Tips Menciptakan Suasana Belajar yang Nyaman Bagi Anak

Suasana Belajar Nyaman

Kegiatan pembelajaran anak di sekolah perlu diulas kembali ketika di rumah. Mengapa demikian? Sedikit banyaknya pasti ada materi yang belum dimengerti oleh anak. Karena sifat dasar anak kecil adalah polos, mungkin saja mereka malu atau kebingungan bertanya apa ketika belum mengerti materi yang sedang dipelajari.

Sebagai orang tua, kita wajib memahami hal ini dan berperan aktif dalam memastikan kegiatan belajar anak berjalan dengan lancar. Maka dari itu perlu kita luangkan waktu di rumah untuk menyempurnakan kegiatan belajar anak. Bagaimana caranya? Hal yang paling utama adalah menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi anak.

Setiap anak memiliki metode belajarnya sendiri, oleh karena itu kita harus menyesuaikannya mulai dari menciptakan suasana belajar yang nyaman. Suasana belajar yang nyaman akan meningkatkan antusiasme dan fokus anak saat belajar. Tidak perlu yang aneh-aneh, hal-hal sederhana yang disukai anak bisa dijadikan pendekatan dalam menciptakan suasana belajar. Seperti yang berikut ini.

Bersihkan dan Rapikan Ruang Belajar

Bersikan dan Rapikan Ruang Belajar source: giphy.com

Ruang belajar yang berantakan akan menurunkan hasrat belajar anak. Bagaimanapun juga kita harus memotivasi anak agar senantiasa muncul keinginan untuk belajar. Apalagi ketika sudah di rumah, hal yang terpikirkan oleh anak pasti hanya bermain. 

Maka dari itu bersihkan dan rapikan ruang belajarnya dan tunjukkan pada anak bahwa kita melakukan ini agar mereka bisa belajar dengan giat dan berprestasi serta membanggakan kita selaku orang tua mereka.

Siapkan Alat Tulis dan Materi Belajar

Siapkan Alat Tulis dan Materi Belajar source: giphy.com

Ketika kita mengajak anak untuk belajar di rumah, pastikan semua alat tulis dan materi belajar yang dibutuhkan sudah berada di atas meja belajar. Maka dari itu sebagai orang tua yang baik, kita harus rajin mengecek isi tas mereka, membuka buku tulisnya secara rutin, dan mengetahui apa yang sedang dipelajari anak di sekolah.

Demikian kegiatan belajar anak di sekolah dapat diawasi dan dijadikan patokan dalam menyempurnakan kegiatan belajarnya di rumah. Setidaknya hal ini juga membantu kita untuk mengetahui sejauh mana kemampuan belajar anak. Sesibuk apapun kegiatan sehari-hari kita, ketika sudah berada di rumah baiknya tetap memperhatikan dan menanyakan anak tentang kegiatan belajarnya di sekolah.

Siapkan Makanan Ringan

Siapkan Alat Tulis dan Materi Belajarsource: giphy.com

Perlukah hal ini dilakukan? Untuk mengatasi rasa bosan anak ketika belajar, menyediakan makanan ringan atau camilan merupakan pilihan yang tepat. Sajikan makanan ringan yang bergizi agar membantu kerja otak anak optimal, seperti sereal, buah-buahan atau jus, yang sudah dikemas sedemikian rupa sehingga anak tertarik untuk mengkonsumsinya.

Selain mengatasi rasa bosan, pendekatan ini juga bisa dimanfaatkan untuk menstimulasi hasrat belajar anak. Misalnya, kita memberikan tugas kepada anak dan menargetkan kapan tugas tersebut harus selesai, lalu jika anak berhasil melakukannya kita akan berikan hadiah berupa makan favorit mereka.

Terapkan Metode Belajar Sambil Bermain

Terapkan Metode Belajar Sambil Bermainsource: giphy.com

Metode belajar yang paling ampuh untuk diterapkan kepada anak adalah belajar sambil bermain. Namun metode ini rentan menghilangkan esensi belajar dan malah berpindah menjadi aktivitas bermain. Untuk itu sebagai orang tua, kita wajib pintar memilih jenis permainan seperti apa yang cocok untuk dijadikan media pembelajaran anak.

Jenis permainan yang dipilih harus mengandung edukasi, jika hanya sekedar menyenangkan anak esensi belajarnya akan hilang. Contohnya, jika kita ingin meningkatkan kemampuan membaca anak, maka permainannya tentu yang berkaitan dengan kegiatan membaca, seperti membaca komik anak. Cari komik anak dengan desain karakter lucu dan cerita yang seru.

Ketika kemampuan belajar anak yang ingin kita asah cukup spesifik, belajar bahasa Inggris misalnya, maka pemilihan media pembelajarannya pun harus spesifik. Terdapat dua media belajar yang direkomendasikan untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris anak, yaitu melalui kegiatan menonton film anak atau story telling bahasa Inggris.

Untuk anak Anda yang gemar menonton tayangan hiburan, bisa Anda coba pertontonkan tayangan film anak berbahasa Inggris. Atau jika lebih senang mendengarkan, bisa Anda terapkan metode belajar story telling bahasa Inggris.

Dengan kedua metode belajar tersebut setidaknya anak Anda akan terasah skill reading dan listening-nya. Apabila Anda coba untuk berimprovisasi, tidak menutup kemungkinan keempat basic language skills, berikut writing dan speaking, dapat anak pelajari di waktu yang bersamaan.

Itulah tips menciptakan suasana belajar yang nyaman bagi anak. Dengan menerapkan tips-tips tersebut Anda sudah berperan aktif dalam meningkatkan kualitas belajar anak.

Jika ingin mengefektifkan lagi kegiatan belajar anak di rumah, Anda bisa memfasilitasi anak dengan metode online learning lewat aplikasi. Terutama apabila berhubungan dengan pelajaran bahasa asing, aplikasi belajar online dinilai cukup efektif membantu proses belajar anak. Cakap Kids merupakan program belajar bahasa Inggris online yang sangat direkomendasikan untuk anak Anda.

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google