White Day dan Black Day, Perayaan Unik Ala Korea untuk Pasangan & Jomblo

white day dan black day korea

Momen perayaan dari setiap negara memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Biasanya hal tersebut terjadi karena tradisi dan budaya yang sudah berkembang sejak lama di suatu negara. Korea merupakan salah satu negara yang memiliki banyak perayaan unik dan menarik untuk ditilik. Pernahkah kamu mendengar perayaan White Day dan Black Day di Korea? Dua perayaan tersebut diperingati dalam sebuah hari khusus. Untuk lebih jelasnya, yuk intip pemaparan berikut!

White Day di Korea

white day dan black day korea

Apa itu White Day? White Day merupakan perayaan spesial, perayaan ini digunakan sebagai hari membalas cinta atau hadiah yang diterima saat Hari Valentine. Kapan tepatnya hari White Day itu? Nah, hari White Day di Korea jatuh pada tanggal 14 Maret atau sebulan setelah Valentine berlalu.

Alur perayaan White Day di Korea diawali dengan pemberian hadiah di Hari Valentine. Biasanya, para wanita memberi cokelat atau hadiah kepada lelaki yang dicintainya, kemudian pemberian hadiah tersebut baru akan terbalas di hari White Day atau tepatnya tanggal 14 Maret.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Balck Day di Korea

white day dan black day korea

Setelah mengetahui apa itu White Day, saatnya mengenal Black Day. Tidak melulu perayaan romantis dan manis, Korea juga punya hari perayaan yang khusus ditujukan untuk para jomblo yang tidak punya kekasih. Yap, Black Day di Korea merupakan harinya para jomblo untuk merayakan kesendiriannya. Para jomblo biasanya merayakan Black Day bersama teman-temannya sambil menyantap jajangmyeon.

Jika White Day dirayakan sebulan setelah Valentine, maka Black Day di Korea dirayakan dua bulan setelah Valentine atau tepatnya tanggal 14 April. 

Black Day di Korea merupakan momen yang tepat bagi sesama jomblo yang tidak menerima hadiah saat Valentine dan White Day. Di momen perayaan ini, mereka akan saling menghibur dan merayakan kebebasan mereka yang tidak terikat hubungan romantis.

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Keunikan Perayaan Black Day di Korea

white day dan black day korea

Selain dirayakan dengan berkumpul bersama teman dan makan makanan Korea berupa jajangmyeon, Black Day di Korea juga dirayakan dengan tradisi minum kopi hitam dan makan nasi kacang hitam. Di momen ini juga terkadang banyak acara cari jodoh dadakan yang diadakan oleh para pemilik cafe atau mall. Tujuannya tentu agar para jomblo segera mendapatkan pasangan dan tidak hidup sendirian lagi.

Kalau kamu sendiri kira-kira di tahun depan akan merayakan apa nih? White Day atau Balck Day? Apa pun peraayaannya nanti, harus tetap dirayakan dan disyukuri dengan penuh suka cita ya, Sobat Cakap!

Buat kalian yang ingin menggali lebih dalam budaya dan bahasa Korea, Cakap adalah tempat yang tepat untuk belajar! Yuk, segera daftarkan dirimu di kursus bahasa Korea Cakap! Bersama teachers profesional dan berpengalaman, belajar jadi makin menyenangkan.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Panduan Lengkap Belajar Hangeul Korea Dengan E-Book GRATIS!

Belajar Hangeul terasa jadi lebih asik dengan E-Book eksklusif ini. Kamu bisa dapatkan tips and triknya dengan mengisi data di bawah ini!

      #SiapaCakapDiaDapat