Bahasa Korea “Aku”, Lengkap dengan Contohnya

bahasa-korea-aku

Seperti halnya bahasa Indonesia yang mengenal lebih dari satu kata ganti “aku”, bahasa Korea juga mengenal beberapa kata ganti aku. Kata “aku” dalam bahasa Korea juga diatur perbedaan penggunaanya berdasarkan struktur kalimat, berupa subjek, objek, dan topik, lho.

Perbedaan penggunaan “aku” bahasa Korea sebagai subjek dan objek biasanya dilihat dari imbuhan yang mengikutinya. Makin penasarankan apa bahasa Koreanya aku? Without further ado, yuk langsung saja simak penjelasan berikut!

Bahasa Korea Aku

apa-bahasa-koreanya-aku
Photo by Genor from Pexels

Ada dua kata ganti aku dalam bahasa Korea. Keduanya dibedakan oleh tingkat formalitasnya. Let’s check this out!

저 (jeo)


Bahasa Koreanya “aku” yang pertama adalah 저 (jeo). Kata ganti ini biasanya digunakan dalam situasi formal. Kamu juga bisa menggunakan kata ganti aku dalam bahasa Korea ini kepada orang yang lebih tua atau orang yang dihormati.

Jika dicari padanan artinya dalam bahasa Indonesia, kata 저 (jeo) ini memiliki arti “saya”.

나 (Na)


Kamu sudah berkenalan dengan kata ganti “aku” bahasa Korea yang bersifat
formal, sekarang saatnya kamu mengenal kata ganti yang bersifat informal. Dalam situasi informal kamu bisa menggunakan 나 (na) sebagai kata ganti aku dalam bahasa Korea. Biasanya kata ganti ini digunakan saat kamu sedang melakukan percakapan bersama teman atau orang yang lebih muda darimu.

Kata 나 (na) tepat diartikan dengan kata “aku” dalam bahasa Indonesia.

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Bahasa Korea “Aku” sebagai Subjek

 

aku-bahasa-korea (2)
Photo by Duy from Pexels

Bahasa Korea “aku” sebagai subjek atau pelaku identik dengan pemberian partikel penanda subjek 가 (ga) setelah kata ganti. Sehingga 저 (jeo) dan 나 (na) keduanya menjadi 제가 (je ga) dan 내가 (nae ga). Jika diamati secara saksama, keduanya mengalami perubahan bentuk penulisan.

Contoh:
내가 도와줄게 
(naega dowajulge)
Aku akan membantumu.

Bahasa Korea “Aku” sebagai Objek

 

aku-bahasa-korea
Photo by Shamia from Pexels

Jika kata ganti bahasa Korea “aku” diposisikan sebagai objek, maka di akhir kata ganti diberi imbuhan penanda objek, yaitu 를(reul). Sehingga menjadi 저를 (jeo reul) dan 나를 (na reul).

Contoh:
나를 좋아해?
(nareul saranghae?)
Apakah (kamu) menyukai aku?

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Bahasa Korea “Aku” sebagai Topik

 

aku-dalam-bahasa-korea
Photo from Freepik

Penggunaan kata ganti aku dalam bahasa Korea selanjutnya adalah sebagai topik. Jika digunakan sebagai topik, maka imbuhan yang digunakan adalah -는 (neun). Sehingga menjadi 저는 (jeo neun) dan 나는 (na neun).

Contoh: 
저는 지금 너무 슬퍼요.
(jeoneun jigeum neomu seulpheoyo)
Saya sangat sedih sekarang .

Bahasa Korea “Aku” sebagai Penanda Milik

 

Photo by Mart from Pexels

Dalam bahasa Korea, kata “aku” sebagai penanda milik biasanya ditambah dengan imbuhan -의 (e). Sehingga menjadi 저의 (jeo-e) dan 나의 (na-e). Dalam bahasa Indonesia, kata ganti tersebut biasanya serupa dengan “-ku”.

Contoh: 
저의 가방
(jeo-e kabang)
Tas (milik) saya.

Gimana? Makin pahamkan penggunaan kata ganti aku dalam bahasa Korea? Nah, biar materi dan pemahaman bahasa Koreamu makin matang, yuk gabung di kursus bahasa Korea online Cakap. Di sana kamu akan belajar bareng teachers professional yang seru dan nggak bikin bosen!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

      #SiapaCakapDiaDapat