Dasar Kosakata Arah dalam Bahasa Korea dan Artinya

kosakata arah bahasa korea

Kosakata yang berkaitan dengan arah menjadi prioritas penting yang harus dihafal. Dalam bahasa Korea sendiri, terdapat beberapa kosakata yang bisa digunakan untuk menanyakan arah. So, kalau Sobat Cakap berkesempatan pergi ke Korea atau mungkin bertemu orang Korea di Indonesia, bisa memberikan sedikit penjelasan.

Salah satu pentingnya menanyakan arah bahasa Korea dan menghafal kosakata arah bahasa Korea adalah agar perjalananmu lancar dan tidak tersesat. Yuk langsung saja simak materi menarik berikut ini! Check this article out!

Daftar Kosakata Arah Bahasa Korea yang Harus Dihafal

Berikut beberapa list kosakata arah bahasa Korea yang bisa menjadi bekal perjalananmu agar tidak tersesat dan sampai tujuan dengan selamat.

Depan

Kosakata bahasa Korea untuk kata “depan” adalah “aph (앞)”. Untuk menunjuk “depan”, kamu harus memahami mengenai partikel yang mengikutinya. Jika “depan” yang dimaksud adalah posisi benda atau tempat, gunakan partikel -에. Namun, jika yang dimaksud adalah “ depan” pada tempat yang dikenai aktivitas, maka gunakan partikel -에서.

Contoh;

아파트는 슈퍼 앞에 있어요. (Apateuneun syupeo ape isseoyo.)
Apartemen berada di depan supermarket.

Belakang

Untuk menunjuk kosakata arah bahasa Korea ‘belakang’ gunakan kata dui (뒤). Kosakata tersebut juga dilengkapi dengan partikel atau sisipan.

Contoh; 

아파트는 병원 뒤에 있어요. (Apateuneun byeongwon dwie isseoyo.)
Apartemen berada di belakang rumah sakit.

Belok Kiri

Kosakata arah bahasa Korea yang satu ini termasuk sering digunakan. Jika kamu ingin menanyakan arah “belok kiri” dalam bahasa Korea, gunakan kata 좌회전 (jwahoejeon).

Contoh;

다음 교차로에서 좌회전해주세요 (da-eum gyochalo-eseo jwahoejeonhaejuseyo)
Silakan belok kiri di persimpangan berikutnya.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Belok Kanan

Pasangan dari “belok kiri” adalah “belok kanan”. Kosakata keduanya hampir-hampir mirip, untuk menyebut arah ‘belok kanan’ kamu bisa mengatakan 우회전 (uhoejeon).

Contoh;

두 번째 신호등에서 우회전해주세요
(du beonjjae sinhodeung-eseo uhoejeonhaejuseyo)
Silakan belok kanan di lampu merah kedua.

Lurus

Jika sedang menanyakan arah, kosakata arah bahasa Korea ini pasti sangat berguna dan sering terpakai. Jika kamu ingin menunjukkan arah “lurus” maka kamu bisa mengatakan 똑바로 (ttokbalo). 

Contoh;

똑바로 걸 으세요. 시장은 호텔 근처에 있습니다
(ttogbalo geol euseyo. sijang-eun hotel geuncheoe issseubnida)
Berjalanlah lurus. Pasar ada di dekat hotel.

Seberang

Kata seberang biasanya digunakan untuk menunjukkan tempat yang berada di hadapan kalian atau tempat yang berada di hadapan tempat lain. Untuk mengatakan “seberang” dalam bahasa Korea, kamu dapat menggunakan kata 건너편 (geonneophyeon). Biasanya kata ini diikuti oleh partikel -e (에).

Contoh;

병원은 은행 건너편에 있습니다.
(byeong-won-eun eunhaeng geonneopyeon-e issseubnida.)
Rumah sakit di seberang bank.

Samping

Kosakata arah bahasa Korea yang harus dihafal selanjutnya adalah “samping”. Kata yang bisa digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang ada di sebelah dalam bahasa Korea yaitu, yeoph (옆). Jika “samping” yang dimaksud adalah tempat, maka penggunaannya harus ditambah dengan partikel -e (에).

Contoh;

가게 옆에 공원이 있어요 (gage yeop-e gong-won-i iss-eoyo)
Ada taman di sebelah toko.

Antara

Saat akan menunjukkan letak sebuah tempat, biasanya digunakan juga kata “antara” artinya tempat tersebut berada di tengah-tengah. Kata yang digunakan untuk menyebut “di antara” dalam bahasa Korea adalah 사이 (sai).

Contoh;

우체국과 은행 사이에 공항이 있습니다.
(uchegug-gwa eunhaeng sai-e gonghang-i issseubnida)
Di antara kantor pos dan bank ada bandara.

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Kosakata Arah Mata Angin dalam Bahasa Korea

Kosakata arah bahasa Korea yang nggak kalah penting untuk dihafal adalah kosakata tentang arah mata angin. Setelah berkenalan dengan arah mata angin dalam bahasa Inggris, saatnya kamu pahami arah mata angin dalam bahasa Korea.

북(쪽) puk (jjok) → Utara

남(쪽) nam (jjok) → Selatan 

서(쪽) sô (jjok) → Barat

동 (쪽)  tong (jjok) → Timur

북동 (puk-dong) → Timur laut

북서 (puk-sô) → Barat laut

남서 (nam-sô ) → Barat daya

남동 (nam-dong) → Tenggara

Itu dia kosakata arah bahasa Korea yang paling dasar dan bisa dihafalkan dengan mudah. Tambah terus jumlah kosakata bahasa Korea-mu dan pelajari materi-materi bahasa Korea lainnya. Jika ingin belajar bahasa Korea-mu lebih efektif dan produktif, kamu bisa ikutan kursus online bahasa Korea di Cakap. Bersama pengajar berpengalaman dan profesional, belajar bahasa Korea jadi lebih mudah. Dan menariknya, kamu juga bisa mendapatkan e-book bahasa Korea gratis! Dijamin belajar jadi lebih mudah dan ngobrol pakai bahasa Korea jadi makin pede! Yuk daftar Cakap sekarang!

Baca Juga;

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat