Manajemen Waktu: Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya Agar Produktif

tips manajemen waktu

Siapa sih yang enggak pernah dengar istilah bahasa Inggris terkenal, “time is money”? Nah, lewat pepatah itu kita bisa belajar bahwa waktu yang kita gunakan harus produktif agar tidak melewatkan berbagai kesempatan.

Caranya gimana supaya kita produktif? Jawabannya yaitu manajemen waktu! Jangan salah, manajemen waktu adalah keterampilan yang tidak mudah lho, tapi kamu nggak usah khawatir karena keterampilan ini masih bisa diasah. Sebelum makin jauh, kenalan dulu yuk sama manajemen waktu!

Apa itu Manajemen Waktu?

Manajemen waktu adalah suatu proses yang dilakukan secara sadar oleh seseorang untuk mengelola waktunya dalam menjalani suatu kegiatan. Proses tersebut dilakukan agar waktu yang dihabiskannya menjadi lebih efektif dan efisien.

Manajemen waktu adalah salah satu cara agar lebih produktif. Ini banyak dikaitkan dengan dunia bisnis karena memang manajemen waktu diperlukan oleh para pengusaha untuk mengoptimalkan aktivitas bisnis. Meski begitu, keterampilan ini sebenarnya juga penting untuk dimiliki setiap orang lho, guys!

Manfaat Manajemen Waktu

Memiliki skill manajemen waktu yang baik itu manfaatnya banyak banget, lho. Mulai dari pekerjaanmu yang cepat selesai atau bahkan kamu bisa memiliki waktu istirahat lebih banyak juga. Ini dia beberapa manfaat manajemen waktu!

Efisiensi Pekerjaan

Jika kamu dapat memanage waktu dengan baik maka waktu yang kamu habiskan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan bisa jadi lebih efisien. Dengan begitu kamu bisa membagi waktu untuk hal lain diluar dari pekerjaanmu.

Mengurangi stress

Pekerjaan yang menumpuk bisa menyebabkan stress pada diri kita. Buruknya lagi kalau kita stress, hasil pekerjaan kita tidak maksimal. Maka dari itu manajemen waktu kamu perlukan biar hati tenang dan hasil pekerjaanmu bisa memuaskan.

Tujuanmu Tercapai

Sebagai manusia kita pasti memiliki tujuan atau target hidup, misal seperti target membeli rumah pada usia 30 tahun, mengikuti perlombaan internasional, dan lain sebagainya. Hal itu bisa tercapai dengan manajemen waktu karena tujuanmu menjadi lebih terstruktur dan terarah sehingga memudahkanmu dalam mengambil langkah atau keputusan. 

Dampak Manajemen Waktu yang Buruk

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang manfaat manajemen waktu, kini kamu juga harus tau apa sih dampak buruk yang bisa terjadi kalau kamu lalai dalam mengatur waktu? Berikut di antaranya.

1. Terburu-buru

Apakah kamu sering mengerjakan sesuatu dengan terburu-buru karena sudah mepet deadline? Nah inilah salah satu dampak buruk karena kamu tidak punya manajemen waktu yang tepat. Cobalah untuk mengerjakan sesuatu jauh-jauh hari. 

Kamu bisa nyicil pekerjaan sedikit demi sedikit. Selain itu jangan terlalu menuruti ambisimu yang tidak realistis ya, ambil pekerjaan yang memang sesuai dengan kemampuanmu.

2. Kurang Istirahat

Memiliki manajemen waktu yang buruk artinya kamu juga akan mengalami waktu tidur yang berantakan. Kenapa begitu? Jika kamu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dan harus lembur tentu waktu istirahatmu akan tersita. Hal ini pasti tidak baik juga buat kesehatanmu. 

3. Pekerjaan Jadi Tertunda

Apakah kamu tipe orang yang sering menunda pekerjaan dan akhirnya malah numpuk? Eits, ini berarti kamu tidak memiliki manajemen waktu yang baik. Terkadang memang sangat malas rasanya untuk memulai sesuatu. Tapi, jika kamu sudah memiliki niat penuh dan memulainya, pastikan kamu juga menyelesaikannya, ya!

4. Tidak Tepat Waktu

Tidak tepat waktu dalam segala hal adalah dampak buruk dari manajemen waktu selanjutnya. Ketika tidak bisa mengatur waktu dengan baik, kamu pasti akan sering telat pergi ke kantor, sekolah, atau di segala acara apa pun itu. 

5. Tidak Mencapai Work Life Balance

Pernahkah kamu mendengar istilah work life balance? Ya, salah satu cara untuk mencapai work life balance adalah dengan memiliki manajemen waktu yang baik. 

Kenapa begitu? Karena jika pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu, kamu akan mempunyai waktu lebih untuk bersenang-senang deh! Dengan begitu, kamu juga akan terhindar dari stres.

Tips Manajemen Waktu

Gimana sih cara manajemen waktu yang tepat biar kamu punya lebih banyak waktu untuk produktif? Dalam sehari kita memiliki 24 jam, umumnya 8 jam untuk kerja dan 8 jam untuk tidur. Simak tips berikut ini untuk mengetahui cara memanfaatkan waktu tersebut dengan baik.

1. Buat Tujuan Jangka Pendek dan Panjang

Agar menjadi lebih produktif, maka kamu perlu menentukan tujuan jangka pendek dan panjang. Untuk tujuan jangka pendek, kamu bisa tentukan apa saja yang mau kamu lakukan selama enam bulan atau satu tahun ke depan. Sedangkan untuk jangka panjang, kamu bisa tentukan untuk lima tahun ke depan.

2. Tentukan Skala Prioritas

Setelah kamu memastikan tujuan jangka pendek dan panjang, sekarang kamu perlu tentukan skala prioritasmu. Apa yang menjadi hal penting bagi dirimu, apa saja yang menjadi tanggung jawabmu. 

Skala prioritas dibagi menjadi tiga yaitu primer, sekunder, tersier. Bagi seluruh tujuanmu menjadi tiga sehingga kamu bisa fokus mencapai tujuan utamamu. Semakin terfokus maka semakin besar kemungkinan untuk tercapai.

3. Buat Jadwal Rutin

Sekarang giliran kamu membuat jadwal rutin per hari dari skala prioritas yang telah kamu tentukan sebelumnya. Jadwal rutin berupa kegiatan yang kamu lakukan per harinya untuk mencapai tujuan utamamu. Tentukan pula hal apa yang membuatmu menjadi tidak produktif sehingga kamu bisa menghindarinya.

4. Gunakan aplikasi Manajemen Waktu

Untuk memudahkanmu dalam melaksanakan jadwal rutin, gunakan berbagai aplikasi pendukung kegiatanmu. Ada berbagai aplikasi yang bisa membantu, seperti memo, to-do list, time tracker, dan lain sebagainya

5. Jangan lupa Istirahat 

Kamu boleh bersemangat buat mencapai tujuan, tapi jangan sampai lupa untuk istirahat. Banyak manfaat dari istirahat, salah satunya meningkatkan konsentrasi. Jika kamu stay focus, kamu jadi lebih produktif.

6. Jangan Takut Katakan Tidak

Belajarlah uuntuk berani berkata tidak dengan cara yang baik. Tidak ada salahnya kok kalau kamu ingin menolak sesuatu, terlebih jika hal tersebut tidak memiliki manfaat besar. Kecuali kamu memiliki waktu luang, maka bisa lebih bebas. 

Misalnya, jika kamu memutuskan untuk hangout bersama teman hanya karena merasa tidak enak dan berakhir menunda pekerjaan, ini adalah contoh manajemen waktu yang kurang tepat.

7. Mendelegasikan Tugas

Jangan ragu untuk mendelegasikan tugas kepada rekan kerja atau bawahanmu. Mengerjakan suatu proyek besar sendiri juga akan membuatmu kehilangan banyak waktu lho, padahal kamu bisa saja membagikannya kepada yang lain.

Memberikan tugas kepada orang lain juga akan membantu mereka belajar hal baru. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan insight baru juga dari mereka, bukan? Nah, jadi jangan menolak ya kalau ada yang menawarkan bantuan.

8. Membaca Buku Manajemen Waktu

Selain menerapkan beberapa tips sebelumnya, kamu bisa banget nih membaca buku manajemen waktu untuk menemukan cara terbaik dalam mengatur waktu. Dengan membaca buku manajemen waktu, kamu akan mendapatkan banyak petuah baru yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Manajemen Waktu dalam Kehidupan Sehari-hari

Seperti apa sih contoh manajemen waktu yang baik dalam kehidupan sehari-hari? Simple aja, misalnya kamu bangun di pagi hari dan langsung beranjak untuk mandi dan persiapan kerja/sekolah. Dengan begitu, kamu tidak akan datang terlambat.

Kemudian, usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan di jam kerja ya. Jangan sampai membawa pekerjaan ke rumah, karena lagi-lagi kebiasaan ini akan menyita waktu istirahatmu. Jadi, sampai rumah kamu bisa istirahat atau bermain dengan tenang. 

Itu dia penjelasan mengenai pengertian, manfaat, hingga tips manajemen waktu yang bisa kamu terapkan. Masih banyak lho keterampilan lain yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan produktivitas. Contoh seperti leadership, innovation skill, dan lain sebagainya. 

Namun, khusus untuk meningkatkan keterampilan manajemen waktu, kamu bisa mengikuti kursus online dengan topik Kelas Time Management di Cakap Upskill. Tiap kelasnya kamu bakal dimentori secara live, jadi kamu bisa nanya-nanya langsung sama expert soal skill yang lagi kamu pelajari.

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.