Cara Menanam Tanaman Hias Hidroponik di dalam Ruangan

cara menanam tanaman hidroponik dalam ruangan
Photo by Tara Winstead on Pexels

Setelah membahas cara menanam hidroponik sederhana untuk pemula tentang sayuran, kali ini ini kita akan membahas mengenai tanamanan hias. Seperti diketahui, metode hidroponik tidak hanya bisa digunakan untuk sayuran dan buah-buahan, tetapi juga tanaman hias. Nah, kali ini kita akan berfokus pada cara menanam tanaman hias hidroponik dalam ruangan. 

Kita akan membahas mulai tanaman hias apa saja yang bisa di tanaman di dalam ruangan hingga bagaimana cara menanamnya secara hidroponik. Nah, bagi sobat cakap yang ingin mencoba menambah segeran ruangan dengan tanaman hias, simak sampai habis, ya! Siapa tahu bisa kamu coba di rumah, kosan, atau apartemen. 

Table of Contents

Mengenal Tanaman Hias

Tanaman hias adalah tanaman yang sengaja ditanam di pekarangan atau di dalam rumah dengan tujuan sebagai hiasan. Biasanya tanaman hias berukuran kecil dan tidak memiliki daun yang rimbun atau memiliki tampilan warna, bentuk daun, atau bunga yang menarik.

Tidak hanya di pekarangan rumah, tanaman hias juga sering kita temukan di taman-taman, tempat umum, atau digunakan dalam dekorasi seperti karangan bunga. Selain dapat ditanam dengan menggunakan tanah, beberapa tanaman hias juga dapat ditanaman secara hidroponik. 

Meski demikian, tidak semua tanaman boleh dijadikan hiasan dalam ruangan. Hal ini berkaitan dengan zat tertentu yang terkandung dalam tanaman tersebut yang mungkin berbahaya untuk kesehatan manusia. 

Tanaman Hias Hidroponik dalam Ruangan

Banyak tanaman hias yang dapat ditanam di dalam ruangan secara hidroponik, selama ruangan tersebut mendapat matahari yang cukup. Berikut adalah beberapa tanaman hias dalam ruangan yang dapat ditempatkan di dalam ruangan. 

1. Philodendron

Berbagai jenis philodendron merupakan tanaman yang sangat cocok untuk dibudidayakan secara hidroponik. Meski demikian, kamu disarankan untuk mengganti airnya dengan yang baru setidaknya setiap empat hari sekali. 

2. Peace Lily (Spathiphyllum)

Tanaman ini juga sering disebut dengan Lily Perdamaian yang tidak asing ditemukan di Indonesia. Peace Lily, merupakan tanaman dalam ruangan yang cocok untuk ditanam secara hidroponik  karena tidak membutuhkan banyak cahaya matahari. 

3. Bunga Geranium (Pelargonium)

Tanaman hias yang satu ini dikenal sebagai pengusir nyamuk, sehingga cocok ditanam di dalam ruangan, termasuk secara hidroponik. Geranium memiliki banyak jenis dan warnanya pun beragam mulai dari putih, ungu, merah muda, dan lain-lain. 

4. Lucky Bamboo (Dracaena sanderiana)

Bambu Keberuntungan merupakan tanaman hias yang tumbuh dengan metode hidroponik. Sebagai tanaman hias, Lucky Bamboo dianggap sebagai simbol keberuntungan, kesehatan, dan kemakmuran. 

tanaman hias hidroponik
Photo by Teona Swift

5. Variegated Croton (Codiaeum variegatum)

Dalam bahasa Indonesia tanaman hias yang satu ini sering disebut dengan puring, puding, atau kroton. Meskipun sering terlihat ditanam secara konvensional menggunakan tanah, kroton termasuk tanaman hias yang tumbuh baik secara hidroponik. 

6. Coleus (Plectranthus scutellarioides)

Miana, iler, atau coleus merupakan tanaman yang sering tumbuh sebagai semak di kebun dengan habitat berair dana agak lembab. Miana juga kerap dijadikan tanaman hias lataran daunnya yang warna-warni serta cocok ditanam secara hidroponik untuk beberapa bulan. 

7. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Tanaman laba-laba atau disebut juga Lili Paris termasuk tanaman yang mudah ditanam secara hidroponik karena akarnya dapat tumbuh dengan mudah di air. Namun, daya tahannya hanya beberapa minggu jika ditanam secara hidroponik. 

8. English Ivy (Hedera helix)

Daun Ivy memiliki akar yang dapat tumbuh dengan mudah di air dan dapat bertahan selama beberapa bulan. Meski demikian, tanaman hias yang satu ini membutuhkan cahaya yang cukup, jadi pastikan kamu meletakkannya di ruangan yang terkena cahaya matahari. 

9. Photos (Epipremnum aureum)

Tanaman hias ini sangat umum digunakan sebagai tanaman hias di Indonesia dengan nama Sirih Gading. Tanaman berdaun dengan kombinasi warna hijau dan kuning ini memiliki banyak varian yang hampir semuanya tumbuh dengan baik secara hidroponik. 

10. Wandering Jew (Tradescantia)

Wandering Jew atau Zebrakraut merupakan tanaman hias yang biasanya digantung di dalam maupun luar ruangan. Akar tanaman ini tumbuh dengan cepat di air dan sehingga bisa ditempatkan di dalam botol atau vas selain digantung.  

Kembangkan Potensimu dan Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Cara Menanam Tanaman Hias secara Hidroponik

Sistem hidroponik untuk tanaman hias tidak sesederhana “menanam tanaman di air”. Meski tidak serumit budidaya sayuran dan buah-buahan, tanaman hias hidroponik tetap membutuhkan perawatan dan pemeliharaan. Berikut adalah cara budidaya tanaman hias secara hidroponik: 

1. Sediakan wadah untuk menaruh tanaman hias hidroponik

Siapkan wadah untuk menaruh taman hias, bisa pot atau wadah lain yang cukup kuat untuk menahan akar dan batang tanaman hias. Kemudian isi wadah tersebut dengan batu-batuan seperti kerikil atau pasir untuk menahan akar serta tambahkan arang agar air tetap jernih. 

2. Persiapkan larutan nutrisi

Kamu bisa membeli nutrisi khusus untuk tanaman hias hidroponik atau juga bisa membuatnya sendiri. Pastikan kamu juga mengukur pH dan electrical conductivity (EC) agar nutrisi terserap sempurna. Biasanya pH ideal berkisar antara 5.5–6.5 dan EC di antara 1.2 dan 2.0. 

3. Tempatkan tanaman ke dalam pot tanaman hidroponik

Kamu bisa memotong bagian batang tanaman yang akan ditanam, jika memungkinkan pilih bagian yang sudah ditumbuhi akar. Cuci bersih bagian akar dan buang daun-daun yang sudah mati agar tidak menimbulkan bakteri, kemudian masukkan ke dalam larutan nutrisi. 

4. Rawat seperti tanaman biasa dan ganti air secara berkala

Larutan nutrisi juga dapat menjadi sarang lumut yang tentunya menjadi gangguan untuk tumbuh kembang tanaman. Oleh karena itu, penting untuk mengganti larutan nutrisi minimal satu bulan sekali agar air tetap bersih dan tanaman tetap segar. 

Nah, demikianlah pembahasan tentang cara menanam tanaman hias hidroponik bagi Sobat Cakap yang tertarik untuk menanam di dalam ruangan. Segera tentukan tanaman yang ingin kamu budidayakan secara hidroponik, ya!

Bagi Sobat Cakap yang ingin menambah keterampilan dalam berbagai bidang, cek pilihan kursusnya di Cakap Upskill, ya! Kursus hidroponik untuk petani sayur pun tersedia di Cakap Upskill, lho. Yuk, daftar!  #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • leafyplace.com
  • www.bobvila.com
  • theindoornursery.com
  • Bibitbunga.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.