Cakap Upskill x Popbela: Belajar Bahasa Korea Melalui K-Pop dan K-Drama

belajar bahasa korea dari kpop kdrama
Cakap x Popbela: Belajar Bahasa Korea dari K-Pop dan K-Drama

Menyukai K-Pop dan K-Drama seringkali merupakan alasan bagi seseorang untuk memulai belajar bahasa Korea. Hal ini karena bahasa yang digunakan oleh idols dan guna pemeran yang awalnya cuma terdengar asyik di telinga, tapi jadi bikin pengin bisa juga. Hayo, siapa yang begini juga? 

Dalam Cakap Upskill kali ini, Cakap bersama Popbela menghadirkan Natalie Tania, seorang tutor bahasa Korea di Cakap. Topik yang akan dibahas adalah “How to Learn Korean Through K-Pop and K-Drama”. Natalia sendiri merupakan alumni dari Korean Language Course Dankook University, Korea. Simak pembahasannya, yuk! 

Perkembangan Korean Wave di Indonesia

Korean wave dimulai pada tahun 2002 di mana drama Korea “Endless Love” mulai banyak diminati di luar Korea dan termasuk drama yang populer di Indonesia. Dalam satu dekade setelah itu, K-Pop pun sangat digandrungi di tanah air, terlebih dengan semakin booming-nya boyband seperti Super Junior, Big Bang, dan lain-lain. 

Selain itu, seiring dengan semakin digemarinya K-Pop dan K-Drama, K-Fashion juga semakin diminati, terutama di kalangan wanita muda tanah air. Produk-produk perawatan wajah dan kecantikan asal negeri ginseng pun semakin hari semakin diminati. Selanjutnya, gerai makanan Korea atau K-Food pun makin menjamur, termasuk produk-produk instan seperti mi ramyeon

Dasar-dasar Tata Bahasa Korea

Jika kamu gemar menonton K-drama, atau menonton acara ragam yang menghadirkan idol favoritmu sebagai bintang tamu, kamu pasti familiar dengan pola berikut ini!

Akhiran 아/엉요 (a/oyo)

Pola ini digunakan untuk menjelaskan kegiatan yang sedang dilakukan saat ini dan merupakan bentuk akhiran kata kerja dan kata sifat dalam kalimat sopan. Akhiran ini menunjukkan kesopanan dalam taraf informal, sehingga dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

Contoh: 

  • 저는밥을 먹어요.
    Jeoneun babeul mogoyo.
    Saya makan nasi. 

Akhiran ㅂ/습니다 (eum/seumnida)

Pola ini merupakan akhiran kalimat dalam bentuk sopan yang diletakkan pada bentuk dasar kata kerja atau kata sifat. Akhiran ini merupakan penanda bentuk sopan yang formal seperti biasa digunakan pada pidato, presentasi, dan wawancara. 

Contoh: 

  • 오늘 친구를 만납니다
    Oneul chingureul mannamnida
    Hari ini saya bertemu teman. 

Upgrade Skill-mu! Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Akhiran ㄹ수있다 (eulsuittda)

Akhiran kalimat bahasa korea untuk menyatakan “bisa” atau kemampuan untuk melakukan suatu hal. Meskipun termasuk sebagai akhiran, akhiran ini bisa digabungkan dengan bentuk sopan informal maupun bentuk sopan formal. 

Contoh: 

  • 저는 한국어 책을 읽을 수 있습니다.
    Joneun hangugo chaegeul ilgeul su itsseumnida
    Saya bisa membaca buku bahasa korea. 

Akhiran 지말다 (Jimalda)

Akhiran ini merupakan bentuk negatif dari kalimat perintah dan digunakan ketika ingin melarang seseorang untuk melakukan sesuatu. Kamu pastinya tidak asing karena bentuk ini sangat sering muncul di lagu maupun dialog bahasa Korea di drama. 

Contoh: 

  • 가지말아요
    Kajimalayo.
    Jangan pergi.

Kosakata dan Percakapan Dasar Bahasa Korea

가다 (kada)pergi 듣다 (deudta)mendengar 보다 (boda)melihat 만나다 (mannada)bertemu
좋아하다 (joahada)
menyukai
노래 (nore)
lagu
같이 (katchi)
bersama
우리 (uri)
kita/kami

Dalam K-Pop dan K-Drama, kamu pasti sudah sering mendengar beberapa kosakata di atas, bukan? Kali ini kita coba untuk berlatih percakapan singkat dalam bahasa Korea dengan kosakata tersebut, yuk!

Contoh percakapan:

  • A : 한국 아이돌을 좋아하세요?
    Hanguk aidereul joahaseyo?
    Apakah menyukai idol korea?

  • B : 네, 좋아해요.
    Ne, joahaeyo.
    Ya, saya suka.

  • A : 누구를 좋아하세요?
    Nugureul joahaseyo?
    Siapa yang kamu sukai?

  • B : BTS하거 Blackpink를좋아해요.
    BTShago Blackpinkeureul johaeyo.
    Saya suka BTS dan Blackpink. 

Nah, itulah beberapa pelajaran bahasa Korea dasar yang bisa dengan mudah kamu termukan dan dari K-Pop dan K-Drama. Dalam webinar Cakap Upskill tersebut, peserta juga bisa latihan pengucapan serta latihan percakapan bahasa Korea, lho! Selain itu, ada pula sesi tanya jawab interaktif langsung dengan Natalie Ssaem. Seru banget, deh!

Bagi kamu yang nggak mau ketinggalan webinar seru dengan beragam topik menarik, kamu bisa mendownload aplikasi Cakap, lho! Cari tahu webinar menarik terdekat dan daftarkan dirimu segera! Selain itu, ada juga beragam kursus self-paced yang bisa kamu ambil dan dapatkan sertifikatnya, lho! Yuk, kepoin Cakap Upskill! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: