5 Fakta Marga Korea, Ada yang Paling Dihormati?

marga korea selatan yang paling dihormati
5 Fakta Marga Korea, Ada yang Paling Dihormati?

Jika kamu penggemar K-Pop atau K-Drama pastinya sudah tidak asing lagi dengan marga-marga seperti Kim, Lee, dan Jung. Ada yang menyebutkan bahwa ada beberapa marga Korea Selatan yang ternyata paling dihormati. Benarkah demikian? Yuk, cari tahu lebih lanjut!

Marga atau nama keluarga adalah nama yang digunakan untuk menunjukkan dari mana seseorang berasal. Marga dapat ditemukan di berbagai kebudayaan dunia dengan keunikannya masing-masing, contohnya yaitu di negara Korea Selatan. Layaknya marga-marga lain di dunia, marga Korea Selatan juga punya banyak keunikannya sendiri, lho! 

1. Awalnya hanya digunakan kaum bangsawan

Photo by Chan Hyuk Moon on Unsplash

Pada zaman dahulu, Korea masih memiliki sistem kasta di mana marga hanya boleh digunakan oleh kaum bangsawan dan aristokrat. Marga Kim, Lee, dan Park adalah marga-marga yang paling dihormati kala itu karena hanya disandang oleh keluarga terpandang Korea. 

Seiring berjalannya waktu, mulai banyak pedagang kaya raya yang mengadopsi nama keluarga untuk kepentingan ekonomi dan sosial. Pada tahun 1894, sistem kasta Korea dihapuskan dan peraturan sensus pada tahun 1904 mewajibkan semua orang untuk mendaftarkan marganya.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

2. Marga Korea terletak di depan nama

Photo by Johen Redman on Unsplash

Jika kebanyakan marga yang ada di dunia terletak di belakang nama panggilan, marga di Korea Selatan terletak di depan nama panggilan. Meskipun begitu, untuk keperluan tertentu seperti pengisian formulir catatan sipil internasional, marga kembali berada di belakang nama. 

3. Marga yang paling banyak ditemui

Photo by Kseniya Petukhova on Unsplash

Dalam sejarahnya, marga Kim, Lee, dan Park memang terkesan eksklusif karena hanya boleh disandang oleh bangsawan dan aristokrat. Faktanya, setelah kasta dihapus ketiga nama tersebut banyak menjadi pilihan para penduduk Korea.

Marga Kim diketahui menjadi marga paling populer di Korea Selatan, disusul oleh marga Lee, Park, Choi, dan Jung. Kelima marga tersebut secara umum diakumulasikan mencapai 54 persen populasi masyarakat Korea Selatan. 

4. Marga yang paling jarang ditemui

Photo by Jana Sabeth on Unsplash

Jika marga Kim, Lee, Park, Jung dan Choi menjadi marga yang paling banyak digunakan di Korea Selatan, marga Hwangmok menjadi marga yang paling jarang dipakai oleh masyarakat. Selain itu, terdapat beberapa marga lain seperti Wan, Eogeum, Ban, Nahn, San, Ta, dan Deungjeong yang juga jarang ditemukan di Korea Selatan.

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

5. Setiap marga memiliki makna khusus

Photo by Dave Weatherall on Unsplash

Tahukah kamu, setiap marga di Korea Selatan memiliki makna khusus dibalik namanya, lho! Sebagai contoh, marga Kim memiliki arti “emas”, Lee bermakna “Pohon Plum”, Park berarti “Bersinar”, Choi berarti “gunung”, Jung berarti “Keadilan”, Bae berarti “Inspirasi”, Ahn berarti “Kedamaian”, Nam yang berarti “Selatan”, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa hal menarik tentang marga di Korea Selatan. Meskipun marga Kim, Lee, dan Park pernah menjadi marga yang paling dihormati, saat ini ketiga sudah sangat umum digunakan. Lihat saja dari berapa banyak selebriti Korea Selatan seperti aktor dan penyanyi favoritmu yang memiliki marga-marga tersebut. 

Setiap negara memang memiliki keunikan dan budayanya masing-masing yang menarik untuk dipelajari, tak terkecuali Korea. Yuk, pelajari juga bahasanya agar kamu bisa mengeksplorasi lebih jauh tentang budaya Korea yang menjadi perhatian di masa kini! Kamu bisa gabung kursus Bahasa Korea online Cakap dan belajar dari rumah, lho! 

Baca juga : 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat