Cakap Upskill: Pahami Cara Mengatasi Mental Block saat Public Speaking

cakap-upskill-zaneti-public-speaking

Banyak sekali orang yang mengalami mental block saat ingin berbicara di depan banyak orang, mungkin kamu juga merupakan salah satunya. Kegugupan yang kamu alami saat akan berbicara di depan audiens adalah sebuah hal yang wajar. Namun, hal ini tentu akan menyebabkan kerugian bagi dirimu sendiri jika kamu tidak mengerti cara mengatasinya.

Untuk membantumu mengatasi mental block, Cakap Upskill mengadakan webinar bertema Overcome Mental Block in Public Speaking. Webinar ini dibawakan oleh Zaneti Sugiharti yang tentunya berpengalaman dalam dunia public speaking. Kak Zaneti memberikan banyak tips untuk mengatasi mental block saat public speaking. Yuk, cari tahu selengkapnya!

Public Speaking

Public speaking adalah bentuk komunikasi yang dilakukan dihadapan 2 orang atau lebih dengan informasi yang terstruktur. Menurut kak Zaneti, ada 2 tujuan dari public speaking, yaitu untuk memberikan informasi atau menghibur. Terdapat 5 unsur dalam public speaking yaitu komunikator, pesan, medium, komunikan, dan efek.

Public speaking sendiri merupakan aktivitas terstruktur yang sudah lama dilakukan bahkan sejak zaman Yunani Kuno. Pada zaman itu, masyarakat diwajibkan untuk melakukan public speaking untuk keperluan sosial dan politik. Mereka menggunakan forum untuk mendiskusikan isu-isu yang terjadi. 

Mental Blocking

Saat melakukan public speaking, seringkali orang mengalami mental block. Mental block adalah kondisi pikiran yang menolak pikiran/gagasan/tindakan tertentu yang menghalangi seseorang untuk meraih potensi optimalnya. Namun, tidak hanya dalam public speaking, mental block juga dapat terjadi pada berbagai hal dan keadaan di dalam hidup.

Menurut kak Zaneti, ada beberapa ciri seseorang mengalami mental block saat public speaking. Ciri tersebut dapat berupa perasaan gugup, berkeringat, kesulitan mengingat atau fokus, sakit fisik, dan lain-lain. Semua hal tersebut datang dari pikiran dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang persiapan, rasa malu, takut melakukan kesalahan, dan lain sebagainya.

Kembangkan Skill dan Jadilah Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Observasi Mental Block dengan Mindfulness

Sebagai mindfulness trainer, kak Zaneti juga memberi tips bagaimana mengatasi mental block dengan metode mindfulness. Metode mindfulness sendiri mengajak kamu untuk berfokus pada keadaanmu saat ini, bukan ke masa lalu atau masa depan, termasuk melakukan pengamatan pada emosi secara terbuka dan apa adanya tanpa judgement

Hal ini ditujukan agar kamu benar-benar berfokus pada hal yang yang akan kamu lakukan, bukan hal yang pernah terjadi maupun hal yang akan terjadi. Dibalik rasa tidak percaya diri saat public speaking, ada emosi yang lebih besar/dalam dari pengalaman di masa lalu maupun kemungkinan yang akan terjadi di masa depan. 

Menurut kak Zaneti, ada tiga langkah yang perlu dilakukan dalam menerapkan metode mindfulness, yaitu:

  • Observasi emosi yang timbul: amati dan pahami emosi apa yang muncul ketika kamu mengalami mental block tanpa judgement. Jangan biarkan emosi-emosi tersebut membawa dan menguasai dirimu, namun kamu lah yang harus menyadari dan mengidentifikasi emosi-emosi tersebut.
  • Identifikasi pengalaman masa lalu yang menjadi akar permasalahan: Setelah mengobservasi emosimu, identifikasilah kejadian apa di masa lalu yang menjadi penyebab kamu merasakan hal-hal tersebut. Sebagai contoh, jika kamu biasanya merasa takut, tidak mampu, dan gelisah saat ingin menyampaikan pendapat, mungkin saat kecil kamu tidak diberikan ruang untuk menyatakan pendapat baik di keluarga maupun di sekolah.
  • Emotional healing dengan mengakui, memaafkan dan melepaskan: akuilah segala kekurangan yang kamu miliki, akui jika memang kamu memiliki rasa takut saat ingin berbicara di depan umum. Setelah itu, maafkan pengalaman masa lalumu yang menjadi akar permasalahan timbulnya emosi-emosi yang kamu miliki.

Tips Mengatasi Gugup

Berikut beberapa tips ala kak Zaneti untuk mengatasi gugup saat akan melakukan public speaking:

  • Pikirkan audiens, bukan dirimu sendiri. Jangan berfokus pada dirimu secara berlebihan.
  • Ketika mulai berbicara, ajak pikiran kamu untuk fokus pada hal positif dan tumbuhkan emosi positif. Sebagai contoh, fokuslah pada mindset “presentasi ini penting didengarkan oleh audiens saya” atau “informasi yang akan saya sampaikan sangat dibutuhkan oleh audiens saya”
  • Melakukan eye contact, atau memandang ke dahi audiens.
  • Memegang suatu benda yang bisa mengalihkan kelebihan energi dari rasa gugup.

Itulah beberapa tips dan metode yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi mental block. Kamu bisa mulai menerapkannya agar public speaking-mu lebih lancar. Jika kamu ingin mengetahui tips-tips menarik lainnya, kamu juga bisa ikut kelas-kelas Cakap Upskill lainnya, lho. Ada banyak tips untuk berbagai bidang dari pembicara yang pastinya berpengalaman di bidangnya. Yuk, daftar sekarang!

Baca Juga: