9 Cara Belajar Bahasa Korea untuk Pemula yang Mudah Dilakukan

cara-belajar-bahasa-korea-untuk-pemula

Tidak seperti bahasa Inggris, bahasa Korea bagi banyak orang mungkin merupakan bahasa baru yang belum dipelajari sebelumnya. Belajar bahasa Korea bagi para pemula mungkin haru memberikan effort yang lebih, terlebih karena kamu juga harus belajar huruf Hangul. Jika kamu termasuk salah satu pemula yang baru akan mulai mempelajarinya, tenang! 5 cara cepat belajar bahasa Korea untuk pemula ini bisa membantumu.

(1) Pelajari Huruf/Alfabet Korea 

Yuk, mulai belajar dari dasarnya! Mempelajari hangeul merupakan cara belajar bahasa Korea pertama yang harus kamu lakukan. Seperti Jepang yang memiliki Hiragana & Katakana sebagai huruf dan tulisan yang digunakan, Korea juga memiliki abjad asli yang bernama Hangeul. Huruf hangeul sendiri memiliki jumlah 40 karakter, dengan 14 konsonan, 10 vokal, dan 16 diftong. Kamu bisa mulai mempelajari dan menghafalnya dari bagian karakter pertama.

Kenapa belajar hangeul sangat penting? Karena dengan begitu, kamu akan bisa menulis dan melafalkan huruf-huruf Korea secara sempurna. 

(2) Kembangkan Kosakata Dasar

Cara cepat belajar bahasa Korea untuk pemula yang wajib kamu catat adalah menghafal dan mengembangkan kosakata dasar. Di masa-masa awal belajarmu, kamu bisa mulai dari angka dan kosakata-kosakata yang relate dengan kehidupan sehari-hari. 

Setidaknya kamu sudah menguasai angka dan kosakata-kosakata basic lainnya, mulailah untuk mengembangkan kosakata baru. Kamu bisa mulai mengatur jadwal dan jumlah kosakata yang harus kamu hafal. Kamu juga bisa menentukan atau mengumpulkan kosakata-kosakata serumpun agar proses menghafalmu lebih mudah.

Artikel pada link Berikut akan membantu kamu mempelajari  kosakata dasar bahasa korea untuk pemula

(3) Manfaatkan Drama Korea & Lagu K-Pop

Tips belajar bahasa Korea otodidak yang bisa kalian terapkan adalah memanfaatkan drama Korea dan lagu-lagu K-Pop. Selama ini kamu mungkin menonton banyak drama Korea dan mendengar begitu banyak lagu K-Pop. Namun, dari sekian drama yang kamu tonton dan lagu yang kamu dengarkan, sudah berapa banyak kosakata yang kamu kumpulkan? Jika jawabannya “tidak banyak”, maka mulai sekarang atur ulang strategimu saat menonton drakor dan mendengarkan lagu K-Pop.

Manfaatkan kedua media tersebut dengan baik dan maksimal, drakor dan lagu-lagu K-Pop merupakan media belajar bahasa Korea yang paling menyenangkan dan seru. Keduanya juga bisa menjadi cara cepat belajar bahasa Korea bagi pemula.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

(4) Konglish

Cara cepat belajar bahasa Korea untuk pemula selanjutnya adalah memahami konglish. Apa itu konglish? Konglish adalah kata pinjaman bahasa Korea yang diambil dari bahasa Inggris (Korean-English). Kosakata konglish ini secara garis besar memiliki arti dan pelafalan yang sama dengan bahasa Inggris, lho.

Beberapa contoh konglish yang bisa kamu catat adalah 택시 (taek-si), 인터넷 (in-teo-net), 컵 (keop), dan masih banyak kosakata lainnya lagi.

(5) Pelajari Greetings, Introduction, dan Daily Conversation

Greetings, introduction, dan daily conversation adalah salah satu kosakata-kosakata penting yang bisa membantumu belajar bahasa Korea dengan cepat. Pelajari dan hafalkan greetings atau salam/sapa dalam bahasa Korea, seperti “halo, selamat pagi, permisi, selamat siang, dll”.

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan kosakata-kosakata inti, seperti perkenalan diri dan percakapan basic sehari-hari. Itu adalah bekal awal untuk kamu yang ingin belajar bahasa Korea.

(6) Gunakan Aplikasi Belajar Bahasa Korea

Dewasa ini, belajar bahasa Korea bisa lewat apa saja, termasuk aplikasi. Ini adalah salah satu tips belajar bahasa Korea otodidak yang bisa kamu coba. Kamu bisa belajar bahasa Korea dengan beberapa aplikasi terkenal dan populer, seperti Eggbun, Naver, Memrise, dan Cakap. Keempat aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur canggih dan menarik. Kamu bisa belajar menggunakan grammar, pelafalan, listening, writing, bahkan ada juga aplikasi yang menyediakan tutor yang bisa membantumu.

cara-belajar-bahasa-korea-untuk-pemula

Photo by Vlada from Pexels

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

(7) Bergabung dengan Komunitas Belajar Bahasa Korea

Belajar bersama komunitas pasti akan lebih seru dan menarik. Kamu tidak lagi belajar sendirian karena ada rekan dan teman yang bisa diajak berdiskusi. Dengan join komunitas belajar bahasa Korea, kamu bisa memperluas materi belajarmu dan bisa menggunakan apa yang sudah dipelajari secara rutin. Kamu bisa bergabung di komunitas belajar bahasa Korea, seperti K-Club Cakap.

(8) Belajar Menulis Kalimat dalam Bahasa Korea

Kalau hafalan kosakatamu sudah cukup banyak, sekarang saatnya untuk belajar menuliskan kosakata-kosakatamu menjadi sebuah kalimat yang utuh. Cobalah tuangkan tulisanmu dalam huruf hangeul dan abjad biasa. Dengan begitu, kamu bisa lebih akrab dengan huruf-huruf tersebut.

(9) Praktikkan dan Aplikasikan di Kehidupan Sehari-hari

Last but not least adalah praktik! Teori tanpa praktik bagaikan sayur tanpa garam, rasanya kurang sempurna. Praktik adalah hal yang paling penting karena di sini, apa yang telah kamu pelajari bisa diaplikasikan. Cara cepat belajar bahasa Korea untuk pemula ini bisa kamu lakukan bersama sesama teman pejuang belajar bahasa Korea. Atau mungkin kamu bisa mencari teman online yang merupakan native speaker.

9 cara mudah belajar bahasa Korea untuk pemula bisa mulai kamu praktikkan ya, Sobat Cakap. Jangan lupa satu fakta bahwa bahasa Korea merupakan bahasa dengan sistem vertikal yang juga mementingkan kesopanan, maka kamu juga harus mempelajari sistem honorifik-nya, ya!

Jika kamu ingin proses belajar bahasa Koreamu makin sempurna dan lancar, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Korea online di Cakap! Ada banyak teachers profesional yang siap membantu mengembangkan bahasa Koreamu.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat