Contoh To Do List yang Efektif dan Cara Membuat yang Mudah

to-do-list-artinya

Jadwal kegiatan yang padat terkadang membuat orang kelimpungan membagi waktu untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang menjadi prioritas tanpa adanya distraksi. Selain menggunakan teknik pomodoro, to do list menjadi salah satu opsi menarik yang bisa diaplikasikan oleh para pelajar atau pekerja yang ingin mengatur jadwal tugas harian agar tetap tertata dan selesai tepat waktu. Di artikel ini, kita akan membahas tentang to do list dan artinya, serta tips membuat to do list dan contohnya. So, stay tuned, ya!

Table of Contents

Apa Itu To Do List?

Secara sederhana to do list artinya daftar tugas yang perlu diselesaikan atau hal-hal yang ingin dilakukan oleh seseorang. Dalam to do list, tugas-tugas yang ingin diselesaikan biasanya diurutkan berdasarkan skala prioritas dan urgensi.

To do list biasanya ditulis dalam dua cara, baik tradisional menggunakan tulis tangan maupun cara modern yang menggunakan bantuan perangkat lunak. Seiring berkembangnya teknologi, banyak orang beralih cara pembuatannya. Dari yang dulunya ditulis di selembar memo, hingga sekarang mereka lebih memilih membuat to do list praktis di Spreadsheet Excel maupun Microsoft to do.

Jenis-Jenis To Do List

Ada beberapa tipe pembuatan to do list. Kamu bisa memilih satu di antara beberapa pilihan di bawah ini dalam membuat to do list yang paling cocok untukmu.

(1) Daily List

Dimulai dari daily list atau daftar kerja harian. Biasanya berisi tugas paling penting dan krusial untuk satu hari tertentu. To do list ini dibuat di pagi hari dan di-review ulang di sore hari. Umumnya, daftar ini pendek hanya berisi tiga hingga lima task prioritas saja. Untuk membuat daily list, kamu bisa mencari contoh to do list harian di mesin pencari.

(2) Weekly List

Weekly list atau daftar mingguan merupakan tugas yang harus diselesaikan oleh seseorang dalam kurun waktu satu minggu ke depan. To do list ini biasanya dibuat di awal Minggu, baik minggu malam maupun Senin pagi.

(3) Monthly List

Ketika kamu membuat jenis to do list yang satu ini, maka berarti kamu menuliskan daftar kerja atau kegiatan harian dalam satu bulan. Kamu bisa membuatnya di awal bulan, tepat pada tanggal 1, bulan yang dituju. 

(4) The 100 Day To Do List

Ini adalah rencana triwulan dengan prioritas yang dipilih untuk kegiatan selama tiga bulan mendatang. 100 hari menjadi angka yang sempurna untuk membuktikan diri dan refleksi akan pencapaian penting yang diinginkan.

(5) Vision List

Yang terakhir ada vision list atau daftar visi. Daftar ini terdiri dari hal-hal yang ingin kamu lakukan dalam hidup. Daftar keinginan yang ada di vision list ini haruslah daftar kegiatan yang mampu menginspirasi dan memberikan semangat dalam menyelesaikan impian hidup yang setinggi mungkin.

Manfaat Membuat To Do List

Salah satu alasan penting kenapa kamu harus membuat to do list adalah beragam manfaat yang bisa didapat. Ketika kamu membuat to do list kamu bisa mendapatkan beberapa hal positif berikut ini:

(1) Meningkatkan Produktivitas

Dengan jadwal kegiatan tertulis, memungkinkan kamu untuk memprioritaskan tugas-tugas penting. Sehingga tidak ada celah bagi kamu untuk membuang waktu secara sia-sia. To do list akan membantumu tetap produktif dan fokus pada tugas yang harus kamu lakukan.

(2) Meningkatkan Daya Ingat

Dalam menjalankan aktivitas atau pekerjaan, terkadang orang-orang terdistraksi dan lupa akan hal-hal yang sebenarnya penting. To do list berfungsi sebagai bantuan memori eksternal yang bisa menyimpan informasi dan tugas yang harus dikerjakan. So, dengan adanya to do list, kecil kemungkinan kamu akan melupakan sesuatu.

(3) Membantu Meningkatkan Motivasi Diri

Orang yang memiliki daftar tugas atau hal-hal yang harus diselesaikan cenderung memiliki motivasi tinggi untuk memperjelas dan mencapai tujuannya. Dalam hal ini, kamu bisa membuat list jangka pendek dan list jangka panjang yang ingin dilakukan. Selebihnya, centang satu persatu daftar yang sudah berhasil kamu lakukan, dengan begitu kamu akan lebih percaya diri dan termotivasi untuk menyelesaikan visi selanjutnya.

Cara Membuat To Do List

Buat kamu yang nggak pernah atau baru akan membuat to do list, ikuti tips-tips berikut, yuk!

(1) Catat Kegiatan yang Ingin Dilakukan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat membuat to do list adalah mencatat seluruh kegiatan yang ingin dilakukan pada hari, minggu, atau bulan tertentu. Setelah mencatat seluruh kegiatan, selanjutnya atur skala prioritas. Pilih kegiatan atau pekerjaan yang harus dilakukan terlebih dahulu dibandingkan yang lain. 

(2) Atur Jam dan Lamanya Waktu Kegiatan

Cara membuat to do list yang kedua adalah mengatur jam dan lamanya waktu kegiatan. Di sini kamu bisa memperkirakan jam dan lamanya waktu pengerjaan tugas/kegiatanmu. Jangan lupa untuk menyisipkan jam dan waktu istirahat juga di sela-sela kegiatanmu.

(3) Buat To Do List di Hari Sebelumnya

To do list alangkah baiknya dibuat sehari sebelumnya. Apa yang akan kamu rencanakan esok hari, alangkah baiknya untuk dibuat to do list-nya hari ini. Jadi, kamu sudah lebih siap dan tenang untuk melakukan daftar kegiatan untuk besok.

(4) Buat To Do List dengan Aplikasi

Untuk lebih memudahkanmu dalam membuat to do list, kamu bisa menggunakan aplikasi khusus di smartphone maupun perangkat komputermu. Beberapa aplikasi to do list yang cukup terkenal adalah IKE, I Remember, dan Remember The Milk. Atau jika kamu masih ingin menulis to do list secara manual, kamu bisa menggunakan kertas memo. 

Agar to do list makin sempurna, pastikan kamu memberi tanda ceklist pada kegiatan atau pekerjaan yang sudah kamu lakukan. 

Contoh To Do List Harian

Setelah mengetahui to do list dan artinya, biar makin paham yuk simak contoh to do list harian berikut ini!

(1) Contoh To Do List Harian untuk Pelajar

To Do List Sabtu 2 Desember 2023

Waktu

Ceklist

Mengerjakan essay Bahasa Inggris

09.00 s.d 11.00

 

Mengerjakan PR Fisika hlm. 99

13.00 s.d 14.00

 

Belajar untuk ulangan Sejarah hari Senin

19.00 s.d 20.00

 

Membereskan meja belajar

20.00 s.d 20.15

 

 

(2) Contoh To Do List Harian untuk Employee

To Do List Senin 4 Desember 2023

Waktu

Ceklist

Membuat report mingguan

08.00 s.d 09.00

 

Mengumpulkan data peserta quiz

09.00 s.d 09.30

 

Membuat artikel tema study abroad

10.00 s.d 14.00

 

Istirahat dan makan siang

12.00 s.d 13.00

 

Membuat copy push notification

14.00 s.d 14.30

 

Memantau Google Analytics

15.00 s.d 16.00

 

So, sekarang kamu sudah tahukan to do list artinya apa? Melalui penjelasan di atas, kamu juga dapat memahami manfaat dan cara membuat to do list yang baik dan benar. Mulai sekarang, yuk mulai mencatat jadwal kegiatan atau kerja harian!

Referensi:
-g2.com
-checkify.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.