7 Cara Mengucapkan Halo dalam Bahasa Korea

halo dalam bahasa korea

Halo merupakan sapaan paling dasar yang dapat kita gunakan kepada siapapun. Jika kamu sering menyaksikan drama Korea atau kamu merupakan fandom Boyband/Girlband K-Pop, kamu pasti sering mendengar kata annyeonghaseyo.

Annyeonghaseyo artinya halo dalam bahasa Indonesia, atau sebagai sapaan yang dapat kamu gunakan dalam konteks apapun. Halo dalam Bahasa Korea memiliki banyak variasi yang bisa kamu gunakan, nih. Yuk, simak penggunaan frasa Halo dalam Bahasa Korea!

Halo dalam Bahasa Korea

인사 (Insa) atau salam dalam Bahasa Korea memiliki variasi yang beragam tergantung keadaan sehari-hari. Banyak variasi pengucapan halo dalam Bahasa Korea yang belum terlalu dikenal oleh banyak orang. Berikut macam-macam penggunaan frasa Halo dalam Bahasa Korea yang bisa kamu gunakan sehari-hari.

안녕하세요 (Annyeong haseyo)

Annyeonghaseyo adalah ucapan halo dalam bahasa Korea yang biasa digunakan dalam konteks apa pun yang dapat mencerminkan kesopanan. Jika kamu ingin menyapa halo seseorang yang belum kamu kenal, kamu dapat menggunakan ucapan ini. Ucapan ini biasa digunakan untuk menyapa rekan kerja, senior, atau orang yang lebih dewasa.

안녕하십니까 (Annyeong hashimnikka)

Berbeda dari ucapan annyeonghaseyo, ucapan halo dalam bahasa Korea ini merupakan ucapan yang digunakan dalam konteks sangat formal, yang dapat mencerminkan rasa hormat dan segan kamu kepada orang lain.

Bentuk ucapan ini dapat kamu gunakan untuk menyapa orang yang kamu hormati, seperti atasan, guru, orang tua, dan lainnya. Ucapan ini juga biasa digunakan oleh para pebisnis dalam menyapa para pelanggan secara lebih hormat.

Belajar Bahasa Korea di K-Club, Praktis dan Gratis!

안녕 (Annyeong)

Annyeong merupakan versi singkat dari ucapan standar annyeong haseyo. Bentuk halo dalam bahasa Korea ini adalah bentuk paling informal dari kedua ucapan di atas. Sapaan singkat ini biasa digunakan kepada orang yang lebih muda, bawahan, maupun teman yang sudah akrab.

Ucapan ini lebih sering digunakan oleh sesama anak-anak serta anggota keluarga. Ucapan ini jarang digunakan oleh laki-laki dewasa di atas 30 tahun, kecuali mereka berbicara kepada anak-anak, melainkan ucapan ini lebih sering digunakan oleh perempuan dewasa saat bertemu dengan teman sebaya mereka.

Sapaan Informal Lainnya yang dapat Digunakan

Nah, Bahasa Korea untuk sapaan juga ada yang lebih informal dari annyeong haseyo namun tetap memiliki nilai kesopanan. Sapaan ini bisa kamu gunakan untuk menyapa teman-teman sebaya kamu.

반갑다! (Banggapda)

Ucapan ini juga secara harfiah memiliki arti “senang bertemu denganmu”. Ucapan ini merupakan ucapan informal yang umum digunakan oleh masyarakat Korea. Umumnya digunakan di antara teman-teman para pria dewasa. Ucapan ini juga dapat digunakan oleh remaja dan anak-anak.

잘 지냈어? (Jal jinaess eo)

Ucapan ini memiliki makna “apa kabar”, atau secara harfiah bermakna “apa kabarmu baik-baik saja?”. Ucapan ini juga umumnya digunakan oleh sesama teman atau sesama anak-anak.

오랜만이야 (Oraenmanniya)

Ucapan ini memiliki makna “lama tidak berjumpa” yang biasanya digunakan oleh masyarakat Korea jika menyapa temannya yang sudah lama tidak berjumpa.

Bahasa Asing Tingkatkan Peluang Karier. Saatnya Kamu Bangun Peluangmu!

만나서 반갑습니다 (Mannaseo banggapseummida)

Ucapan ini memiliki arti harfiah “senang bertemu denganmu”. Namun, berbeda dengan frasa bangapda, ucapan ini  biasa digunakan dalam situasi yang formal seperti diucapkan kepada orang yang baru dikenal. Ucapan ini biasa juga diucapkan saat bertemu dengan orang yang lebih tua atau orang yang lebih berwenang.

Nah, setelah membaca mengenai macam-macam cara mengucapkan Halo dalam Bahasa Korea, sekarang saatnya kamu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari agar semakin hafal. 

Eits, tapi mengucapkan Halo dalam Bahasa Korea gak bisa sembarangan karena harus sesuai waktu dan situasi yang ada, nih. Tapi jangan khawatir, untuk mengerti lebih dalam mengenai cara mengucapkan Halo dalam Bahasa Korea beserta maknanya, kamu dapat bergabung K-Club di Cakap.

Di K-Club, kamu tidak hanya mempelajari Bahasa Korea, tetapi kamu juga bisa belajar mengenai budaya Korea serta mendapat banyak relasi baru secara gratis. Keterampilan Bahasa Korea meningkat, relasi juga akan lebih meningkat!

Kuis Halo dalam Bahasa Korea

Pasti kamu sering halo dalam bahasa Korea, seperti Annyeong atau Annyeonghaseyo. Nah, kamu sudah hafal semua halo dalam bahasa Korea? Coba buktikan lewat quiz satu ini!


Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks