Apa itu Tes IELTS? Ini Perbedaan dengan TOEFL hingga Biaya Tes

ielts-adalah

IELTS adalah salah satu sertifikat penting yang harus dimiliki beberapa orang yang memiliki kepentingan untuk menempuh pendidikan atau kepentingan lainnya. Setelah sebelumnya membahas tuntas tentang TOEFL, kini saatnya mengenal apa itu IELTS. Kira-kira apa fungsi IELTS dan berapa minimal nilai IELTS yang harus dimiliki? Selengkapnya tentang IELTS bisa kamu temukan di sini. Ikuti juga simulasi tes IELTS GRATIS di akhir artikel!

Table of Contents

Apa Itu IELTS?

IELTS adalah tes kemahiran berbahasa Inggris internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Cambridge dan British Council. Kepanjangan IELTS sendiri adalah Internasional English Language Testing System. Aksen yang dipakai di IELTS adalah bahasa Inggris aksen Britania atau British.

Tes kemahiran bahasa Inggris ini sudah diakui dan bisa ditemukan di banyak negara termasuk Indonesia. Saat akan mengikuti IELTS, kamu bisa memilih kamu bisa memilih antara IELTS Academic atau IELTS General Training (pilih tes yang sesuai dengan kebutuhan/keperluanmu).

Perbedaan TOEFL dan IELTS

Di paragraf pembuka sudah dikatakan bahwa ada banyak perbedaan TOEFL dan IELTS yang mungkin masih samar-samar diketahui. Untuk itu, yuk simak penjelasan berikut ini!

Materi yang Diujikan

IELTS menguji keterampilan seputar materi speaking, listening, writing, dan reading. Sedangkan TOEFL menguji kemampuan  Listening, Structure and Written Expression, Reading Comprehension, dan Test of Written English. Pada tes TOEFl, semua materi yang diujikan dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Sedangkan pada IELTS, beberapa materi diujikan dalam waktu yang terpisah.

Aksen yang Digunakan

Berbeda dengan TOEFL yang tesnya menggunakan bahasa Inggris aksen Amerika (American Accent), aksen yang digunakan pada tes IELTS adalah bahasa Inggris aksen British.

Skor dan Sistem Penilaian

Rentang skor yang dipakai untuk menilai hasil IELTS berada pada skala 0 sampai 9. Untuk TOEFL sendiri, skor tertingginya berada pada angka 677.

Kamu bisa mengenali beberapa perbedaan lain dari kedua tes tersebut pada artikel berikut: 7 Perbedaan TOEFL dan IELTS, Mulai Skor hingga Biayanya

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Sertifikat IELTS

Setelah mengetahui pengertian dan kepanjangan IELTS serta perbedaannya dengan TOEFL. Kini saatnya mengetahui dengan pasti apa manfaat dan fungsi IELTS.

Fungsi Sertifikat IELTS

1. Mendaftar Beasiswa dan Kuliah di Luar Negeri

Sebelum daftar kuliah di luar negeri atau mengambil beasiswa, ada salah satu syarat atau dokumen yang harus dipenuhi, yaitu sertifikat kemahiran berbahasa Inggris.

Selain sertifikat TOEFL, kamu bisa menggunakan IELTS sebagai sertifikat kemahiran berbahasa Inggris yang resmi dan diakui oleh banyak negara. Tentunya, hal tersebut juga diimbangi dengan nilai dan skor minimal IELTS yang ditentukan pihak kampus tersebut.

2. Dapat Membuka Peluang Kerja di Luar Negeri

Perusahaan internasional dan perusahaan luar negeri kerap memberlakukan peraturan bagi para karyawannya untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan lewat sertifikat dari lembaga terpercaya. Sertifikat IELTS bisa kamu gunakan sebagai salah satu bekal persyaratan ketika kamu akan merajut mimpi bekerja di luar negeri.

Beberapa fungsi lainnya dari sertifikat IELTS adalah untuk mendaftar short course dan non-degree di negara berbahasa Inggris. Sertifikat IELTS juga bisa digunakan ketika kamu akan mengikuti student exchange ke luar negeri.

Masa Berlaku Sertifikat IELTS

Berapa lama masa berlaku sertifikat IELTS? Berbeda dengan sertifikat TOEFL yang biasanya hanya berlaku selama satu tahun, sertifikat IELTS dapat berlaku hingga dua tahun lamanya. Artinya jika kamu mengikuti tes di bulan July 2022 maka sertifikat tersebut hanya berlaku sampai July 2024.

Tes IELTS di Indonesia

Tes IELTS Indonesia di selenggarakan di beberapa tempat dalam beberapa kali jadwal penyelenggaraan tes. Lembaga yang diakui untuk tes IELTS juga tidak bisa sembarangan. Kamu bisa simak penjelasan selengkapnya pada poin berikut!

