Kosakata Bahasa Korea ‘Enak’ Bentuk Formal & Informal

bahasa korea enak

Jika kamu merupakan penggemar drama Korea, kamu pasti sudah sering mendengar ungkapan atau kosakata Bahasa Korea ‘enak’. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa saat ini budaya Korea sudah banyak mempengaruhi masyarakat dunia, tak terkecuali masakan mereka.

Banyak sekali masyarakat dunia yang merasa bahwa masakan khas Korea terlihat sangat lezat dan memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah. Apalagi saat melihatnya pada adegan di drama Korea. Saat tiba bagian adegan makan, biasanya sang aktor akan berucap kata 맛있다 ‘mas-issda’.

Namun, apakah kamu sudah mengetahui apa bahasa Korea dari kata enak dan kapan kata tersebut dapat kamu gunakan? Yuk, simak penjelasan selengkapnya.

Bahasa Korea Enak Bentuk Formal

source: giphy.com

1. 맛있습니다 (mas-issseubnida)

Kosakata pertama ini merupakan Bahasa Korea enak dalam bentuk formal. Kosakata 맛있습니다 (mas-issseubnida) ini biasa digunakan saat seseorang berpidato, presentasi, wawancara tentang makanan ataupun acara formal lainnya.

Contoh:

그것은 물론 맛있습니다
geugeos-eun mullon mas-issseubnida
makanan ini tentu saja enak.

2. 맛있어요 (mas-iss-eoyo)

Kosakata bahasa Korea enak selanjutnya ini merupakan bentuk standar dalam mengucapkan kata enak. Kamu bisa menggunakan kosakata 맛있어요 (mas-iss-eoyo) ketika berbicara dengan orang yang lebih tua dari kamu atau kepada seseorang yang kurang akrab. Jadi, kosakata ini merupakan salah satu bentuk formal dari kata enak dalam bahasa Korea yaa, Sobat Cakap.

Contoh:

그것은 매우 달고 맛있어요
geugeos-eun maeu dalgo mas-iss-eoyo
ini sangat manis dan enak

Belajar Bahasa dan Budaya Korea Gratis di K-Club, Live di Aplikasi Cakap

Bahasa Korea Enak Bentuk Informal

source: giphy.com

1. 맛있어 (mas-iss-eo)

Kosakata bahasa Korea untuk kata enak ini merupakan bentuk informal untuk mengatakan enak dalam bahasa Korea. Kosakata 맛있어 (mas-iss-eo) biasa digunakan saat kamu melakukan percakapan dengan teman-teman sebaya, kekasih atau orang yang umurnya lebih muda dari kamu.

Contoh:

정말 맛있어!
jeongmal masisseo
sangat enak!

2.  맛있다 (mas-issda)

Kosakata selanjutnya ini juga merupakan bentuk informal untuk mengatakan kata enak dalam bahasa Korea. Buat kamu yang hobi nonton drama Korea, mungkin tak asing dengan ungkapan ini.

Kata 맛있다 (mas-issda) digunakan untuk mengekspresikan makanan yang lezat. Jika makanan yang kamu makan itu memiliki rasa yang sangat enak, maka kamu bisa mengucapkan 너무 맛있다 (neomu mas-issda). Dalam bahasa Korea, 너무 (neomu) memiliki arti ‘sangat’.

Contoh:

이 음식은 아주 맛있다
i eumsig-eun aju mas-issda
Makanan ini rasanya sangat enak.

Kosakata Bahasa Korea Berhubungan dengan Makanan

source: giphy.com

Setelah mengetahui bagaimana mengungkapkan rasa enak dalam bahasa Korea, kamu juga harus mengetahui kosakata bahasa Korea yang dapat berhubungan dengan makanan berikut ini.

1. 음식 (Eum-sik)

Dalam bahasa Korea, makanan biasa disebut dengan kosakata 음식 (eum-sik). Kosakata ini juga bisa digabung dengan kata lain. Misalnya, menambahkan nama negara di depan untuk merujuk jenis makanan dari wilayah tertentu.

Untuk menyebutkan makanan Korea, kamu bisa ucapkan 한국 음식 (Han-guk eum-sik) atau biasa disingkat 한식 (han-sik). Kalau 인도네시아 음식 (Indonesia eum-sik) artinya makanan Indonesia.

2. 배고파 (Bae-go-pa)

Sebagai penggemar drama Korea, kamu juga pastinya gak asing dong dengan kosakata yang satu ini? 배고파 (bae-go-pa) memiliki arti secara harfiah sebagai kata “lapar”. Kata 배고파 (bae-go-pa) ini merupakan kata informal atau semi-formal yang bisa kamu ucapkan kepada teman sebaya atau kepada orang yang lebih muda.

Untuk bahasa yang lebih formal bisa tambahkan kata yo di belakang menjadi 배고파요 (bae-go-pa-yo). Bahasa formal ini digunakan untuk berbicara dengan orang yang lebih tua atau tingkat status yang lebih tinggi.

3. 배불러 (Bae-bul-leo)

Nah, setelah kamu menghabiskan santapan lezat yang ada, pastinya akan kamu akan merasa kenyang, kan? Kamu bisa mengungkapkan rasa kenyangmu menggunakan kosakata 배불러 (bae-bul-leo). Kosakata ini digunakan saat perut terasa penuh dan tak bisa makan lebih banyak lagi.

4. 식당 (Sikdang) dan 맛집 (Matjib)

Restoran dalam bahasa Korea biasa disebut dengan kata 식당 (sik-dang). Sementara restoran dengan spesialisasi menu tertentu menggunakan akhiran 집 (jib) yang secara harfiah bermakna rumah.

Contohnya 고기 집 (go-gi jib) yang memiliki arti sebagai restoran spesialis menu daging atau 치킨 집 (chi-kin jib) yang memiliki arti restoran ayam goreng. Ada pula istilah 맛집 (mat-jib) yang digunakan untuk menyebut restoran terkenal dengan menu makanan yang lezat.

Kursus Bahasa Korea di Cakap, Belajar Di Mana pun Kapan pun

5. 반찬 (Ban-chan)

Saat kamu mencoba untuk makan di restoran Korea, umumya di awal kamu akan disajikan 반찬 (ban-chan) atau side dishes. Ban-chan alias lauk pelengkap biasanya terdiri dari beberapa jenis dan dihidangkan dengan porsi kecil.

Salah satu banchan yang paling populer di Korea adalah kimchi yang juga menarik banyak rasa penasaran masyarakat dunia untuk mencobanya. Apapun menunya, biasanya orang Korea akan menambahkan kimchi yang memiliki cita rasa pedas-asam yang lezat sebagai pelengkap.

6. 밥 (Bab)

Sama seperti Indonesia, orang Korea juga tak bisa lepas dari nasi lho, Sobat Cakap. Di Korea, nasi menjadi makanan pokok yang wajib untuk disantap setiap hari. Dalam bahasa Korea, 밥 (bab) memiliki arti sebagai nasi.

Seperti salah satu makanan ringan asal Korea yang sering disebut 김밥 (kimbab) yang sering dibawa oleh masyarakat Korea saat berpiknik atau saat ingin melakukan perjalanan, 김밥 (kimbab) merupakan makanan ringan yang terbuat dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut yang biasanya diisi dengan sayuran maupun daging.

Namun, kata 밥 (bab) juga bisa bermakna lain sebagai ‘meal’ atau makan. Misalnya, saat ingin bertanya seseorang sudah makan atau belum, digunakan ungkapan 밥 먹었어? (bab meo-go-sseo?).

Setelah kamu dihidangkan dengan berbagai makanan yang lezat, jangan lupa mengucapkan terima kasih atas makanan yang telah dihidangkan dan mengucapkan selamat makan kepada teman makanmu, yaaa!

Mempelajari bahasa Korea memang selalu menyenangkan kan, Sobat Cakap? Tidak hanya seru membahas bahasanya, namun juga membahas mengenai kebudayaan serta banyak hal lainnya yang bisa dipelajari dari negeri ginseng tersebut.

Untuk bisa mempelajari mengenai bahasa dan budaya Korea, kamu bisa belajar Bahasa Korea online di Cakap. Di sana, kamu bisa interaksi langsung dengan tutornya. Dengan begitu kamu bakal pede pas ngomong pakai Bahasa Korea. Yuk, daftar sekarang juga!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks