Mengenal 5 Jenis Kata Ganti dalam Bahasa Korea

kata ganti dalam bahasa korea

Kata ganti atau biasanya sering juga disebut dengan pronomina merupakan kata yang digunakan untuk mengganti nama orang atau benda. Kata ganti merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan, kehadirannya bisa menghindari pengulangan nama orang maupun benda. Setiap bahasa memiliki penyebutan kata ganti yang berbeda, begitupun dengan bahasa Korea. Lantas, apa saja ya kata ganti orang dan benda dalam bahasa Korea? 

Setelah sebelumnya belajar tentang kata ganti bahasa Jepang, kini saatnya mendalami materi kata ganti bahasa Korea. Hampir mirip dengan bahasa Indonesia, bahasa Korea mengenal 5 macam kata ganti yang menunjuk benda, orang, dan tempat. Untuk pemaparan lebih lanjut, simak ulasan berikut!

Kata Ganti Orang Pertama

kata ganti dalam bahasa korea

Kata ganti orang dalam bahasa Korea meliputi pronomina persona untuk orang pertama. Pronomina orang pertama digunakan untuk menunjuk atau menggantikan si pembicara. Kata ganti yang termasuk dalam golongan ini adalah saya (saya dalam bahasa Korea digunakan dalam ungkapan formal), aku (digunakan dalam ungkapan informal) kita dan kami (bahasa Korea untuk kata kita dan kami digunakan sebagai kata ganti orang pertama jamak). 

Bahasa Indonesia

Bahasa Korea

Saya 

저 (jeo)

Aku 

나 (na)

Kami

저희 (jeohwi)

Kita

우리 (uri)

Kata Ganti Orang Kedua

kata ganti dalam bahasa korea

Dalam bahasa Korea, kata ganti orang kedua juga terbagi atas dua macam, yaitu kata ganti orang kedua tunggal (Anda, kamu) dan kata ganti orang kedua jamak (kalian). 

Bahasa Indonesia

Bahasa Korea

Anda (formal)

당신 (dangsin)

Kamu (informal)

너 (neo)

Kalian

너희 (neohwi)

 

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Kata Ganti Orang Ketiga

kata ganti dalam bahasa korea

Kata ganti orang dalam bahasa Korea selanjutnya adalah kata ganti orang ketiga. Kata ganti yang termasuk ke dalam jenis ini adalah dia dan beliau (bahasa Korea dia dan beliau digunakan untuk kata ganti orang ketiga tunggal), mereka (untuk kata ganti orang ketiga jamak).

Bahasa Indonesia

Bahasa Korea

Beliau (formal)

그 분 (geu bun)

Dia (informal)

그 사람 (geu saram)

Mereka

그들 (geudeul)

Kata Ganti Penunjuk Tempat

kata ganti dalam bahasa korea

Setelah mengetahui tiga jenis kata ganti orang dalam bahasa Korea, saatnya mengetahui kata ganti untuk penyebutan tempat. Untuk menunjukkan kata ganti tempat, kamu bisa menggunakan kata sini (untuk menunjuk ke tempat pembicara berada), sana (untuk menunjuk tempat yang jauh dengan pembicara dan pendengar), situ (untuk menunjuk tempat yang jauh dengan pembicara namun dekat dengan pendengar).

Bahasa Indonesia

Bahasa Korea

Sini

여기 (yeogi)

Sana

저기 (jeogi)

Situ

거기 (geogi)

 

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Kata Ganti Penunjuk Benda

kata ganti dalam bahasa korea

Kata ganti dalam bahasa Korea yang terakhir adalah kata ganti penunjuk benda. Untuk menunjuk kata ganti benda, ada tiga cara yang bisa digunakan:

Kata ganti penunjuk benda untuk benda yang dekat dengan pembicara adalah
이것 (igeot). Dalam bahasa Indonesia, biasanya digunakan kata “ini”.

Kata ganti penunjuk benda untuk benda yang jauh dengan pembicara namun dekat dengan lawan bicara/pendengar adalah 그것 (geugeot).

Kata ganti penunjuk benda untuk benda yang jauh dengan pembicara dan pendengar adalah 저것 (jeogeot).

Catatan: saat kamu menggunakan kata ganti orang dalam bahasa Korea yang berbentuk formal, maka kamu juga harus memasangkannya dengan kata yang memakai partikel formal.

Itu dia beberapa kata ganti orang dalam bahasa Korea. Kamu bisa berlatih dan mencoba menggunakannya!

Materi seputar bahasa Korea menarik lainnya bisa kamu dapatkan di kursus bahasa Korea Cakap. Di sana kamu bisa belajar banyak hal, termasuk bahasa dan budayanya! Tunggu apa lagi? Yuk daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks