5 Aplikasi Belajar Bahasa Korea untuk Pemula Terbaik

aplikasi belajar bahasa korea

Sama seperti bahasa asing lainnya, aplikasi belajar bahasa Korea untuk pemula sekarang sudah banyak tersedia. Hanya bermodalkan smartphone, kamu bisa memahami apa yang dibicarakan biasmu ketika siaran langsung di VLIVE. Nah, apa aja sih aplikasi belajar bahasa Korea untuk pemula?

Berikut ini ada 5 aplikasi belajar bahasa Korea untuk pemula yang bisa kamu coba untuk membantumu lebih mahir berbahasa Korea. Check this out!

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik 

Aplikasi belajar bahasa Korea kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, namun tetap ada satu aplikasi yang menggunakan bahasa Indonesia. Kira-kira aplikasi yang mana, ya? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini!

Eggbun: Learn Korean Fun

Eggbun merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Korea yang tergolong populer. Di aplikasi belajar bahasa Korea ini, kamu bakal belajar membaca, menulis, mendengar, dan berbicara bareng chabot tutor bernama Lenny.

Eggbun tersedia baik untuk Android maupun iOs. Tampilan dari aplikasi ini juga menarik dan membuatmu betah untuk belajar. Di aplikasi ini, kamu juga bisa belajar bahasa gaul Korea, lho. Seru banget, kan?

Naver Korean Dictionary

Penggemar drama Korea dan Kpop pasti sudah familiar dengan perusahaan teknologi Naver. Bagaimana tidak, pelayanan-pelayanan miliki Naver banyak digunakan oleh orang Korea dan sering muncul di drama Korea atau acara-acara lainnya.

Nah, Naver juga memiliki aplikasi belajar bahasa Korea yang bernama Naver Korean Dictionary. Di aplikasi ini, kamu bisa mempelajari cara menggunakan kosakata, grammar bahasa Korea, dan pelafalan kosakata.

Terlihat dari namanya, di aplikasi ini kamu juga bisa menerjemahkan kosakata-kosakata dari bahasa asing lain ke bahasa Korea atau vice versa.

Belajar Bahasa Korea di K-Club, Praktis dan Gratis!

Memrise

Memrise juga menjadi salah satu aplikasi bahasa Korea terpopuler dan banyak direkomendasikan orang-orang. Di aplikasi ini, kamu dapat belajar kosakata bahasa Korea dan grammarnya lewat permainan mix and match.

Selain itu, aplikasi belajar bahasa Korea ini juga dilengkapi dengan audio panduan pelafalan, sehingga kamu bisa mengetahui apakah pelafalanmu sudah benar atau belum. Masih banyak fitur-fitur dari Memrise yang bisa kamu temukan di aplikasinya.

LingoDeer

LingoDeer merupakan aplikasi belajar bahasa Korea yang tersedia gratis untuk iOS dan Android. Bahasa yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah bahasa Inggris, jadi pastikan kamu sudah menguasai bahasa Inggris dulu ya!

Nah, di aplikasi ini kamu akan fokus belajar untuk membuat kalimat. Di awal, kamu akan mulai mempelajari kalimat-kalimat sederhana hingga yang lebih expert lagi yang mencakup dua atau lebih bentuk kata.

Cakap

Nah, berbeda dari aplikasi belajar bahasa Korea lainnya, aplikasi Cakap memiliki produk bernama K-Club premium di mana proses pembelajarannya menggunakan bahasa Indonesia. Di aplikasi ini, kamu juga akan belajar langsung bareng ssaem atau tutor serta teman-teman baru.

Tips dan Cara Belajar Bahasa Korea lewat Aplikasi

Belajar bahasa Korea bagi para pemula mungkin perlu memberikan effort yang lebih, terlebih karena kamu juga harus belajar huruf hangeul. Jika kamu termasuk salah satu pemula yang baru akan mulai mempelajarinya, tenang! 5 cara belajar bahasa Korea untuk pemula ini bisa membantumu.

Pelajari Huruf Hangeul atau Alfabet Korea

Yuk, mulai belajar dari dasarnya! Mempelajari Hangeul merupakan cara belajar bahasa Korea pertama yang harus kamu lakukan. Huruf hangeul Korea sendiri memiliki jumlah 40 karakter, dengan 14 konsonan, 10 vokal, dan 16 diftong. Kamu bisa mulai mempelajari dan menghafalnya dari bagian karakter pertama. 

Kembangkan Kosakata Dasar

Cara belajar bahasa Korea untuk pemula yang wajib kamu catat adalah menghafal dan mengembangkan kosakata dasar. Di masa-masa awal belajarmu, kamu bisa mulai dari angka dan kosakata-kosakata yang relate dengan kehidupan sehari-hari.

Manfaatkan Drama Korea & Lagu K-Pop

Selama ini, kamu mungkin menonton banyak drama Korea dan mendengar begitu banyak lagu K-Pop. Manfaatkan kedua media tersebut dengan baik dan maksimal. Drakor dan lagu-lagu K-Pop merupakan media belajar bahasa Korea yang paling menyenangkan dan seru. Keduanya juga bisa menjadi cara cepat belajar bahasa Korea bagi pemula.

Konglish

Konglish adalah kata pinjaman bahasa Korea yang diambil dari bahasa Inggris (Koreaan-English). Kosakata konglish ini secara garis besar memiliki arti dan pelafalan yang sama dengan bahasa Inggris, lho. Beberapa contoh konglish yang bisa kamu catat adalah 택시 (taek-si), 인터넷 (in-teo-net), 컵 (keop), dan masih banyak kosakata lainnya lagi.

Praktikkan dan Aplikasikan di Kehidupan Sehari-hari

Praktik adalah hal yang paling penting karena di sini, apa yang telah kamu pelajari bisa diaplikasikan. Cara belajar bahasa Korea untuk pemula ini bisa kamu lakukan bersama sesama teman pejuang belajar bahasa Korea. Atau mungkin kamu bisa mencari teman online yang merupakan native speaker.

Tidak hanya belajar bahasa, kamu juga berkesempatan untuk belajar budaya-budaya Korea. Gak usah khawatir, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk gabung K-Club. Kamu hanya perlu download aplikasi Cakap dan gabung kelasnya. Dan menariknya, kamu juga bisa mendapatkan e-book bahasa Korea gratis lho! Menarik, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Cakap di smartphone kamu dan belajar bahasa Korea online mulai sekarang!

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat