Cakap Upskill x Assemblr Edu: Mengenal Augmented Reality

cakap-upskill-x-assemblr-edu-augmented-reality

Mengamati perkembangan teknologi yang semakin pesat dan cepat, Cakap menghadirkan webinar Cakap Upskill dengan tema yang related dengan teknologi. Di pertengahan Januari lalu, Cakap bersama Assemblr Edu mempersembahkan webinar dengan topic “Augmented Reality”. Webinar ini dibawakan langsung oleh Nadia Maharani Trisnadi, Trainer Assemblr Edu.

Pemaparan presentasi yang apik, serta tema materi yang menarik, berhasil membuat banyak audiens semakin tertarik dengan kelas webinar ini. Berikut rangkuman webinar Cakap Upskill bersama Assemblr Edu selengkapnya hanya untukmu!

Apa Itu Augmented Reality


Apakah sebelumnya kamu pernah mendengar tentang
Augmented Reality? Jika belum, maka ini saat yang tepat untuk mulai mengetahuinya. Augmented Reality atau juga dikenal dengan singkatan AR adalah sebuah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi dalam lingkungan nyata, lalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata. 

Kegunaan dari AR sendiri adalah untuk menampilkan objek digital yang dapat dilihat melalui kamera ponsel atau perangkat lainnya. AR diterapkan dengan tujuan untuk perencanaan, promosi, atau edukasi. 

Tanpa sadar, kamu mungkin pernah lho menggunakan teknologi  AR ini. Contoh atau bagian nyata dari AR yang sering kamu temui adalah filter instagram (biasanya memunculkan karakter, seperti bunga, kelinci, dll) dan games Pokemon Go.

Mengenal Assemblr


Augmented Reality
adalah teknologi paling baru dari reality. Nah, ada salah satu aplikasi di mana kamu bisa membuat project Augmented Reality versimu sendiri. Nama aplikasi tersebut adalah Assemblr. Di sana, kamu bisa membuat semua konten lewat satu aplikasi, bahkan bisa juga melihat konten yang dibuat oleh user lain.

Assemblr adalah salah satu perusahaan pertama di Indonesia yang bergerak di bidang Augmented Reality. Assemblr berdiri sebagai sebuah ekosistem. Ada tiga produk Assemblr yang digunakan di berbagai negara untuk memenuhi kebutuhan di beragam industri. Produk pertama adalah Assemblr itu sendiri (Assemblr berfokus pada konten tiga dimensi, komersial, konstruksi, dan interior design). Selanjutnya ada Assemblr Edu (berfokus pada kegiatan pembelajaran dan pendidikan). Dan yang terakhir adalah Assemblr Studio 2.o Web Creator (berfokus untuk membuat materi sendiri dari 3D).

Temukan Bakat Terpendammu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

Assemblr Edu


Dalam webinar Cakap Upskill ini, Nadia Maharani menekankan pembahasannya pada Assemblr Edu. Aplikasi ini memfasilitasi pengguna untuk mengakses, membuat, dan berbagi pelajaran dalam bentuk AR secara kolaboratif. Menurut Nadia, Assemblr Edu dapat meningkatkan kreativitas para guru. Hal tersebut tentu akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidik di seluruh dunia.

Di masa perkembangan teknologi yang pesat ini, apabila para pendidik sedikit terlambat beradaptasi dan mempelajari teknologi zaman sekarang, maka fokusnya terhadap dunia teknologi akan buyar. Karena, anak-anak jaman sekarang lebih mudah mendapat atau menyerap materi dari media sosial dan visualisasi. Mereka lebih mudah mengadaptasikan aplikasi atau teknologi yang ada. 

Assemblr Edu memiliki berbagai daya manfaat bagi para penggunanya. Di antaranya, yaitu visualisasi dan dapat memperjelas hal abstrak menjadi mudah untuk dijelaskan. Di Assemblr Edu juga ada objek 3D yang bisa diakses setiap harinya, sehingga kamu bisa memakai objek-objek secara tak terbatas.

Selain itu, ada juga banyak pelajaran yang bisa diakses di sana, seperti fisika, matematika, dll. Kamu juga bisa membuat materi pembelajaran sendiri, lho.

Program Assemblr EDU


Assemblr Edu sudah menjangkau berbagai lokasi di indonesia. Assemblr bekerja sama dengan berbagai institusi untuk memberikan pembelajaran mengenai AR. Assemblr Edu berhasil mengumpulkan 700 lebih educator dari seluruh dunia yang mengikuti atau aktif menggunakan Assemblr Edu. Tidak hanya itu, terkumpul lebih dari 20 negara dan 600 sekolah yang sudah menggunakan Assemblr Edu. 

Pengguna Aasemblr Edu berkumpul dan bertemu satu sama lainnya dan saling sharing informasi. Aplikasi ini sudah dipergunakan di US, Dubai, Malaysia, dan negara lainnya. Assemblr Edu juga sudah bekerja sama dengan sekolah-sekolah dan universitas-universitas untuk program education technologi.

Membuat Postcard Interaktif dengan Assemblr Studio Web Creator

Yang menarik dari webinar Cakap Upskill kali ini adalah penutupan yang apik dan kreatif dari Nadia. Sebelum menyudahi presentasinya, Nadia memberikan tutorial atau demo bagaimana cara untuk membuat postcard interaktif menggunakan Augmented Reality dalam aplikasi Assemblr kepada para audiens. 

Kamu dapat membuat project Augmented Reality versimu sendiri melalui Assemblr Studio Web Creator. Di sana sudah ada pilihan objek 3D yang telah disiapkan tim Assemblr. Kamu bisa bebas berkreasi membuat apa yang kamu inginkan. Kamu tinggal log-in aplikasinya, ikuti petunjuknya, dan mulai membuat karya Augmented Reality karyamu sendiri. Selamat mencoba!

Wah, seru banget ya belajar Augmented Reality. Kira-kira kelas apalagi ya yang bisa kamu pelajari di Cakap Upskill? Yuk, cek jadwal kelas Upskill terdekat!

Baca Juga: