5 Tips Jitu Belajar Bahasa Korea yang Cocok untuk Pemula!

cara-belajar-bahasa-korea-untuk-pemula

Tidak seperti bahasa Inggris, bahasa Korea bagi banyak orang mungkin merupakan bahasa baru yang belum dipelajari sebelumnya. Belajar bahasa Korea bagi para pemula mungkin perlu memberikan effort yang lebih, terlebih karena kamu juga harus belajar huruf hangeul. Jika kamu termasuk salah satu pemula yang baru akan mulai mempelajarinya, tenang! 5 cara belajar bahasa Korea untuk pemula ini bisa membantumu.

Pelajari Huruf/Alfabet Korea

cara-belajar-bahasa-korea
Photo by Picjumbocom from Pexels

Yuk, mulai belajar dari dasarnya! Mempelajari Hangeul merupakan cara belajar bahasa Korea pertama yang harus kamu lakukan. Seperti Jepang yang memiliki hiragana & katakana sebagai huruf dan tulisan yang digunakan, Korea juga memiliki abjad asli yang bernama hangeul. Huruf hangeul sendiri memiliki jumlah 40 karakter, dengan 14 konsonan, 10 vokal, dan 16 diftong. Kamu bisa mulai mempelajari dan menghafalnya dari bagian karakter pertama.

Kenapa belajar hangeul sangat penting? Karena dengan begitu, kamu akan bisa menulis dan melafalkan huruf-huruf Korea secara sempurna. 

Kembangkan Kosakata Dasar

cara-mudah-belajar-bahasa-korea
Photo by Judit from Pexels

Cara belajar bahasa Korea untuk pemula yang wajib kamu catat adalah menghafal dan mengembangkan kosakata dasar. Di masa-masa awal belajarmu, kamu bisa mulai dari angka dan kosakata-kosakata yang relate dengan kehidupan sehari-hari. 

Sekiranya kamu sudah menguasai angka dan kosakata-kosakata basic lainnya, mulailah untuk mengembangkan kosakata baru. Kamu bisa mulai mengatur jadwal dan jumlah kosakata yang harus kamu hafal. Kamu juga bisa menentukan atau mengumpulkan kosakata-kosakata serumpun agar proses menghafalmu lebih mudah.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Manfaatkan Drama Korea & Lagu K-Pop

cara-belajar-bahasa-korea-dengan-cepat
Photo by Eren from Pexels

Selama ini, kamu mungkin menonton banyak drama Korea dan mendengar begitu banyak lagu K-Pop. Namun, dari sekian drama yang kamu tonton dan lagu yang kamu dengarkan, sudah berapa banyak kosakata yang kamu kumpulkan? Jika jawabannya “tidak banyak”, maka mulai sekarang atur ulang strategimu saat menonton drakor dan mendengarkan lagu K-Pop.

Manfaatkan kedua media tersebut dengan baik dan maksimal. Drakor dan lagu-lagu K-Pop merupakan media belajar bahasa Korea yang paling menyenangkan dan seru. Keduanya juga bisa menjadi cara cepat belajar bahasa Korea bagi pemula.

Konglish

cara-belajar-bahasa-korea-untuk-pemula
Photo by Vlada from Pexels

Cara belajar bahasa Korea untuk pemula selanjutnya adalah memahami konglish. Apa itu konglish? Konglish adalah kata pinjaman bahasa Korea yang diambil dari bahasa Inggris (Koreaan-English). Kosakata konglish ini secara garis besar memiliki arti dan pelafalan yang sama dengan bahasa Inggris, lho.

Beberapa contoh konglish yang bisa kamu catat adalah 택시 (taek-si), 인터넷 (in-teo-net), 컵 (keop), dan masih banyak kosakata lainnya lagi.

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Praktikkan dan Aplikasikan di Kehidupan Sehari-hari

cara-cepat-belajar-bahasa-korea
Photo by Alexander from Pexels

Last but not least adalah praktik! Teori tanpa praktik bagaikan sayur tanpa garam, rasanya kurang sempurna. Praktik adalah hal yang paling penting karena di sini, apa yang telah kamu pelajari bisa diaplikasikan. Cara belajar bahasa Korea untuk pemula ini bisa kamu lakukan bersama sesama teman pejuang belajar bahasa Korea. Atau mungkin kamu bisa mencari teman online yang merupakan native speaker.

5 cara mudah belajar bahasa Korea untuk pemula di atas, bisa mulai kamu praktikkan ya, Sobat Cakap. Jangan lupa satu fakta bahwa bahasa Korea merupakan bahasa dengan sistem vertikal yang juga mementingkan kesopanan, maka kamu juga harus mempelajari sistem honorifik-nya, ya!

Jika kamu ingin proses belajar bahasa Koreamu makin sempurna dan lancar, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Korea online di Cakap! Ada banyak teachers profesional yang siap membantu mengembangkan bahasa Koreamu.

Baca Juga: