Arti Daebak dalam Bahasa Korea Lengkap Contoh & Kalimat

daebak-artinya

Penikmat drama Korea dan per KPop-an pasti udah akrab banget nih sama kata yang satu ini. Berkat derasnya arus gelombang Korea yang mendunia, kata daebak menjadi salah satu kosakata gaul yang cukup terkenal penggunaanya. Namun, apa iya kamu sudah tahu betul arti dari kata daebak? Coba deh simak dulu penjelasan berikut, biar kamu nggak hanya menjadi pemakai kosakata tersebut, tapi juga paham apa arti dan bagaimana penggunaan yang tepat. 

Arti Daebak

 

Photo from Freepik

Kata daebak atau dalam huruf Hangeul biasa ditulis dengan 대박 merupakan gabungan dari dua kata, yaitu dae (대) dan bak (박) . kosakata ini umum digunakan untuk mengekspresikan rasa kagum. Meskipun hanya satu kata, tetapi daebak (대박) memiliki beberapa arti, yaitu “waw”, “hebat”, “menakjubkan, “luar biasa”. 

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Penggunaan Kata Daebak

 

Photo from Freepik

Pada penjelasan sebelumnya, kamu telah memahami apa arti daebak. Selanjutnya, yuk mengenal penggunaan kata daebak (대박)! Berbicara tentang fakta penggunaan daebak (대박) di lapangan atau dalam kehidupan sehari-hari, kamu bisa menggunakan kata daebak di berbagai situasi, khususnya saat melihat atau mendengar sesuatu yang luar biasa dan terjadi secara tiba-tiba. Atau bisa juga digunakan untuk mengungkapkan keterkejutan dan rasa heran ketika mendengar sesuatu yang tak terduga.

Karena termasuk ke dalam bahasa slang atau bahasa Korea gaul, kata ini biasanya digunakan dalam situasi non-formal. Namun begitu, kata daebak (대박) tidak hanya diucapkan oleh anak-anak muda gaul saja lho, para orang tua yang kekinian juga kerap kali menggunakan kata tersebut.

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Daebak

 

Photo from Pexels

Biar makin paham mengenai arti dan penggunaan kata daebak (대박), simak dulu yuk beberapa contoh kalimat di bawah ini!

  • 한국말 대박 잘하시네요! 어디서 공부했어요? (Hangugmal daebak jalhasineyo! Eodiseo gongbuhaesseoyo?)
    Bahasa Koreamu bagus sekali! Kamu belajar di mana?
  • 대박! 언제부터 사귄거야? (Daebak! Eonjebuteo geuwa sagwingeoya?)
    Waw! Sejak kapan kamu berkencan dengannya?
  • 그영화가 완전 대박이야! (Geuyeonghwaga wanjeon daebak-iya!)
    Film itu benar-benar luar biasa!

Itu dia pengertian kata daebak lengkap dengan cara penggunaan dan contohnya. Nah, untuk kamu yang ingin belajar lebih banyak materi dan lancar bahasa Korea, kamu bisa langsung daftarkan dirimu di kursus bahasa Korea online Cakap. Di sana kamu bebas atur jadwal dan bisa pilih teacher-mu sendiri, lho!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.