Cakap Upskill x Waste4Change: Pentingnya Pengembangan Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan

cakap upskill bersama waste4change
Cakap Upskil x Waste4Change: Pentingnya Pengembangan Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan

Indonesia memiliki berjuta destinasi pariwisata yang memikat mata. Hal ini tentunya menjadi keuntungan besar bagi Indonesia untuk membangun pariwisata yang berkualitas. Namun, dibalik setiap daya tarik suatu destinasi wisata, terdapat jejak muram bagi lingkungan. Karena itu, pengelolaan destinasi wisata yang baik sangat diperlukan demi menciptakan pariwisata berkualitas.

Cakap bersama Waste4Change menghadirkan webinar “Pentingnya Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata untuk Sustainable Tourism” pada 20 Januari 2022 lalu. Webinar ini dibawakan oleh 4 pembicara yang berpengalaman di bidangnya, terutama di bidang pariwisata dan pengelolaan lingkungan. Yuk, simak rangkuman webinar Cakap bersama Waste4Change!

Pariwisata Sebagai Masa Depan Perbaikan Ekonomi Masyarakat Indonesia

Pariwisata menjadi salah satu penggerak ekonomi yang dapat diandalkan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pariwisata di Indonesia telah memainkan peran yang sangat penting terutama dalam meningkatkan pendapatan negara dan penciptaan lapangan kerja. Oleh karena itu, kebijakan strategis yang tepat perlu diimplementasikan dalam mengembangkan kepariwisataan Indonesia. 

Pariwisata Berkualitas

Indonesia memiliki banyak sekali destinasi pariwisata dan keragaman budaya yang menarik perhatian wisatawan. Hal ini merupakan aset yang tidak ternilai dan potensi besar untuk membangun pariwisata yang berkualitas. Menurut Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), ada beberapa hal yang mencerminkan pariwisata berkualitas, yaitu:

  • Meningkatnya kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat lokal

Masyarakat adalah tuan rumah di destinasi pariwisata yang berkewajiban untuk menjadi tuan rumah yang baik untuk mencapai kepuasan wisatawan yang datang. Dalam pengembangan dan pembangunan pariwisata berkualitas, harus diterapkan konsep ekowisata atau pengembangan yang berbasis pemberdayaan masyarakat.

  • Memberikan kepuasan terhadap wisatawan

Setiap orang yang melakukan perjalanan wisata tentunya mencari kesenangan melalui aktualisasi diri. Diperlukan beberapa hal dalam mencapai aktualisasi diri yang optimal, termasuk aksesibilitas, amenitas, dan atraksi yang menjadi pendukung kebutuhan perjalanan wisatawan. Pariwisata berkualitas harus mampu memenuhi hal-hal tersebut.

Temukan Bakat Terpendammu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

  • Berkelanjutan

Seluruh aspek dalam kepariwisataan haruslah berkelanjutan. Wisatawan yang datang harus datang kembali dengan membawa wisatawan baru, usaha di bidang pariwisata harus hidup dan berkembang, dan dampak pariwisata terhadap masyarakat tetap terjaga dan meningkat. Tak lupa kelestarian alam, tradisi, dan budaya juga tetap harus terjaga.

  • Berkembang

Untuk mengantisipasi kejenuhan dalam kegiatan kepariwisataan tentunya diperlukan hal-hal baru. Karena itu, pariwisata tidak cukup dengan di bangun saja, akan tetapi harus berkembang. Hal ini tidak lepas dari pertimbangan daya dukung dan kesesuaian bentang alam serta tata ruang.

Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Berkelanjutan

Meski memiliki banyak destinasi pariwisata yang memikat, Indonesia masih memiliki banyak hal yang perlu dibenahi. Salah satunya yaitu pengelolaan sampah dan lingkungan. Hal ini menjadi permasalahan yang sangat penting untuk diperhatikan karena pengaruhnya yang besar bagi destinasi pariwisata. 

Untuk mengendalikan masalah tersebut, perlu diterapkan strategi pengembangan destinasi pariwisata berkelanjutan. Hal ini diperlukan untuk menciptakan destinasi pariwisata yang berkualitas, tangguh dan berkelanjutan dengan memperhatikan sumber daya alam, manusia, dan budayanya. 

Usaha yang Dilakukan ASPPI dan Dapat Dilakukan dalam Menjaga Ancaman Bom Sampah

  • Ikut serta dalam meminimalisasi timbulnya permasalahan sampah akibat aktivitas pariwisata. Salah satunya yaitu dengan mengajak para pelaku wisata untuk memanfaatkan sampah organik untuk media tanam.
  • Mengadakan kegiatan sosial dalam menjaga kenyamanan di destinasi pariwisata. Sebagai contoh, melakukan kerja bakti di destinasi daya tarik wisata.
  • Melakukan sosialisasi pentingnya menjaga lingkungan yang berkolaborasi dengan instansi/komunitas terkait. Sebagai contoh, sosialisasi lingkungan Pelaku Wisata Goes to School.
  • Melakukan pendampingan di beberapa desa wisata, terutama dalam hal menjaga keberlanjutan desa wisata sebagai daya tarik wisata unggulan Indonesia. Sebagai contoh, pendampingan bisnis sampah di desa wisata.

Yuk, bersama kita jaga lingkungan dan dukung pengembangan pariwisata Indonesia. Kesadaran akan isu-isu seperti di bidang kepariwisataan saat penting, lho. Kalau kamu tertarik untuk mengikuti webinar-webinar lainnya, Cakap Upskill juga menyediakan berbagai webinar gratis untuk perluas wawasanmu. Unduh aplikasi Cakap di ponselmu dan ikuti webinarnya!

Baca juga: