10 Istilah Percintaan yang Sering Ada di Drama Korea

drama korea

Drama korea atau “drakor” merupakan salah satu hiburan paling menarik yang sudah mendunia dari negeri ginseng. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, genre drama korea pun semakin variatif. Penggemarnya pun tidak lagi sebatas kaum wanita atau gadis muda saja, tetapi juga kaum pria. 

Meski demikian, bukan drama Korea namanya kalau tidak dibumbui oleh berbagai kisah percintaan. Mulai dari kisah cinta yang ringan dan heartwarming, hingga kisah cinta yang penuh dengan drama dan air mata. Agar nonton drakor semakin asyik, intip beberapa istilah percintaan yang sering muncul, yuk! 

1. Cheon sarang (첫사랑)

Our beloved Summer | Official Trailer | Netflix Asia @ Youtube

Istilah ini paling sering muncul dalam drama yang berkisah tentang anak sekolahan atau kuliahan. Cheon berarti “pertama” dan sarang berarti “cinta”, sehingga cheon sarang berarti cinta pertama seseorang. 

2. Jjak sarang (짝사랑)

Hospital Playlist Season 1 | Main Trailer | Netflix Asia @ Youtube

Jjak sarang dapat diartikan sebagai “cinta diam-diam” yang tidak kalah sering terjadi di drama Korea. Kamu akan menemukan tokoh yang naksir tokoh lainnya, tetapi tidak pernah mengungkapkan perasaan cintanya. 

3. Samgag gwangye (삼각관계)

True Beauty Trailer | Viu Indonesia @ Youtube

Cinta segitiga atau samgag gwangye merupakan formula pamungkas yang hingga saat ini masih sering digunakan di drama korea. Kamu tentunya sangat sering menemukan drama di mana tokoh utama wanita diperebutkan oleh dua tokoh pria, bukan? 

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

4. Sogaeting (소개팅)

Start-Up Ep 10 | The Swoon @ Youtube

Masyarakat Korea sangat terbiasa dengan kencan buta atau sogaeting, sehingga fenomena ini pun kerap muncul di dalam drama. Kencan buta tidak selalu dilakukan antara dua orang, tetapi ada juga yang berkelompok atau beberapa pasangan.  

5. Gobaek (고백)

Run On | Official Trailer | Netflix Asia @ Youtube

Setelah berkencan beberapa kali, tahap selanjutnya untuk memulai kisah percintaan adalah gobaek atau dalam bahasa indonesia disebut “nembak”. Orang Korea biasanya tidak akan melewati tahap ini untuk memperjelas suatu hubungan. 

6. Namja chingu/yeoja chingu (남자 친구/여자 친구)

Hometown Cha-Cha-Cha | Official Trailer | The Swoon @ Youtube

Istilah ini sangat mudah ditebak dan kemungkinan kamu akan langsung mengerti artinya meskipun kamu penikmat drakor pemula. Namja chingu adalah sebutan untuk pacar pria, dan yeoja chingu adalah istilah untuk pacar wanita.

7. Ssum (썸)

Nevertheless, | Official Trailer | The Swoon @Youtube

Istilah untuk dua orang yang terlihat berkencan tetapi belum mengakuinya secara resmi disebut ssum yang berasal dari kata bahasa Inggris “something”. Bisa jadi keduanya masih dalam tahap pendekatan, tetapi belum ada yang benar-benar menyatakan ingin berpacaran. 

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

8. Namsachin/Yeosachin (남사친/여사친)

Hospital Playlist Season 1 | Main Trailer | Netflix Asia @ Youtube

Namsachin atau yeosachin adalah singkatan dari 남자/여자 (namja/yeoja) yaitu “pria/wanita”, 사람 (saram) yaitu “orang”, dan 친구 (chingu) yaitu “teman”. Artinya adalah teman lawan jenis yang tidak memiliki hubungan spesial. 

9. Mossol (모쏠)

True Beauty Trailer | Viu Indonesia @ Youtube

Istilah mossol berasal dari kata 모태 (motae) atau “rahim”, dan 솔로 (sollo) yang artinya “sendiri”. Biasanya untuk menggambarkan orang yang masih belum pernah berpacaran atau yang dalam bahasa Indonesia disebut “jomblo dari lahir”.

10. Choshiknam/Gunomulnyeo (초식남/건어물녀)

Viu Original Now We Are Breaking Up | Highlight | Viu Indonesia @ Youtube

Choshiknam secara harfiah berarti “pria merumput” dan gondomulyo berarti “wanita ikan gabus”. Keduanya digunakan untuk tokoh pria dan wanita yang sibuk berkarier dan menyendiri, serta tidak tertarik dengan hubungan romansa. Sering muncul di drakor, bukan? 

Tahu nggak sih? Selain istilah-istilah di drakor, kamu juga bisa tahu lebih banyak tentang bahasa dan budaya Korea di kursus Bahasa Korea Cakap, lho! Bagi kamu yang punya resolusi tahun baru belajar bahasa asing, yuk, langsung eksekusi sekarang! 

Baca juga: 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks