12 Kegiatan Seru untuk Mengisi Libur Sekolah Lebih Produktif

kegiatan-libur-sekolah-akhir-tahun

Libur sekolah merupakan momen yang paling banyak ditunggu oleh banyak orang, terutama para pelajar dan mahasiswa. Di liburan yang cukup panjang, kamu perlu melakukan kegiatan menyenangkan sekaligus bermanfaat agar hari-hari liburmu tidak cepat membosankan. Kamu juga bisa melakukan hal-hal baru yang ingin kamu coba, lho. Berikut merupakan rangkuman kegiatan saat libur sekolah pertengahan atau akhir tahun yang bisa kamu lakukan nanti. Let’s check it out!

Table of Contents

Kegiatan Saat Libur Sekolah

Dalam satu tahun, para siswa dan mahasiswa biasanya diberi waktu liburan dua kali, yaitu di pertengahan tahun (semester genap) dan di akhir tahun (semester gasal). Untuk mengisi hari libur kamu tentunya perlu melakukan kegiatan yang seru dan menyenangkan, berikut merupakan rekomendasi rencana kegiatan saat libur sekolah yang bakal bikin liburan makin seru!

(1) Traveling Bareng Keluarga

Setelah lelah dengan segala kegiatan sekolah ataupun pekerjaan, di liburan sekolah ini kamu bisa memanfaatkannya untuk healing. Kamu bisa menyusun rencana atau membuat list tempat yang ingin kamu kunjungi agar kamu tidak bingung dan liburanmu bisa terorganisir dengan baik.

Beberapa rekomendasi tempat traveling terbaik yang bisa dikunjungi adalah pantai, taman bunga, kebun teh, atau bila perlu kamu juga bisa jalan-jalan ke luar kota.

(2) Pergi Ke Museum

Kamu bisa memanfaatkan waktu libur kamu untuk bertemu dengan teman atau sahabat untuk sekedar menghabiskan waktu bersama. Tak melulu nongkrong di kafe atau pergi ke mall, sesekali kamu juga bisa coba pergi ke museum. Kamu bisa berfoto di museum sekaligus menambah pengetahuan dan inspirasi.

Kalau kamu berasal dari wilayah jabodetabek, berikut beberapa rekomendasi museum yang bisa kamu kunjungi;

  • Museum Sejarah Jakarta
  • Museum Macan
  • MOJA Museum
  • Museum 3D Kota Tua

Atau jika kamu ingin melipir sedikit ke wilayah DIY, kamu bisa mengunjungi Museum Ullen Sentalu.

(3) Berkemah

Kegiatan saat libur sekolah yang tak kalah seru adalah berkemah, terutama bagi kamu yang suka dengan alam. Kamu bisa menghirup udara segar, merasakan hangat matahari pagi, masak, sampai melihat bintang di tempat kamu berkemah.

Apalagi sekarang ini ada banyak rekomendasi tempat camping berbayar yang sangat unik dan menarik, mulai dari camping di tengah hutan hingga camping di dekat perkebunan teh juga sangat banyak. 

Salah satu yang paling populer saat ini adalah glamping. Kamu bisa mengajak teman atau orang tuamu untuk glamping bersama-sama di daerah Bogor atau Bandung. Seru banget, bukan?

(4) Membuat DIY (do it yourself) di Rumah

Untuk kamu yang ingin mengasah kreatifitas, membuat DIY bisa menjadi aktivitas yang seru saat libur sekolah maupun libun akhir tahun nanti lho. DIY sendiri merupakan aktivitas memodifikasi atau membuat berbagai benda yang dilakukan sendiri. Ada banyak kreasi DIY yang bisa kamu coba, mulai dari kerajinan tangan, pakaian, hingga perabot rumah. Kamu juga bisa memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai sebagai bahan pembuatan DIY lho.

(5) Berkebun di Rumah

Bagi kamu yang suka tanaman, berkebun di rumah merupakan kegiatan yang harus kamu coba saat liburan sekolah tiba. Kamu bisa menanam berbagai jenis sayuran, bunga-bunga atau bahkan tanaman toga.

Jika kamu ingin berkebun dan menanam sayur, kamu bisa menanam beberapa sayuran hidroponik, seperti;

  • Selada
  • Bayam
  • Pakcoy
  • Sawi 

Nah, buat kamu yang hobi mengoleksi tanaman hias, kamu juga bisa mengisi waktu libur sekolahmu dengan berkebun dan menanam tanaman berikut;

  • Lili paris
  • Bunga bougenville
  • Tanaman palem
  • Monstera
     

(6) Memasak

Siapa nih yang suka masak dan makan? Pas banget kalau gitu, kamu bisa memanfaatkan hari libur untuk memasak. Kamu bisa memasak apa yang kamu mau. Kamu juga bisa mencoba resep baru, seperti memasak makanan Jepang dan makanan China

Berikut beberapa rekomendasi makanan China yang bisa kamu masak di rumah. Makanan-makanan ini juga sangat populer di Indonesia, lho;

  • Kwetiau
  • Chow mein
  • Ayam kung pao
  • Spring roll
  • Jian bing

Jika terus ditekuni, memasak juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Kamu bisa membuka usaha kecil-kecilan di rumah atau bahkan catering.

(7) Menikmati Hobi

Libur sekolah merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu bagi semua orang. Karena dengan begitu, artinya kamu bisa bebas dan punya lebih banyak waktu untuk sekedar bisa melakukan hobi kamu, terutama bagi kamu yang punya hobi melakukan kegiatan outdoor seperti memancing, mendaki, dan lain-lain. Di liburan nanti kamu bisa melakukan tanpa terburu-buru kan? Tapi tetap ingat keamanan juga, ya.

rencana-libur-sekolah-akhir-tahun
rencana-libur-sekolah-akhir-tahun

Kegiatan Produktif saat Libur Sekolah

Selain melakukan kegiatan seperti yang disebutkan di atas, kamu juga bisa melakukan kegiatan produktif lainya, lho. Berikut merupakan beberapa contoh rencana liburan seru dan bermanfaat yang bisa kamu jadikan inspirasi saat libur sekolah.

(1) Membuat Plan Kegiatan Selama Liburan

Banyak di antara kita terkadang malah bingung ingin melakukan kegiatan apa saat liburan. Atau justru karena banyaknya rencana malah kamu melupakan kegiatan yang sudah kamu ingin lakukan sejak lama. Untuk mengatasinya kamu bisa membuat rencana atau to do list kegiatan yang ingin atau harus kamu lakukan.

Misalnya, jika liburan jatuh di semester gasal, kamu memiliki jatah libur 2-3 minggu. Nah, di situ kamu bisa membuat jadwal kegiatan harian atau bahkan mingguan yang bisa kamu lakukan. Agar lebih teratur dan terencana, kamu juga bisa lho menambahkan nama-nama orang yang akan melakukan kegiatan tersebut bersamamu.

(2) Upgrade Skill

Walaupun sedang menikmati libur, kamu juga tetap bisa produktif dengan melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan skill. Kamu bisa belajar bahasa asing lewat video, mengikuti webinar yang bisa meng-upgrade skill, atau kamu juga bisa belajar hal-hal baru yang ingin kamu coba. Pokoknya jangan biarkan liburanmu berlalu dengan sia-sia ya, Sobat Cakap!

(3) Membaca Buku

Tetap sempatkan membaca buku ya, nggak melulu buku pelajaran kok. Kamu bisa baca buku jenis lainnya, seperti novel-novel sastra, komik, ensiklopedia, biografi, dan buku-buku lain yang ingin kamu baca. Kalau baca buku sendirian terasa membosankan, kamu juga bisa tuh cari perpustakaan terdekat dan coba eksplor buku-buku baru di sana.

Kalau kamu berasal dari Jakarta, kamu bisa mengunjungi beberapa perpustakaan umum berikut;

  • Perpustakaan Jakarta
  • Perpustakaan Erasmus Huis
  • Perpustakaan Freedom
  • Baca Di Tebet
  • Perpusnas

     

(4) Olahraga

Untuk bisa melakukan semua rencana kegiatan libur sekolah akhir tahun, kamu tidak boleh melupakan olahraga agar tetap sehat dan bugar. Kamu bisa melakukan workout atau olahraga ringan di rumah dengan melihat video- video latihan workout di channel youtube.

(5) Membantu Orang Tua

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah membantu orang tua, di waktu libur tentunya kamu lebih banyak punya waktu di rumah. Hal paling sederhana yang bisa dilakukan adalah kamu bisa bantu beres-beres rumah dan meringankan pekerjaan orang tua lainnya. Atau kamu juga bisa banget mendekor atau menghias rumah, hingga mencoba resep kue-kue terbaru bersama ibu. 

Kapan Libur Sekolah Tiba?

Setelah punya rencana kegiatan libur sekolah, tentunya kamu harus tahu kapan sih libur sekolah itu tiba?

Untuk libur semester gasal/ganjil, biasanya jatuh pada pertengahan bulan Desember hingga awal tahun. Sedangkan libur sekolah semester genap biasanya jatuh pada bulan Juni/Juli.

Nah, berikut ini jadwal libur sekolah semester genap 2023 berdasarkan edaran kalender akademik yang berlaku untuk siswa SD, SMP, dan SMA tahun ajaran 2022/2023 di beberapa provinsi di Indonesia.

  1. DI Yogyakarta libur sekolah tanggal 23 Juni-7 Juli 2023
  2. DKI Jakarta libur sekolah tanggal 28 Juni-8 Juli 2023
  3. Jawa Barat libur sekolah tanggal 26 Juni-15 Juli 2023
  4. Jawa Tengah libur sekolah tanggal 26 Juni-15 Juli 2023
  5. Jawa Timur libur sekolah tanggal 26 Juni-15 Juli 2023
  6. Banten libur sekolah tanggal 24 Juni-15 Juli 2023
  7. Bali libur sekolah tanggal 26 Juni-8 Juli 2023
  8. Nusa Tenggara Barat libur sekolah tanggal 19 Juni-13 Juli 2023
  9. Nusa Tenggara Timur libur sekolah tanggal 26 Juni-15 Juli 2023

Dengan melakukan berbagai kegiatan saat liburan, selain menyenangkan tentunya juga kamu bisa memperkaya pengalaman dari hal yang sudah dilakukan. Happy holiday ya, Sobat Cakap!

Referensi:
-id.theasianparent.com
-grid.id

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.