyfe Club sekarang! 

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks