5 Salam untuk Mengucapkan Selamat Tinggal dalam Bahasa Korea

bahasa-korea-selamat-tinggal-sayang

Tidak hanya pertemuan yang membutuhkan salam atau ucapan. Momen perpisahan juga perlu dibarengi dengan ucapan selamat tinggal. Jika sebelumnya kamu sudah belajar tentang salam “selamat datang “ dalam bahasa Korea, kini saatnya mengenal ucapan selamat tinggal dalam bahasa Korea.

Ada beberapa ucapan yang bisa kamu gunakan untuk mengatakan selamat tinggal dalam bahasa Korea. Masing-masing ucapan digunakan dalam konteks dan situasi yang berbeda. Kira-kira apa saja ya bahasa Koreanya selamat tinggal? Let’s check this article out!

안녕히 가십시오 (annyeonghi gasipsio)

bahasa-korea-selamat-tinggal (2)
Photo by Alleksana from Pexels

Bahasa Korea untuk mengatakan selamat tinggal yang pertama adalah 안녕히 가세요 (annyeonghi gaseyo). Secara harfiah ucapan ini memiliki arti selamat jalan. Kamu bisa menggunakannya sebagai ucapan penutup perpisahan untuk orang yang akan pergi.

Ucapan ini termasuk ke dalam ucapan selamat tinggal dalam bahasa Korea yang formal. Jadi, kamu bisa menggunakannya di area publik atau umum.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

다녀 오겠습니다 (danyeo ogessseupnida)

selamat-tinggal-bahasa-korea (2)
Photo by Zen from Pexels

Tidak berbeda jauh dengan ucapan selamat tinggal bahasa Korea di atas, 다녀 오겠습니다 (danyeo ogessseupnida) juga dapat digunakan untuk mengucapkan salam perpisahan. Kalimat itu sendiri memiliki arti “Saya pergi dan akan kembali lagi”. Umumnya, kalimat ini diucapkan oleh seseorang yang akan pergi kepada seseorang yang akan ditinggalkan. Untuk lebih mendalami momen perpisahan, kamu bisa juga menggunakan kalimat 갔다 올게요 (gattda olkeyo).

가세요 (gaseyo)

bahasa-korea-selamat-tinggal
Photo by Ron from Pexels

Dalam bahasa Korea standar, kamu juga bisa mengatakan gaseyo sebagai ucapan selamat tinggal. Namun perlu diingat bahwa ucapan ini biasanya digunakan oleh orang yang lebih tua kepada orang yang lebih muda. Kata 가세요 (gaseyo) memiliki arti “pergilah”

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

잘 가요 (jal gayo)

selamat-tinggal-dalam-bahasa-korea
Photo by Amina from Pexels

Ucapan selamat tinggal dalam bahasa Korea selanjutnya adalah 잘 가요 (jal gayo). Ucapan ini biasa digunakan ketika seseorang atau orang lain akan pergi. 잘 가요 (jal gayo) tergolong ke dalam ucapan selamat tinggal bahasa Korea standar yang umum atau sering digunakan. Bentuk informal dari ucapan ini adalah 잘 가 (jal ga).

나 먼저 갈게 (na meonjeo galge)

selamat-tinggal-bahasa-korea
Photo by Gustavo from Pexels

Meskipun kalimat ini terasa cukup panjang untuk digunakan sebagai salam perpisahan, namun kamu pasti sudah tidak familiar, bukan? Bagaimana tidak, kalimat selamat tinggal dalam bahasa Korea ini sering muncul dalam dialog-dialog drama Korea. Biasanya, kalimat perpisahan ini digunakan kepada sesama teman dekat. 나 먼저 갈게 (na meonjeo galge) sendiri memiliki arti “Aku pergi dulu”.

Itu dia 5 ucapan atau kosakata bahasa Korea untuk mengucapkan selamat tinggal. Kamu bisa menggunakan ucapan-ucapan tersebut kepada seseorang di waktu dan tempat yang tepat.

Setelah mampu memahami ucapan selamat tinggal dalam bahasa Korea, kini saatnya belajar materi menarik lainnya. Yuk, belajar materi seputar budaya dan bahasa Korea di kursus bahasa Korea online Cakap!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

      #SiapaCakapDiaDapat