Jumlah Soal Tes IELTS

Total jumlah soal materi IELTS yang diujikan meliputi empat keterampilan, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Dari empat keterampilan yang diujikan, kamu akan mengikuti tes writingreading, dan listening di waktu yang sama, namun untuk keterampilan speaking diujikan di waktu yang terpisah. Total waktu tes yang dihabiskan biasanya mencapai 3 jam.

Tempat Tes IELTS

Pertanyaan selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah dimana tes IELTS? Sekarang ini kamu bisa menemukan tempat untuk mengikuti tes IELTS di mana-mana. Kamu bisa mengikuti tes IELTS di lembaga-lembaga resmi tertentu, atau bisa juga mengikuti tes di IDP Education.

Biaya Tes IELTS

Harga tes IELTS bisa dikatakan tidak murah. Sekali pelaksanaan ujian, kamu akan dikenai biaya IELTS sebesar US$ 195- US$ 220 atau sekitar 2,4 hingga 3,5 juta rupiah.

Jadwal Tes IELTS

Jadwal IELTS Indonesia bisa berbeda-beda, tergantung dari kota dan jenis tes yang kamu pilih. Kamu bisa mendapatkan informasi jadwal penyelenggaraan, hari, dan slot yang tersedia di lembaga penyelenggara IELTS yang kamu pilih, ya. 

Tetapi untuk jadwal tes IELTS computer based umumnya diselenggarakan di hari Senin-Sabtu. Sedangkan IELTS paper based umumnya diselenggarakan di hari Sabtu saja.

Perlu kamu ketahui juga tes IELTS paper based bisa diselenggarakan di berbeda waktu di tiap lembaganya. Pastikan kamu mencari informasi ini terlebih dahulu di lembaga yang kamu pilih. 

Tabel Skor IELTS

IELTS SCORING

Band Score

Proficiency Level

9

Expert User

8

Very Good User

7

Good User

6

Competent User

5

Modest User

4

Limited User

3

Extremely Limited User

2

Intermittent User

1

Non-User

0

Did not attempt the test

Penilaian untuk tes IELTS berkisar di skala angka 0-9. Skor minimal IELTS yang harus kamu capai untuk dapat mendaftar kuliah, beasiswa di luar negeri, atau kerja di luar negeri memiliki standar nilai IELTS yang berbeda-beda. Biasanya ada pada skala 5.5 sampai 7.5.

Cara Belajar IELTS

Ada trik yang bisa kamu ikuti sebelum mengikuti tes IELTS, lho. Ikuti langkah-langkah berikut, yuk!

1. Pelajari Materi

Ini adalah tips penting yang menjadi kunci nyata agar dapat sukses mengikuti IELTS. Kamu perlu mempelajari empat materi yang diujikan dalam IELTS satu persatu secara mendalam. Pastikan kamu juga mengetahui kelemahan dan kekuatan yang kamu miliki pada setiap materi. Jika kamu merasa lemah pada materi listening, maka kamu kamu mungkin bisa meningkatkan listening skill kamu dengan mendengarkan podcast atau menonton film berbahasa inggris.

2. Cari Teman Belajar

Jika kamu tipe orang yang mudah bosan saat belajar, maka kamu perlu mencari teman belajar. Bersama teman belajar, kamu juga bisa saling berbagi dan memotivasi. Ketika kamu merasa kesulitan, kamu bisa bertanya pada teman belajarmu.

3. Mengikuti Program Kelas Persiapan 

Program persiapan IELTS membantu kamu untuk belajar IELTS dengan cara yang lebih efektif dan praktis. Kamu bisa memilih program yang fleksibel, diajarkan oleh tutor berpengalaman, serta jumlah sesi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti kelas persiapan diantaranya kamu akan mendapatkan materi yang akan diujikan hingga taktik yang bisa kamu ikuti ketika melangsungkan ujian. Tertarik mengikuti program tersebut? Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu kelas berikut : Kelas Persiapan IELTS Online Bersertifikat

4. Berlatih Soal-Soal

Berlatih soal-soal akan memberikanmu gambaran tentang kemungkinan soal IELTS yang nantinya akan muncul saat ujian. Sering berlatih mengerjakan soal juga bisa membuatmu terbiasa dan mengurangi rasa nervous, lho. Kamu bisa mencari tahu tentang contoh-contoh soalnya, atau bahkan kamu bisa mengikuti tes simulasi IELTS.

Itu dia pemaparan selengkapnya tentang apa itu IELTS, fungsi, tips, dan fakta-faktanya. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan tes IELTS, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris online Cakap! Di sana kamu juga bisa belajar bahasa Inggris untuk exam-preparation.

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.