7 Taman Bermain Anak di Jakarta yang Bisa Dikunjungi Gratis

taman-bermain-anak-di-jakarta

Kehabisan ide untuk mengisi kegiatan libur weekend bersama anak dan keluarga kecil? Tenang Moms, Jakarta tidak pernah kehabisan ruang untuk anak-anak dapat bermain dan belajar di waktu yang bersamaan. Salah satu ide terbaik agar anak tidak mudah jenuh saat weekend tiba, adalah mengunjungi taman bermain anak.

Moms & Dads bisa lho sesekali mengajak mereka untuk menjajaki satu persatu taman bermain anak di daerah Jakarta. Yuk, cek 10 daftar taman bermain anak yang bisa kalian kunjungi! Kira-kira ada nggak ya taman bermain yang paling dekat dengan rumah Moms & Dads?

Table of Contents

Apa Itu Taman Bermain Anak?

Taman bermain anak atau children playground outdoor adalah tempat yang dirancang khusus di mana anak-anak dapat bermain dengan bebas untuk memperoleh keriangan, kesenangan, dan kegembiraan. Di taman bermain, ada banyak wahana permainan yang disediakan. Sehingga anak-anak bisa mencoba permainan apa pun yang mereka inginkan. 

Aktivitas bermain di playground tentunya tidak hanya membuat anak bersenang-senang. Dengan bermain di taman bermain, anak bisa mengembangkan keterampilan dan meningkatkan sifat kompetitif anak. Taman bermain menjadi sarana bagi anak untuk mengembangkan kemampuan sosial, kognitif, fisik, dan emosional.

Daftar Taman Bermain Anak di Jakarta

Berikut inilah beberapa taman bermain favorit di Jakarta dan sekitarnya. 

(1) Tebet Eco Park

Taman bermain anak di Jakarta yang pertama adalah Tebet Eco Park atau TEP. Taman ini terletak di Tebet, Jakarta Selatan. Selain memiliki Children Playground, taman ini memiliki 7 zona lainnya, yaitu Community Garden, Wetland Boardwalk, Infinity Link Bridge, Plaza, Community Lawn, Thematic Garde, dan Forest Buffer. Wah lengkap banget bukan?

Informasi Lainnya:

  • Alamat lengkap: Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan
  • Biaya masuk: gratis
  • Jam operasional: 8 AM- 5 PM


(2) Taman Delonix

Dari Jakarta Selatan bergeser ke Jakarta Timur. Delonix adalah salah satu taman bermain anak yang menarik untuk dikunjungi. Di sana ada banyak wahana bermain yang terbuat dari ban bekas. Tidak hanya itu, di Taman Delonix juga ada lapangan futsal yang cukup luas lho. Banyaknya pepohonan dan rumput-rumput liar, membuatmu dimanjakan dengan hamparan yang serba hijau. Pokoknya lumayanlah buat cuci mata di tengah hiruk pikuk ibu kota.

Informasi Lainnya:

  • Alamat lengkap: Jl. Tipar, RT.2/RW.7, Pekayon, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur
  • Biaya masuk: gratis
  • Jam operasional: 6 AM- 5 PM


(3) One Satria

Taman bermain anak di Jakarta yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi adalah One Satria. Taman yang mengusung tema “breathable space” tidak hanya menyediakan area bermain anak yang variatif, di Taman One Satria ini Moms & Dads juga bisa menghabiskan waktu di Central Garden. Bahkan ada pet park-nya juga lho.

Informasi Lainnya:

  • Alamat lengkap: Jl. Prof. DR. Satrio No.1-3, RT.5/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan
  • Biaya masuk: gratis
  • Jam operasional: 6 AM- 10 PM


(4) Taman Sambas Asri

Masih di daerah Jakarta Selatan, ada taman bermain anak yang memiliki banyak fasilitas. Tidak hanya memiliki wahana bermain ramah anak, di Taman Sambas Asri ada juga lapangan multi fungsi dan taman, cocok juga untuk jogging track.

Informasi Lainnya:

  • Alamat lengkap: Panglima Polim St, RT.2/RW.5, Kramat Pela, Kebayoran Baru, South Jakarta City
  • Biaya masuk: gratis
  • Jam operasional: buka 24 jam, namun lebih baik berkunjung pada 6 AM- 5 PM

 

(5) Taman Humaniora

Ingin pergi ke taman bermain anak dengan konsep modern dan instagramable? Taman Humaniora jawabannya! Sambil menemani anak bermain di playground, Moms & Dads bisa membaca buku di ruang baca yang disediakan di Taman Humaniora. Tidak hanya itu, ada berbagai macam fasilitas olahraga juga, lho.

Informasi Lainnya:

  • Alamat lengkap: RT.2/RW.4, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur
  • Biaya masuk: gratis
  • Jam operasional: 6 AM- 5 PM


(6) The Playground Kemang

Taman bermain yang satu ini nggak usah ditanya lagi deh fasilitasnya. Selain ada mainan perosotan dan jungkat-jungkit, di sana juga taman wisata air dan area bermain pasir. Anak-anak juga pasti betah kalau main di The Playground Kemang. Taman ini juga disewakan untuk perayaan ulang tahun anak.

Informasi Lainnya:

  • Alamat lengkap: l. Kemang Dalam III No.B6, RT.4/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan
  • Biaya masuk: Rp.35.000 – Rp.90.000
  • Jam operasional: 8 AM- 5.30 PM


(7) Taman Menteng

Last but not least ada Taman Menteng. Tidak hanya memiliki area playground dan jadi taman ramah anak, Taman Menteng ini juga cocok untuk dijadikan tempat refreshing keluarga lho. Di sana ada banyak fasilitas menarik, seperti rumah kaca, tempat nongkrong, bookhive, jalur jogging, dan masih banyak lagi.

Informasi Lainnya:

  • Alamat lengkap: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
  • Biaya masuk: gratis
  • Jam operasional: 5 AM- 10 PM

So, itu dia 7 rekomendasi taman bermain anak yang ramah untuk dijadikan tempat refreshing bagi anak dan parents. Buat kalian yang minggu ini belum ada rencana ke mana-mana, bisa banget nih untuk coba kunjungi salah satu dari 7 taman bermain di atas!

Selain bermain, Moms & Dads juga bisa lho mengarahkan si Kecil untuk mengikuti kegiatan yang lebih produktif dan bermanfaat. Yuk, ajak dan daftarkan anak untuk mengikuti Cakap Kids Academy! Di sana anak bisa belajar bahasa asing dengan format kelas offline! Tunggu apa lagi, daftar sekarang karena #SiapaCakapDiaDapat!  

Referensi:

  • Jakarta.tourisme.co.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.