Apa Arti Vice Versa? Bahasa Inggris atau Bahasa Latin?

vice versa adalah

Lagi scrolling down media sosial terus tiba-tiba nemu kata ‘vice versa’? Yap, vice versa adalah kata yang cukup ramai digunakan di internet. Namun begitu, sebagian besar orang Indonesia masih merasa asing dengan kata ini.

Oleh karena itu, ayo cari tahu arti vice versa dan bagaimana cara menggunakan vice versa ke dalam sebuah kalimat!

Arti Vice Versa

source: giphy.com

Vice versa merupakan salah satu kata yang diserap dari bahasa Latin, contoh lainnya yaitu et cetera dan ad hoc. Dilansir dari grammarly, vice versa artinya ‘the other way round’ atau ‘sebaliknya’ dalam bahasa Indonesia. 

Vice versa masih awam di telinga masyarakat umum, namun tidak bagi para pekerja profesional di bidang hukum. Sebab, vice versa merupakan frasa yang sering digunakan di dalam sebuah perjanjian atas dua pihak.

Vice dalam frasa vice versa diambil dari kata vicis dalam bahasa Latin yang artinya adalah perubahan, suksesi, tempat, dan posisi. Versa diambil dari kata versus dalam bahasa Latin yang artinya berbalik. Jika digabungkan, secara harfiah vice versa memiliki arti posisi yang berbalik.

Psst, Ini Cara Dapet Skor TOEFL di Atas 500!

Cara Menggunakan Vice Versa

Vice versa adalah adverbial phrase atau kelompok kata yang berfungsi sebagai kata keterangan. Umumnya di dalam suatu kalimat, vice versa digunakan dengan kata penghubungan seperti dan, atau.

Kamu dapat menggunakan vice versa ketika kamu ingin menyatakan bahwa sesuatu yang baru saja kamu katakan atau tulis adalah benar bahkan dalam urutan yang berlawanan. Contohnya seperti berikut:

  •  I don’t like Lizzie, and vice versa (Aku tidak menyukai Lizzie, dan sebaliknya)
  • I’m tired of spending time with my friends, and vice versa. (Aku capek menghabiskan waktu bersama teman-temanku, dan sebaliknya)

Dalam contoh yang pertama, ‘aku’ tidak menyukai Lizzie dan Lizzie juga tidak menyukainya. Sehingga, subjek di kalimat pertama menjadi objek di kalimat kedua dan begitu sebaliknya. Hal yang sama terjadi pada contoh yang kedua.

Contoh Kalimat Vice Versa

Berikut contoh kalimat vice versa yang diambil dari cambridge dictionary:

A specialist may involve the general practitioner or vice versa.
Seorang spesialis mungkin melibatkan dokter umum atau sebaliknya.

Positive values indicate increased expression in biofilms and vice versa.
Nilai positif menunjukkan peningkatan ekspresi dalam biofilm dan sebaliknya.

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Belajar Bisa dari Rumah!

Cycles can be even, if they consist of an even number of rules or vice versa they can be odd.
Siklus bisa menjadi genap, jika terdiri dari aturan bilangan genap atau sebaliknya bisa ganjil.

Is it the wind that makes the water hot or vice versa?
Apakah angin yang membuat air panas atau sebaliknya?

Nah, setelah mengetahui apa itu vice versa, sekarang kamu harus mempelajari frasa bahasa Inggris lainnya. Menguasai frasa bahasa Inggris akan membantu kamu dalam sebuah percakapan. 

Untuk itu, kamu bisa gabung kelas bahasa Inggris di Cakap. Di sana, kamu bakal belajar bareng tutor lokal profesional secara live. Jadi, kalau bingung sama penjelasan tutornya, bisa langsung nanya, deh!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat