Cakap Upskill x SIRCLO: Cara Membangun Personal Branding yang Baik

cakap-upskill-x-sirclo-membangun-personal-branding

Pernahkah kamu mendengar istilah personal branding di media sosial? Layaknya suatu produk atau jasa, setiap orang juga perlu melakukan branding agar dapat dikenal dengan baik di dunia profesional. Personal branding adalah upaya yang dilakukan untuk mempromosikan diri dan membentuk citra diri agar dapat dinilai atau dilihat oleh masyarakat.

Lalu, bagaimana cara membangun personal branding yang baik? Cakap berkolaborasi dengan SIRCLO menghadirkan webinar Personal Branding 101: Build Your Own Personal Branding in 2022 bersama pembicara kak Gadis Lukman. Menurut Gadis Lukman, ada beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab untuk merumuskan personal branding. Apa saja itu?

What makes me stand out from my peers?


Hal pertama yang harus kamu tunjukan yaitu hal positif apa yang membuat kamu mencolok dari yang lain. Sebagai contoh, Gadis selalu menunjukkan
ownership dalam setiap pekerjaannya. Ketika kamu menunjukan ownership, kamu akan memberikan totalitas dalam mengerjakan segala sesuatu termasuk mengambil risiko, mengambil keputusan, dan menjadi seorang yang visioner. Hal ini lah yang membuat Gadis stand out.

Who needs to know me so I can reach my goals?


Setelah menemukan hal yang membuatmu
stand out, yang perlu kamu cari tahu selanjutnya adalah siapa yang harus perlu tahu tentang itu. Kamu perlu tahu tentang perusahaan yang kamu inginkan dan media apa yang perlu kamu gunakan untuk memberi kesan terhadap perusahaan tersebut. Sebagai contoh, jika kamu memiliki bakat di bidang desain, maka instagram adalah salah satu media yang tepat bagimu untuk menunjukkan hasil karyamu.

What are my values?


Jika kamu kesulitan untuk menemukan hal yang membuatmu menonjol di antara yang lain, kamu bisa mulai dengan pertanyaan ini. Sebagai contoh, Gadis Lukman merupakan seseorang yang tegas. Hal ini membuat Gadis terbiasa untuk berfokus pada aksi nyata, menjalankan ide-ide yang ada bukan hanya membicarakannya.

Temukan Bakat Terpendammu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

What’s my ultimate career goal?


Mengetahui tujuan yang ingin kamu capai dalam karir akan membantumu untuk menentukan
branding seperti apa yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Setiap orang tentunya akan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya memiliki tujuan untuk membawa kebahagiaan untuk dirinya sendiri, keluarga, teman, dan lingkungan sekitarnya. 

What brings me joy?


Pertanyaan ini juga merupakan pertanyaan yang dapat membantumu dalam merumuskan
personal branding. Kamu perlu mengetahui apa yang membuatmu bahagia. Setelah itu, pahamilah apakah hal tersebut sudah sejalan dengan apa yang kamu kerjakan saat ini dan apa yang kamu ingin atau akan kerjakan.

What’s my superpower- the thing that I do better than anyone else?


Dalam merumuskan
personal branding kamu juga tentunya perlu menunjukkan kelebihan apa yang kamu miliki. Menurut Gadis Lukman sendiri, kelebihan yang dia miliki adalah sifat perfectionist-nya. Hal ini membuat Gadis selalu memiliki standar yang tinggi, berfokus pada detail, dan mengerjakan segala sesuatu dengan totalitas.

Dalam dunia professional, personal branding sangat penting dalam menciptakan kredibilitas, membangun koneksi, dan menumbuhkan kepercayaan diri. Karena itu, memiliki personal branding yang baik akan membawa banyak manfaat untukmu! Kalau kamu penasaran dengan tips-tips lainnya, kamu juga bisa mengikuti kelas-kelas Cakap Upskill lainnya yang tersedia di Cakap App.

Baca Juga: