10 Istilah Percintaan yang Sering Ada di Drama Korea

drama-korea

Drama korea atau “drakor” merupakan salah satu hiburan paling menarik yang sudah mendunia dari negeri ginseng. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, genre drama korea pun semakin variatif. Penggemarnya pun tidak lagi sebatas kaum wanita atau gadis muda saja, tetapi juga kaum pria. 

Meski demikian, bukan drama Korea namanya kalau tidak dibumbui oleh berbagai kisah percintaan. Mulai dari kisah cinta yang ringan dan heartwarming, hingga kisah cinta yang penuh dengan drama dan air mata. Agar nonton drakor semakin asyik, intip beberapa istilah percintaan yang sering muncul, yuk! 

1. Cheon sarang (첫사랑)

istilah percintaan dalam bahasa korea Cheon sarang

 

Our beloved Summer | Official Trailer | Netflix Asia @ Youtube

Istilah ini paling sering muncul dalam drama yang berkisah tentang anak sekolahan atau kuliahan. Cheon artinya “pertama” dan sarang berarti “cinta”, sehingga cheon sarang artinya cinta pertama seseorang. 

2. Jjak sarang (짝사랑)

istilah percintaan dalam bahasa korea jjak sarang

 

Hospital Playlist Season 1 | Main Trailer | Netflix Asia @ Youtube

Jjak sarang artinya cinta diam-diam yang tidak kalah sering terjadi di drama Korea. Kamu akan menemukan tokoh yang naksir tokoh lainnya, tetapi tidak pernah mengungkapkan perasaan cintanya. 

3. Samgag gwangye (삼각관계)

istilah percintaan dalam bahasa korea samgag gwangye

 

True Beauty Trailer | Viu Indonesia @ Youtube

Cinta segitiga atau samgag gwangye artinya formula pamungkas yang hingga saat ini masih sering digunakan di drama korea. Kamu tentunya sangat sering menemukan drama di mana tokoh utama wanita diperebutkan oleh dua tokoh pria, bukan?

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

4. Sogaeting (소개팅)

istilah percintaan dalam bahasa korea sogaeting

 

Start-Up Ep 10 | The Swoon @ Youtube

Masyarakat Korea sangat terbiasa dengan kencan buta atau sogaeting, sehingga fenomena ini pun kerap muncul di dalam drama. Kencan buta tidak selalu dilakukan antara dua orang, tetapi ada juga yang berkelompok atau beberapa pasangan.  

5. Gobaek (고백)

istilah percintaan dalam bahasa korea gobaek

 

Run On | Official Trailer | Netflix Asia @ Youtube

Setelah berkencan beberapa kali, tahap selanjutnya untuk memulai kisah percintaan adalah gobaek artinya dalam bahasa indonesia disebut “nembak”. Orang Korea biasanya tidak akan melewati tahap ini untuk memperjelas suatu hubungan. 

6. Namja chingu (남자 친구)/Yeoja chingu (여자 친구)

istilah percintaan dalam bahasa korea namja chingu

 

Hometown Cha-Cha-Cha | Official Trailer | The Swoon @ Youtube

Istilah ini sangat mudah ditebak dan kemungkinan kamu akan langsung mengerti artinya meskipun kamu penikmat drakor pemula. Namja chingu artinya sebutan untuk pacar pria, dan yeoja chingu artinya  istilah untuk pacar wanita.

7. Ssum (썸)

istilah percintaan dalam bahasa korea ssum

 

Nevertheless, | Official Trailer | The Swoon @Youtube

Istilah untuk dua orang yang terlihat berkencan tetapi belum mengakuinya secara resmi disebut ssum yang berasal dari kata bahasa Inggris “something”. Bisa jadi keduanya masih dalam tahap pendekatan, tetapi belum ada yang benar-benar menyatakan ingin berpacaran. 

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

8. Namsachin (남사친) / Yeosachin (여사친)

istilah percintaan dalam bahasa korea namsachin

 

Hospital Playlist Season 1 | Main Trailer | Netflix Asia @ Youtube

Namsachin atau yeosachin adalah singkatan dari 남자/여자 (namja/yeoja) yaitu “pria/wanita”, 사람 (saram) yaitu “orang”, dan 친구 (chingu) yaitu “teman”. Artinya adalah teman lawan jenis yang tidak memiliki hubungan spesial. 

9. Mossol (모쏠)

istilah percintaan dalam bahasa korea mossol

 

True Beauty Trailer | Viu Indonesia @ Youtube

Istilah mossol berasal dari kata 모태 (motae) atau “rahim”, dan 솔로 (sollo) yang artinya “sendiri”. Biasanya untuk menggambarkan orang yang masih belum pernah berpacaran atau yang dalam bahasa Indonesia disebut “jomblo dari lahir”.

10. Choshiknam(초식남) / Gunomulnyeo (건어물녀)

istilah percintaan dalam bahasa korea choshiknam

 

Viu Original Now We Are Breaking Up | Highlight | Viu Indonesia @ Youtube

Choshiknam artinya “pria merumput” dan gondomulyo artinya “wanita ikan gabus”. Keduanya digunakan untuk tokoh pria dan wanita yang sibuk berkarier dan menyendiri, serta tidak tertarik dengan hubungan romansa. Sering muncul di drakor, bukan? 

Tahu nggak sih? Selain istilah-istilah di drakor, kamu juga bisa tahu lebih banyak tentang bahasa dan budaya Korea di kursus Bahasa Korea Cakap, lho! Bagi kamu yang punya resolusi tahun baru belajar bahasa asing, yuk, langsung eksekusi sekarang! 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat