Tips dan Cara Agar Produktif Setiap Hari, Bukan Cuma “Sibuk”!

cara agar produktif
Photo by Ivan Samkov from Pexels

Apakah Sobat Cakap pernah merasa seperti merasa selalu sibuk, tapi kok ternyata tidak menghasilkan atau menyelesaikan apa-apa? Jika iya, maka kamu mungkin termasuk orang yang sekadar sibuk tetapi tidak produktif. Lalu gimana sih cara agar produktif setiap hari  dan bisa menyelesaikan tugas atau pekerjaan secara efisien? 

Sebelum masuk pada tips produktif tersebut, kita akan terlebih dahulu membahas tentang apa itu produktif dan bedanya dengan sekadar sibuk. Kita juga akan mengulas sedikit tentang bagaimana ciri-ciri atau tanda bahwa kamu produktif. Bagi Sobat Cakap yang merasa kurang produktif, simak terus artikel ini sampai akhir, ya!

Apa Itu Produktif?

Produktif adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seberapa banyak hasil yang diperoleh seseorang dari waktu yang mereka lakukan. Orang yang produktif mampu menyelesaikan banyak tugas dan mencapai tujuannya dengan efisien. 

Sementara itu, orang yang tidak produktif mungkin merasa tidak pernah selesai dan tidak mencapai banyak hal dalam waktu yang sama. Mereka mungkin akan selalu terlihat bekerja dan sibuk tetapi pekerjaan tetapi tidak menghasilkan apapun. 

Perbedaan Produktif dan Sibuk

Jika sekadar “sibuk”, seseorang mungkin akan terlihat banyak kegiatan dan selalu sibuk, tetapi tidak begitu menghasilkan atau mencapai tujuannya. Sementara itu, produktif adalah ketika seseorang mampu menyelesaikan banyak tugas dan mencapai tujuannya dengan efisien, meskipun mungkin tidak selalu terlihat sibuk.

Biar Sobat Cakap semakin punya gambaran, berikut adalah tabel tanda produktif yang membedakan orang produktif dengan yang sekadar “sibuk”. 

Produktif Sibuk
Tidak selalu terlihat sibuk, kadang terlihat santai Selalu banyak kegiatan dan terlihat sibuk
Memiliki jadwal yang teratur Cenderung spontan dan tidak memiliki jadwal
Selalu menyelesaikan tugas atau pekerjaan Selalu keteteran dalam menyelesaikan tugas dan sering terlambat
Tidak menunda-nunda pekerjaan Sering menunda-nunda pekerjaan
Tidak mudah terdistraksi saat bekerja Mudah terdistraksi saat sedang bekerja
Cenderung positif dan terbuka terhadap ide baru dan pengembangan diri Tidak memiliki sikap positif serta tidak tertarik untuk ide baru dan pengembangan diri. 

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Tips dan Cara Agar Produktif

Setelah mengetahui apa sih produktif itu serta apa tanda atau ciri-cirinya di atas, lanjut bagaimana cara agar produktif, yuk! Berikut adalah langkah-langkah yang kamu perlu lakukan agar menjadi orang yang produktif:

1. Tentukan tujuan 

Menentukan tujuan yang jelas akan membantumu untuk mengalokasikan waktu dan sumber daya secara efektif. Tujuan yang spesifik dan terukur akan membantu untuk mengukur kemajuan dan memberimu motivasi untuk terus bekerja keras.

2. Batasi distraksi 

Distraksi dapat menyebabkanmu kehilangan fokus dan menurunkan produktivitas. Cobalah untuk membatasi distraksi seperti browsing internet, mengecek ponsel terlalu sering, atau ngobrol terlalu banyak dengan orang lain saat sedang bekerja.

3. Jadwalkan keseharian

Menjadwalkan atau manajemen waktu untuk menyelesaikan pekerjaan akan membantu untuk mengelola waktu dengan lebih efektif dan efisien. Kamu bisa mulai dari membuat jadwal harian atau mingguan dan pastikan untuk memasukkan waktu untuk istirahat, olahraga, dan kegiatan sosial.

4. Istirahat dengan cukup

Istirahat yang cukup akan membantumu untuk tetap fokus dan produktif. Pastikan untuk istirahat secara teratur dan cukup tidur setiap malam, ya! Saat merasa lelah, cobalah untuk beristirahat dengan berjalan-jalan atau membaca buku untuk menyegarkan kembali pikiran. 

5. Buat to-do list

Sebelum memulai pekerjaan, cobalah untuk menuliskan terlebih dahulu apa saja yang harus diselesaikan pada hari itu. Hal ini akan membantumu untuk menentukan skala prioritas dan fokus pada pekerjaan yang lebih membutuhkan perhatian lebih. 

6. Lakukan satu tugas pada satu waktu

Mencoba untuk melakukan terlalu banyak pekerjaan sekaligus akan membuatmu kelelahan dan tentunya menurunkan produktivitas. Fokuslah pada satu pekerjaan pada satu waktu sehingga kamu bisa menyelesaikannya dengan lebih efisien. 

7. Belajar untuk mengatakan tidak

Faktor lain yang juga dapat mengganggu produktivitas adalah ketika kamu menerima terlalu banyak pekerjaan sehingga jadwalmu berantakan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menolak pekerjaan jika memang kamu tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikannya. 

Selain menerapkan tips di atas, cara agar produktif juga bisa dilakukan dengan menambah hal-hal positif untuk pengembangan dirimu. Misalnya dengan mengambil kursus online untuk meningkatkan produktivitas sesuai bidang keahlian di Cakap Upskill. Yuk, intip kursus yang paling cocok untukmu! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • djkn.kemenkeu.go.id
  • medium.com
  • blog.superhuman.com

Baca juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Pelajari Sales & Marketing, Leadership, Hingga Customer Service Untuk Tingkatkan Potensi Penjualan

Subcribe untuk Dapatkan Artikel Upskill lengkap

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap