30 Kosakata Bahasa Korea tentang Makanan dan Cara Membelinya di Restoran

kosakata bahasa korea tentang makanan

Korea terkenal dengan wisata kuliner dan berbagai jenis makananya. Negara yang juga dikenal dengan surga street foodnya itu memiliki banyak makanan khas yang diminati banyak orang. Kosakata bahasa Korea tentang makanan mungkin sudah tidak asing lagi akhir-akhir ini. Tentu kamu sudah mengenal ramyeon atau kimbab bukan? Kedua makanan itu menjadi salah satu makanan Korea yang sedang digandrungi masyarakat Indonesia.

Bagian-bagian atau komponen dasar dalam makanan, seperti buah-buahan, sayuran, dan bahan pokok lainnya dalam bahasa Korea juga akan kamu pelajari di sini. So stay tuned and enjoy the article, ya!

Kosakata Bahasa Korea tentang Makanan

source: giphy.com

Kata makanan sendiri dalam Bahasa Korea disebut 음식 (eum-sik). Kata lain yang berkaitan dengan makanan dan mungkin dialognya sudah tidak asing lagi adalah 배고파 (bae-go-pa) artinya ‘lapar’. Untuk kesan yang lebih sopan, kamu bisa menambahkan imbuhan ‘yo’ di akhir kata tersebut. Kata lain yang juga ada kaitannya dengan makanan adalah 잘 먹겠습니다 (jal meok-ge-seub-ni-da) artinya ‘saya akan menikmati makanan ini’. Biasanya, ungkapan ini diucapkan sebelum seseorang menyantap makanannya.

Ada beberapa jenis makanan yang akan dibahas, yaitu buah-buahan, sayuran, daging, dan makanan khas. Keempat hal tersebut merupakan elemen penting yang harus ada saat membahas tentang makanan. Langsung saja yuk, kenalan dengan berbagai kosakata Bahasa Korea tentang makanan di bawah ini!

Kosakata Bahasa Korea: Buah-Buahan

Sebelum menuju pada kosakata bahasa Korea tentang makanan khas di daerah Korea, akan dibahas terlebih dahulu mengenai nama buah-buahan dalam bahasa Korea. Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung banyak vitamin. Berikut daftar nama-nama buah dalam bahasa Korea yang sering kamu konsumsi.

사과 (sagwa)

Apel

바나나 (banana)

Pisang

오렌지 (orenji

Jeruk

멜론 (mellon)

Melon

수박 (subak)

Semangka

포도 (podo)

Anggur

파인애플 (painaepeul)

Nanas

딸기 (ddalgi)

Stroberi

망고 (manggo)

Mangga

파파야 (papaya)

Pepaya

Kosakata buah-buahan dalam bahasa Korea cukup familiar, bukan? Beberapa kata di atas memiliki penulisan dan pelafalan yang hampir sama persis dengan bahasa Inggris. Sehingga, akan lebih mudah untuk dihafalkan.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Kosakata Bahasa Korea: Sayuran

Kosakata bahasa Korea tentang makanan yang menjadi salah satu bahan pokok bernutrisi adalah ‘sayuran’. Salah satu korean food terkenal yang bahannya berasal dari sayuran adalah kimchi. Bahan dasar dari kimchi sendiri adalah kubis dan chili powder, agar lebih awet, kedua bahan tersebut biasanya difermentasikan. Sangkin terkenalnya, kubis ini pernah dijadikan tema sebuah drama yang berjudul ModernFarm loh.

Selain kubis, kamu juga akan belajar banyak kosakata bahasa Korea tentang sayur-sayuran lainnya. Yuk, langsung saja simak kosakata bahasa Korea tentang sayuran di bawah ini:

당근 (dangeun)

Wortel

브로콜리 (beurokolli)

Brokoli

양배추 (yang-bae-chu)

Kubis

오이 (oi)

Mentimun

토마토 (tomato)

Tomat

시금치 (sigeumchi)

Bayam

감자 (gamja)

Kentang

버섯 (beoseot)

Jamur

가지 (gaji)

Terung

완두콩

(wandukong)

Kacang polong

Kosakata Bahasa Korea: Berbagai Jenis Daging

‘Daging’ menjadi kosakata Bahasa Korea tentang makanan yang akan dibahas selanjutnya. Selain sayuran dan mie. Korea juga sangat terkenal dengan berbagai jenis daging yang bisa disulap menjadi makanan khas yang lezat. Daging ini biasanya dijadikan sebagai bahan pokok dari berbagai jenis makanan. Yuk langsung aja simak kosakata bahasa Korea tentang berbagai jenis daging (lengkap dengan kosakata bahasa Korea ‘tahu’ dan ‘keju’) berikut ini. 

쇠고기 (soegogi)

Daging sapi

닭고기 (dalgogi)

Daging ayam

물고기 (mulgogi)

Ikan

스테이크 (seuteikeu)

Steak

오리고기 (origogi)

Daging bebek

베이컨 (beikeon)

Bacon

닭갈비 (dakgalbi)

Chiken ribs

불고기 (bulgogi)

Bulgogi

(Beef slice)

두부 (dubu)

Tahu

치즈 (chijeu)

Keju

Bulgogi menjadi salah satu jenis olah daging yang paling terkenal dan digemari. Sementara tahu dan keju, biasanya menjadi pendamping makanan daging-dagingan yang sempurna.

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Cara Membeli Makanan di Restoran

Untuk membeli makanan di restoran, maka kamu harus mengetahui apa saja kosakata umum yang biasa digunakan di restoran. Berikut kosakatanya:

주문할게요 (Jumun-hal-geyo)

Akan pesan

포장하다 (Pho-jang-ha-da)

Bungkus

계산할게요 (Gye-san halgeyo)

Akan membayar

주세요 (Juseyo)

Berikan

Ketika kamu masuk ke sebuah restoran maka di beberapa restoran akan ada pra-musaji (waiter) yang menanyakan kamu butuh tempat untuk beberapa orang:

몇 분이세요
(myeot buniseyo)
Yang mau makan berapa orang?

두명이에요
(du-myeong iyeyo)
Dua orang

Setelah duduk, berikut beberapa kalimat yang kamu butuhkan ketika ingin makan di restoran:

저기요
(Jeo-gi yo)
Permisi

매뉴 주세요
(Men-yu Ju-seyo)
Tolong berikan menunya

영어 메뉴 주세요
(Yeong-eo menu ju-seyo)
Tolong berikan menu Inggrisnya

(Nama makanannya) 하나/두개/세개 주세요
( ______ hana/du-ge/se-ge juseyo)
Tolong berikan (nama makanan) satu/dua/tiga!

계산 할게요!
(Gye-san hal-geyo)
Permisi, saya mau bayar!

따로 계산 할 수 있어요?
(Tta-ro Gye-san hal-su i-sseo-yo)
Apakah bisa bayar terpisah?

이거 포장해주세요
(I-geo pojang-hae juseyo)
Tolong bungkus yang ini.

Kosakata Bahasa Korea tentang makanan di atas bisa menambah pengetahuan barumu. Dan jangan lupa ya, yeoreobun, saat makanan yang kamu santap benar-benar lezat, kamu bisa mengucapkan 맛있다 (ma-shit-da) ‘lezat’ agar kamu terlihat lebih menghayati.

Bahasa Korea bisa menjadi pilihan terbaik untuk dipelajari. Selain sedang popular, kursus Bahasa Korea juga akan memberimu pengetahuan baru tentang huruf-huruf hangeul. Kelas Bahasa Korea Cakap hadir khusus untuk kamu para pemula atau yang tertarik belajar Bahasa Korea lebih jauh lagi. Yuk ramai-ramai berbahasa Korea dengan Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks