Berbagai Ucapan “Selamat Datang” dalam Bahasa Korea

selamat datang bahasa korea
Berbagai Ucapan “Selamat Datang” dalam Bahasa Korea

Ucapan salam dan selamat merupakan materi dasar yang perlu dikuasai dalam mempelajari sebuah bahasa. Hal ini dikarenakan ungkapan-ungkapan tersebut banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari di seluruh dunia. Artikel kali ini akan membahas salah satu ucapan yang banyak digunakan dalam bahasa Korea yaitu ucapan “selamat datang”.

Ucapan “selamat datang” biasanya digunakan untuk menyambut seseorang yang datang dari luar. Di dalam bahasa Korea sendiri, terdapat beberapa cara untuk mengucapkan “selamat datang” tergantung dengan situasinya. Bagaimana penggunaannya? Simak penjelasan selengkapnya, yuk!

1. 환영합니다 (Hwanyeong Hamnida)

selamat datang dalam bahasa korea
Photo by Sora Shimazaki from Pexels

Seperti yang kita tahu, bahasa Korea memperhatikan tingkat formalitas dalam setiap penggunaannya. Ucapan 환영합니다 (hwanyeong hamnida) biasanya digunakan untuk mengungkapkan “selamat datang” dalam situasi yang sopan dan formal. Berikut contoh penggunaanya:

  • 서울에 오신 것을 환영합니다.
    Soure osin goseul hwanyonghamnida.
    (Selamat datang di Seoul)
  • 저는 이번 좋은 기회에 신입생들에게 환영 인사를 전하고 싶습니다.
    Joneun iboen joeun gihwee sinipssaengdeurege hwanyonginsa reul jeonhago simseumnida.
    (Pada kesempatan yg baik ini saya ingin mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa baru)

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

2. 어서오십시오 (Eoseo Osipsio)

bahasa korea selamat datang
Photo by Bimbim Sindu from Pexels

Ucapan “selamat datang” dalam bahasa Korea yang selanjutnya yaitu 어서오십시오 (eoseo osipsio). Akhiran -십시오 (sipsio) membuat ucapan ini menjadi bahasa yang sangat sopan sehingga ucapan ini bisa kamu gunakan untuk menyambut orang dalam situasi yang formal. Jika kamu mengunjungi sebuah toko atau restoran di Korea, kamu juga mungkin akan mendengar ucapan ini, lho!

3. 어서오세요 (Eoseo Oseyo)

ucapan selamat datang bahasa korea
Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Nah, jika kamu ingin mengucapkan “selamat datang” dalam situasi yang lebih santai dan tidak formal, kamu bisa menggunakan ucapan 어서오세요 (eoseo oseyo). Meskipun secara literal ucapan ini dapat diterjemahkan menjadi “silahkan masuk”, ucapan ini juga berarti “selamat datang”. 

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

4. 들어오세요 (Deureo Oseyo)

ucapan selamat datang korea
Photo by cottonbro from Pexels

Secara harfiah ucapan ini dapat berarti “silahkan masuk”. Dalam penggunaannya, deureo oseyo dituturkan oleh orang yang berada di dalam ruangan kepada orang yang datang atau tamu yang berkunjung. Biasanya, ucapan ini digunakan setelah salam 안녕하세요 (annyeong haseyo) sebagai ungkapan selamat datang sekaligus mempersilahkan mereka memasuki rumah. 

source: giphy.com

Itu dia beberapa ucapan “selamat datang” dalam bahasa Korea, kamu tinggal memilih untuk pakai ucapan tersebut sesuai dengan situasinya. Setelah bisa mengungkapkan “selamat datang”, sekarang saatnya kamu belajar melanjutkan percakapan dalam bahasa Korea. Yuk, belajar percakapan bahasa Korea sehari-hari di kelas bahasa Korea Cakap!

Baca juga: