Cakap Upskill X Hebe: Memanfaatkan Penggunaan Points of Sales (POS)

cakap x hebe
Cakap Upskill X Hebe: Memanfaatkan Penggunaan Points of Sales (POS)

Perkembangan teknologi di era digital memang memberikan dampak dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang bisnis dan penjualan. Tidak hanya bisnis skala besar, saat ini juga sudah banyak teknologi yang dikembangkan untuk membantu pengelolaan bisnis skala kecil dan menengah, salah satunya adalah sistem Point of Sales (POS). 

Points of Sales adalah suatu sistem yang digunakan untuk mempermudah transaksi jual beli dan pembukuan menjadi lebih sistematis. Sistem ini mencakup segala macam aspek mulai dari membuat transaksi menjadi lebih mudah, mendata penjualan, hingga merangkum arus kas, serta berbagai kemudahan lainnya. 

Lantas, bagaimana mengimplementasikan sistem POS ini ke dalam berbagai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia? Cakap Upskill bekerjasama dengan Hebe kali ini menghadirkan webinar bertajuk “#UMKMGoDigital: Leveraging the Use of POS to Improve Sales and Inventory Management“ dengan Widianto Yap, CFP dari iSeller sebagai pembicara. 

Hal Ditawarkan Platform POS (iSeller)

POS seperti iSeller menawarkan end-to-end business process mulai dari penerimaan berbagai jenis pembayaran, mempermudah pengiriman, dan integrasi dengan sistem ERP (Enterprise resource planning). 

  1. Core Platform
    Menjalankan bisnis dalam sebuah platform yang powerful dan extensible dengan fitur perdagangan 360°. 
  2. Omni Channel
    Memaksimalkan pendapatan dengan menjual lebih mudah di berbagai kanal; secara langsung di toko, toko online, dan di marketplace
  3. Payments
    Menerima pembayaran dan mengelola bisnis dengan lebih sederhana dan lebih mudah dalam satu platform. 
  4. Growth
    Meningkatkan bisnis untuk lebih maju dengan modal kerja dan belasan promosi menarik. 

Temukan Bakat Terpendammu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

Mengintip Dashboard dan Fitur di iSeller

Sebagai salah satu platform penyedia sistem POS, berikut adalah beberapa fasilitas dan fitur yang dapat kamu akses di iSeller: 

  • Memungkinkan kamu untuk menambah matriks laporan bisnis dan penjualan mulai dari performa karyawan, penjualan barang, serta penggunaan diskon. 
  • Memungkinkan untuk menyaring laporan sesuai dengan yang diinginkan dan dibutuhkan. Seperti performa brand, kategori, keleksi, serta matriks toko dengan sangat detail. 
  • Penggambaran analisis data dengan berbagai grafik yang bisa dipilih sehingga lebih muda dimengerti. 
  • Laporan yang tersedia dapat diekspor dengan menggunakan berbagai aplikasi yang mempermudah pengiriman kepada pihak yang akan menganalisa lebih lanjut. 
  • Membuat online store secara mudah dengan optimasi website menggunakan SEO dan SEM. 
  • Mempermudah pengiriman dengan kurir terintegrasi
  • Mempercepat dan mempermudah check-out 
  • Pembayaran online

Fitur tambahan untuk Retail 

  • Mengelola varian produk dan bundel dengan mudah
  • Back office: Pengelolaan produk misalnya dengan menggunakan katalog untuk promosi variasi, jenis, combo, dan sebagainya. 
  • Inventory: sentralisasi mencakup semua toko, sehingga semua data tersinkronisasi. 

Fitur tambahan untuk F&B

  • Mempermudah alur pemesanan makanan/minuman, mulai dari pembayaran hingga proses pembuatan di bagian dapur dan penyajiannya. 
  • Online ordering yang memungkinkan pembeli untuk memilih menu dan melakukan pembayaran tanpa perlu memesan dan membayar langsung. 
  • Terintegrasi dengan WhatsApp for Business untuk membuat campaign melalui fitur Broadcast. 

Bagi kamu pemilik UMKM, sekarang sudah saatnya bisnismu bertransformasi dan menjangkau lebih banyak pelanggan melalui digitalisasi. Cakap Upskill menyediakan berbagai webinar gratis dan juga berbagai materi self-paced di bidang digital, lho. Unduh aplikasi Cakap di ponselmu dan jangan sampai ketinggalan materi lainnya, ya! 

Baca juga: