Ini Alasan Pentingnya Skill Bahasa Inggris bagi HR

manfaat bahasa inggris

Saat ini skill bahasa Inggris merupakan skill dasar yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Tak terkecuali bagi HR (Human Resources), sebuah posisi yang bertanggung jawab dalam mengelola dan menjaga komunikasi antara perusahaan dengan karyawan.

Lalu, mengapa bahasa Inggris memiliki peran penting bagi seorang HR? Apakah bahasa Inggris merupakan kunci sukses dalam menjaga komunikasi antara perusahaan dengan karyawan? Daripada penasaran, yuk simak penjelasannya!

Pentingnya Skill Bahasa Inggris bagi HR

Ada beberapa alasan mengapa bahasa Inggris wajib dimiliki oleh seorang HR. Berikut alasannya:

Rekrutmen Karyawan Asing

Dilansir dari Glints Indonesia, rekrutmen merupakan salah satu tanggung jawab dan tugas seorang HR perusahaan. Tugas dari rekrutmen yaitu mencari dan memilih karyawan potensial yang sesuai kualifikasi kebutuhan akan posisi tertentu dalam perusahaan.

Rekrutmen merupakan alasan pertama mengapa bahasa Inggris penting bagi seorang HR. Sebab, tidak bisa dipungkiri, kini semakin banyak perusahaan yang merekrut tenaga asing. Tentunya bahasa Inggris digunakan dalam proses rekrutmen.

Apa jadinya jika HR tidak fasih berbahasa Inggris? Yang ada HR akan gagal mencari karyawan potensial yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, kamu wajib belajar bahasa Inggris kalau ingin berkarier sebagai seorang HR perusahaan.

Proses Onboarding

Umumnya, setelah proses rekrutmen, HR akan menyambut karyawan tersebut ke dalam perusahaan. Proses penyambutan itu biasa disebut Onboarding. Tidak hanya disambut, karyawan baru akan menguliti secara detail tentang perusahaan.

Selama proses onboarding, bahasa Inggris diperlukan untuk berkomunikasi, apalagi kalau karyawan baru adalah orang asing. Ada kemungkinan penjelasan mengenai peraturan perusahaan dan lain sebagainya tidak akan clear jika si HR tidak punya skill bahasa Inggris.

Jembatan Komunikasi

Pada dasarnya, setiap karyawan dari posisi manapun wajib memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Namun, kemampuan ini tergolong vital bagi seorang HR. Sebab, HR menjembatani kepentingan perusahaan dan karyawan.

Di sini peran bahasa Inggris sangat diperlukan. Bagaimana tidak, informasi yang diserahkan perusahaan pada HR harus diterima karyawan dengan baik agar tidak timbul kesalahpahaman.

Tidak hanya karyawan asing lho yang meningkat, perusahaan asing atau multinasional pun kian menjamur sekarang. Pastinya untuk berkomunikasi di perusahaan multinasional, kamu wajib menggunakan bahasa Inggris.

Makanya, sebelum terlambat, segera gunakan kesempatanmu untuk belajar bahasa Inggris. Sekarang udah banyak kok kelas bahasa Inggris online, jadi belajar bisa langsung di smartphone-mu. Tunggu apa lagi?

grup bahasa inggris

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

#MakinCakap Sekarang!

Kategori

Top Picks