Cakap Upskill x InteriorDesign ID: Peran Desain Interior dalam Menciptakan Ruang yang Ideal dan Efektif

cakap-upskill-x-interiordesign-id-peran-desain-interior

Pernahkah kamu berkunjung ke sebuah tempat dan merasa sangat terpikat dengan keindahannya? Nah, aspek keindahan dari tempat tersebut merupakan bagian dari desain interior. Namun, dibalik aspek keindahan, ternyata masih ada banyak bagian dari desain interior yang sangat menarik untuk dipelajari, lho.

Cakap berkolaborasi dengan InteriorDesign ID menghadirkan sebuah webinar di bidang desain interior pada 20 Januari lalu. Dengan mengangkat tema “Kenapa Desain Interior itu Penting?”, webinar ini mengupas bagaimana peran desain interior dalam menciptakan ruang yang indah, ideal dan efektif bagi penggunanya. Simak pemaparan selengkapnya, yuk!

Apa Itu Desain Interior?


Menurut Suptandar (1995), desain interior adalah ilmu atau cara pengaturan ruangan sehingga memenuhi persyaratan untuk memperoleh kenyamanan, keamanan, kepuasan kebutuhan fisik dan spiritual bagi penggunanya tanpa mengabaikan faktor estetika. Karena itu, desain interior bukan hanya mengenai estetika ruang, namun juga efektivitas dalam penggunaannya sehari-hari. 

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu juga pasti sudah pernah bertemu dengan banyak konsep interior. Sebagai contoh, jika kamu senang mengunjungi kafe-kafe terkini pasti kamu menemukan karakteristik tersendiri dari kafe-kafe tersebut. Hal tersebut adalah bagian dari pekerjaan di bidang interior. Selain merasa terpikat dengan estetikanya, pasti ada rasa nyaman yang kamu temukan sehingga kamu ingin terus mengunjungi kafe-kafe tersebut.

Temukan Bakat Terpendammu dan Kembangkan Bersama Cakap Upskill

Elemen-elemen Desain Interior


Di dalam desain interior, ada beberapa hal yang menjadi elemen dasar yang memengaruhi suatu ruangan. Dengan menggabungkan elemen-elemen tersebut, suatu ruangan akan memberikan kesan dan karakteristik tersendiri. Selain itu, elemen-elemen tersebut juga dapat menambah fungsionalitas dan efektivitas dari ruangan tersebut. Apa saja itu?

  • Lantai
    Warna, tekstur, serta material pada lantai dapat memengaruhi suasana sebuah ruangan. Sebagai contoh, jenis lantai parket memberikan kesan dan suasana hangat pada ruangan. Adapun lantai granit membuat ruangan terkesan mewah, dingin, dan sejuk.
  • Dinding
    Warna dan motif dinding sangat berpengaruh pada ruangan karena dinding adalah bagian dari ruangan yang langsung mengenai pandangan ketika kamu memasuki sebuah ruangan. Sebagai contoh, dinding kayu biasanya digunakan untuk memberi kesan hangat dan estetika yang tinggi dengan memunculkan gaya secara lebih spesifik.
  • Atap
    Di dalam desain interior, plafon sebagai elemen pembentuk ruang bisa memiliki jenis atau tipe yang beragam, dibedakan dari gaya dan konsep desain yang digunakan. Sebagai contoh, desain atap plafon dapat memiliki variasi bentuk untuk menciptakan kesan ruang yang lebih luas.
  • Furniture
    Pemilihan dan penempatan furniture menjadi indikasi keberhasilan seseorang dalam menata ruang-ruang di rumahnya. Furniture dapat dikategorikan menjadi dua yaitu furniture utama dan furniture tambahan. Furniture utama adalah furniture inti yang menunjang keseharian individu dalam beraktivitas sedangkan furniture tambahan adalah furniture penunjang atau dekorasi.
  • Warna
    Warna dapat menciptakan kesan, suasana ruang, serta emosi penghuninya. Setiap warna juga memiliki arti yang unik dan efek psikologis yang berbeda-beda. Sebagai contoh, warm color terdiri dari warna-warna natural yang hangat, memberi semangat dan nuansa energik, serta menciptakan suasana akrab dan tentram.
  • Pencahayaan
    Elemen pencahayaan termasuk kedalam elemen yang sangat penting karena berpengaruh pada psikologis penggunanya. Terdapat dua jenis sistem pencahayaan yaitu pencahayaan alami dan buatan. Pencahayaan alami menggunakan matahari sebagai sumbernya sedangkan pencahayaan buatan menggunakan lampu.

Pentingnya Desain Interior


Desain interior memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan ruangan yang tidak hanya indah dilihat, namun juga nyaman digunakan. Di dalam desain interior, sebuah ruangan juga harus menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Oleh karena itu, ada tiga hal yang mempengaruhi desain interior, yaitu:

  • Penataan ruang. 
  • Psikologi manusia dan ruang
  • Elemen-elemen desain interior.

Wah, sangat menarik ya belajar tentang desain interior. Ternyata, ada banyak hal dibalik estetika sebuah ruangan yang perlu kita ketahui. Nah, selanjutnya kamu penasaran dengan webinar apalagi, nih? Masih banyak webinar-webinar yang bisa kamu ikuti di Cakap Upskill, lho. Unduh aplikasi Cakap sekarang, yuk!

Baca Juga: