Liburan Gak Ke Mana-mana? Ini 7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Bete deh, liburan ini gak kemana-mana. Si A ke luar kota. Si B ke luar negeri. Lah aku di rumah doang. Bingung banget nih! Mau ngapain ya biar gak kaku kayak kanebo kering?

Tenang, liburan di rumah gak seburuk itu kok. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan walaupun gak ke mana-mana, bahkan saat semua temanmu pergi jalan-jalan semua. Lagian, liburan di rumah bisa jadi waktu untuk kamu rileks lho.

Ini nih 7 hal yang bisa kamu lakukan supaya bisa menikmati liburan walaupun gak pergi ke mana-mana.

Keliling kota

Keliling kota
source: giphy.com

Sambil naik delman! Lho jadi kayak lagu anak-anak ya. Eh tapi serius lho, kalau kamu bener-bener bosen di rumah, kamu bisa berkeliling kota. Yakin deh ada banyak tempat yang bisa kamu eksplor. Coba didaftar dulu, tempat-tempat apa saja yang udah kamu kunjungi di kotamu?

Coba cek museum-museum yang ada, lokasi wisata kuliner, taman-taman rimbun. Udah kamu kunjungi semua belum? Kalau belum, ini waktunya mengenal kotamu lebih dalam!

Marathon TV series atau film

Marathon TV series atau film
source: giphy.com

Coba daftar film sama series yang mau ditonton dikeluarin dulu. Kan selama ini sibuk nih. Jadi ada banyak series sama film yang mau ditonton tapi ditunda terus. Nah mumpung libur, berpuas-puaslah nonton yang udah bikin kamu penasaran banget dan selesaikan daftar film kamu!

Biar lebih seru, jangan lupa siapin camilan favoritmu ya biar pas nonton gak bulak-balik ke dapur buat ngambil snack.

Redekorasi ruangan

Redekorasi ruangan
source: giphy.com

Kapan terakhir kamu beresin kamarmu? Coba intip meja belajar atau meja kerjamu. Masih banyak kertas berserakan? Baju bertumpukkan di ranjang? Waktunya beres-beres! Liburan tahun baru waktu yang pas banget lho buat redekorasi ruangan. Tahun baru, suasana baru! Ya gak?

Kamu bisa tentukan sendiri mau redekorasi seperti apa. Mungkin kamu mau bikin kamarmu keliatan lebih minimalis. Simpan barang-barang yang bikin kamarmu kelihatan penuh ke lemari. Hias meja kerja dengan foto-foto dengan keluarga dan teman biar lebih hidup. Bisa juga bikin hiasan DIY biar lebih hemat.

Bikin prakarya

Bikin prakarya
source: giphy.com

Sering simpen ide-ide prakarya dari media sosial seperti Pinterest dan Youtube tapi gak pernah dibuat? Yuk keluarkan sisi kreatifmu dan bikin DIY yang lucu-lucu dan unik! Selain jadi cara yang baik untuk menghabiskan waktu, kegiatan ini juga melatih kreativitas kamu. Kalau punya adik, bisa jadi cara yang asyik untuk makin dekat dengannya.

Bingung bikin DIY apa? DIY gak selalu harus yang rumit-rumit lho. Coba lihat-lihat sekeliling rumahmu. Ada ruang kosong ekstra yang bisa diisi sama pajangan gak? Bisa jadi pot tanaman yang kamu cat ulang, mainan legomu, atau papercraft sederhana yang bisa kamu temukan di internet.

Baca buku

Baca buku
source: giphy.com

Banyak beli buku tapi gak dibaca-baca nih. Akhirnya numpuk doang. Hayo ngaku, kamu begini gak? Biar gak mubazir, dibaca dong buku-bukunya. Mumpung lagi liburan nih. Jadi gak ada gangguan atau halangan apa-apa kan.

Selain bagus untuk melatih imajinasi dan menambah pengatahuan, baca buku juga bisa memperkaya perbendaharaan kosakata kamu lho!

Belajar masak

Belajar masak
source: giphy.com

Kalau biasa gak ada waktu untuk masak, sekarang kamu punya banyak waktu untuk mengeksplor resep baru. Siapa tau dengan belajar masak, kamu jadi bisa lebih menghemat jadi gaji atau uang jajanmu bisa buat belanja yang lain-lain deh. Kalau biasa dimasakkin mama, ini giliranmu untuk masakkin ibunda tercinta!

Belajar bahasa

Belajar bahasa
source: giphy.com

Biar liburanmu berfaedah, kamu bisa isi waktu luangmu dengan belajar bahasa. Apa bahasa yang selama ini ingin kamu pelajari tapi gak mulai-mulai? Jangan ditunda terus! Mumpung lagi libur nih, jadi gak ada alasan gak punya waktu buat berlatih.

Bahasa apa yang ingin kamu pelajari atau latih biar fasih? Bahasa Inggris, Mandarin, atau Jepang? Ketiganya ada di Cakap lho! Jangan tunda-tunda lagi ya. Yuk mulai!

 

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google