4 Musim di Korea dan Kosakatanya dalam Bahasa Korea

bahasa korea musim
4 Musim di Korea dan Kosakatanya dalam Bahasa Korea

Musim seringkali berkaitan dengan kebiasaan dan gaya hidup masyarakat di suatu daerah, termasuk Korea. Negara yang terletak di Asia Timur ini memiliki empat musim yang berganti sepanjang tahun. Dalam bahasa Korea, musim disebut 계절 (gyejeol). Lalu bagaimana cara menyebut nama masing-masing musimnya? 

Baca artikel ini sampai habis untuk tahu nama-nama musim dalam bahasa Korea serta kosakata yang berkaitan dengan setiap musimnya, ya!

1. Musim Semi

Photo by Aleksandar Pasaric from Pexels

Bahasa Korea musim semi adalah 봄 (bom). Musim ini berlangsung sekitar tiga bulan, yaitu dari akhir Maret hingga akhir Juni. Selama musim semi, akan banyak bunga bermekaran, termasuk berbagai jenis bunga sakura. Sama halnya dengan budaya hanami di Jepang, masyarakat Korea pun juga senang melihat sakura mekar bersama orang terdekat. 

Musim semi bom
Bunga sakura 벚꽃 beotkkot
Langit 하늘 haneul
Cerah 화창 hwachang
Cuaca bagus 좋은 날씨 joheun nalssi

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

2. Musim Panas

Photo by Taryn Elliott from Pexels

Musim panas dalam bahasa Korea disebut 여름 (yeoreum). Berlangsung dari sekitar akhir Juni hingga Agustus, suhu musim panas di Korea bisa mencapai 35°C–40°C. Sebelum memasuki musim panas, Korea juga mengalami hujan musim panas yang tidak berbeda dengan pergantian musim di Jepang. 

Musim panas 여름 yeoreum
Hujan musim panas 장마 jangma
Puncak musim panas 한여름  han yeoreum
Malam tropis 열대야 yeoldaeya
Lembab 습합 seubhab

3. Musim Gugur

Photo by Tim Samuel from Pexels

가을 (gaeul) adalah bahasa Korea untuk musim gugur. Sekitar bulan September, suhu harian di Korea mulai menurun, tetapi masih terasa panas di siang hari. Pada bulan Oktober dan November, suhu akan semakin menurun dan wilayah pegunungan akan dipenuhi oleh daun musim gugur. Musim gugur di Korea adalah musim yang berwarna dengan udara yang sejuk. 

Musim gugur 가을 gaeul
Angin 바람 param
Daun musim gugur 단풍 danpung
Bulan 달  dal
Hari yang sejuk 쌀쌀한 날  ssalssalhan nal

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

4. Musim Dingin

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels

Bahasa Korea untuk musim dingin adalah 겨울 (gyeoul) yang berlangsung mulai bulan Desember hingga Februari. Memasuki musim dingin, angin akan semakin bertiup dan suhu akan semakin menurut hingga mencapai di bawah 0°C. Musim dingin pun identik dengan musim sakit, karena virus flu dapat dengan mudah menyebar. 

Musim dingin 겨울 gyeoul
Dingin 춥다 chupda
Salju nun
Jas/jaket tebal 코트 koteu
Sarung tangan 장갑  janggab

Sekarang kamu sudah bisa membuat kalimat sederhana bahasa Korea mengenai musim dengan kosakata bahasa Korea di atas, nih. Bagi kamu pencinta K-Pop dan K-Drama, kamu pasti juga sering mendengar kosakata di atas dalam lirik lagu maupun dialog. 

Selain nama-nama musim, kamu bisa banget belajar bahasa Korea secara lebih lengkap dan terpadu di Cakap, lho. Para ssaem siap membantumu belajar bahasa Korea yang bikin fangirling-an makin seru. Yuk, daftar kursus bahasa Korea di Cakap sekarang juga! 

Baca juga: