Les Privat vs Kursus Reguler: Ini Perbedaan & Kelebihannya!

perbedaan kursus dan les private

Les atau kursus lembaga di luar sekolah atau non formal yang memberikan pelajaran, pengetahuan, atau keterampilan di bidang tertentu dalam waktu yang cukup singkat. Nah, seiring berkembangnya teknologi dan informasi, kegiatan les atau kursus yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka (offline), sekarang jadi bisa dilaksanakan secara daring (online). 

Les atau kursus juga punya berbagai moda, misalnya privat dan reguler. Kira-kira lebih bagus yang mana ya? Les privat atau kursus reguler? Bagus atau tidaknya sebenarnya kembali lagi ke kebutuhan Sobat Cakap. Jadi, kenali dulu les privat dan kursus reguler beserta kelebihannya masing-masing, yuk!

Table of Contents

Apa itu Les Privat?

les-privat

Les privat adalah bentuk atau metode pembelajaran yang dilakukan secara pribadi atau perseorangan. Kegiatan belajar-mengajar biasanya di antara satu pengajar dan satu peserta. Saat ini, ada juga bentuk les privat kelompok yang terdiri dari maksimal 4 orang peserta. 

Les privat bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang intensif dan perhatian penuh terhadap si pemelajar guna pemahaman yang lebih mendalam dan personal. Jadwal dan kurikulum biasanya menyesuaikan kebutuhan peserta. 

Nah, sebelum Sobat Cakap memilih les privat, pertimbangkan dahulu kelebihan dan kekurangannya, yuk! Simak ulasan berikut ini: 

Kelebihan les privat

(1) Progres lebih terpantau

Jumlah peserta les privat yang sedikit memungkinkan pengajar untuk memberikan perhatian yang lebih intensif terhadap progres yang dicapai peserta. Pengajar juga dapat memantau kendala yang dihadapi oleh peserta dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran yang sesuai. 

(2) Pengajar bisa datang ke kediaman peserta 

Ada beberapa lembaga pendidikan non formal yang menyediakan jasa les privat di rumah. Pengajar nantinya akan datang ke rumah kamu sesuai dengan jadwal yang sudah disetujui pihak pengajar dan peserta. Kamu jadi bisa belajar dengan nyaman di rumah masing-masing, Sobat Cakap! 

(3) Fleksibilitas jadwal dan materi 

Metode pembelajaran yang privat memungkinkan kamu untuk meminta materi tertentu ke pengajar. Kamu juga bisa menentukan waktu belajar dengan mengkomunikasikannya bersama pengajar. 

(4) Perkembangan lebih cepat

Perhatian dan pengawasan penuh yang diberikan pengajar memungkinkan kamu untuk lebih cepat berkembang dibanding belajar di kursus reguler. Kamu jadi lebih cepat dalam memahami dan menguasai materi. Ditambah kamu bisa dengan leluasa berkomunikasi dengan pengajar. 

(5) Lingkungan yang lebih privat dan nyaman

Buat Sobat Cakap yang kurang suka keramaian dan menginginkan suasana belajar yang fokus, bisa memilih les privat dibandingkan kursus reguler. Kamu bisa fokus belajar bersama pengajar tanpa distraksi yang tidak perlu. 

Kekurangan les privat

Banyak kelebihan yang bisa dirasakan saat les privat, tapi ada beberapa kekurangan yang bisa kamu jadikan untuk pertimbangan. Simak ulasan berikut:

(1) Biaya lebih mahal 

Bentuk pembelajaran yang lebih eksklusif membuat les privat jauh lebih mahal dibanding kursus reguler. Les privat menawarkan banyak kelebihan yang tidak ditemukan di kursus reguler, itulah sebabnya kamu harus merogoh kocek dalam-dalam jika memilih les privat. 

(2) Potensi ketergantungan dengan pengajar tertentu 

Ada kemungkinan peserta menjadi ketergantungan dengan satu pengajar tertentu saat mengambil les privat. Hal ini seringkali menimbulkan kesulitan dalam beradaptasi dengan metode belajar yang berbeda. 

(3) Keterbatasan interaksi sosial

Jika kamu memilih les privat, kamu akan kehilangan kesempatan untuk berinteraksi sosial yang biasa ditemukan di kelas kursus reguler. Perlu diingat bahwa kemampuan bersosialisasi sama pentingnya dengan keahlian-keahlian lain. 

Nah, demikianlah kelebihan dan kekurangan dari les privat. Sekarang, mari kenali lebih dalam kursus reguler beserta kelebihan dan kekurangannya, yuk! Simak ulasan berikut ini!

Apa itu Kursus Reguler?

kursus-reguler

Kursus reguler adalah bentuk atau metode pembelajaran yang diadakan secara teratur dengan jadwal dan kurikulum tertentu. Berbeda dengan les privat, kursus reguler memiliki jumlah peserta lebih banyak. Dalam satu kelas biasanya terdapat 10 – 20 orang peserta. 

Kursus reguler memungkinkan kamu untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dengan peserta kursus yang lain. Kamu juga bisa memperluas koneksi dan relasi saat mengambil kursus reguler.  

Yuk, simak kelebihan dan kekurangan kursus reguler berikut ini. Ulasan di bawah bisa kamu gunakan menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk memilih les privat atau kursus reguler. 

Kelebihan kursus reguler

(1) Biaya lebih terjangkau 

Umumnya, biaya kursus reguler cenderung lebih murah dan terjangkau dibandingkan les privat. Hal ini disebabkan oleh beban biaya kursus dapat dibagi oleh sejumlah peserta yang ada di kelas. 

(2) Keterampilan sosial dan kolaborasi

Kursus reguler memungkinkan kamu untuk berkembang secara sosial dan juga berkolaborasi dengan peserta lain dalam mengembangkan potensi dan keahlian kamu. Kedua aspek ini sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan dunia kerja.  

(3) Persiapan untuk lingkungan kerja 

Kursus reguler memberikan kamu kesempatan untuk berkolaborasi dan melatih kamu dalam bekerja sama. Lingkungan di kelas kursus reguler akan mempersiapkan kamu di lingkungan kerja di mana kolaborasi dan kerja tim sangat dibutuhkan. 

(4) Kurikulum lebih terstruktur

Kurikulum yang ada di kursus reguler biasanya sudah terstruktur dan dirancang sedemikian rupa untuk mencapai target keterampilan dengan baik. Kurikulum yang sudah terstruktur ini akan memberikan peserta paparan luas terhadap apa yang akan dipelajari. 

(5) Progres dipantau bersama

Di dalam kelas kursus reguler, pengajar dapat memantau perkembangan atau progres kelas secara umum. Pengajar dan peserta juga bisa saling memberikan umpan balik dalam berbagai hal, seperti metode pengajaran yang efektif di kelas. 

Kekurangan kursus reguler

(1) Potensi distraksi

Metode pembelajaran di ruang kelas yang ramai akan memunculkan distraksi atau gangguan saat kegiatan belajar-mengajar. Hal ini tentunya akan mengganggu tingkat konsentrasi dan fokus peserta saat belajar. 

(2) Tingkat pemahaman dan fokus peserta yang beragam 

Para peserta yang ada di kelas kursus reguler ada kemungkinan memiliki tingkat pemahaman dan fokus yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan perkembangan dan penguasaan materi yang tidak merata. Para peserta juga mungkin memiliki metode belajar yang berbeda yang mempengaruhi pemahaman mereka terhadap suatu materi. 

(3) Keterbatasan waktu 

Kursus reguler dengan kurikulumnya yang terstruktur jadi membatasi durasi pendalaman materi. Jadi, agak sulit untuk benar-benar menggali dalam sebuah materi dalam kelas kursus reguler. 

Demikianlah ulasan les privat dan kursus reguler beserta kelebihan dan kekurangannya. Kamu bisa menggunakan artikel ini sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih les privat atau kursus reguler. Pilihlah sesuai dengan metode belajar dan kebutuhan kamu ya, Sobat Cakap! 

Mau les atau kursus yang asyik dan efektif? Di Cakap aja! Kamu bisa belajar bahasa dan keterampilan yang kamu mau. Les dan kursus online bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau di Cakap! Yuk, segera daftarkan diri kamu! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup