Arti Ahjussi dalam Bahasa Korea & Perbedaanya dengan Samchon

ahjussi-adalah

Ahjussi adalah nama panggilan dalam bahasa Korea yang cukup populer. Istilah ini sering dikait-kaitkan dengan istilah samchon. Padahal, keduanya memiliki penggunaan yang berbeda, lho. Biar kalian nggak salah tafsir dalam menggunakan istilah ini, yuk simak selengkapnya tentang arti ahjussi dan perbedaannya dengan samchon!

Table of Contents

Pengertian Ahjussi

Ahjussi adalah salah satu sebutan untuk laki-laki di Korea. Dalam bahasa Korea, ahjussi artinya paman. Sebutan ahjussi digunakan untuk menyebut nama seorang laki-laki yang sudah berusia sekitar 35 tahun ke atas, paruh baya, dan bukan termasuk keluarga. Dalam bahasa Indonesia istilah ini sama juga dengan istilah “tuan/om”.

Penulisan kata ahjussi dalam huruf hangeul adalah (아저씨). Sedangkan untuk romanisasinya, kata ini biasa juga disebut dengan “ajeosshi”.

Hal menarik lain dari istilah ahjussi ini adalah munculnya fenomena “ahjussi fans”, penggemar para ahjussi. Biasanya istilah ini ditujukan pada mereka yang menyukai grup K-Pop. Di Indonesia, para penggemar drama Korea juga nggak kalah menciptakan istilah unik lho, yaitu “ahjussi rasa oppa” (biasanya digunakan untuk menyebut para aktor Korea yang masih tetap menawan dan terlihat awet muda di usianya yang sudah cukup dewasa. Beberapa aktor Korea yang mendapatkan julukan ahjussi rasa oppa, seperti Gong Yoo, Lee Dong Wook, Lee Jong Gi, dll.

Penggunaan Ahjussi

Ahjussi kerap digunakan untuk menyebut laki-laki paruh baya usia 35 tahun ke atas yang bukan anggota keluarga Korea, namun bagi anak-anak, ahjussi juga bisa digunakan untuk menyebut laki-laki usia 20-an. Nah, selain itu istilah ahjussi ini juga bisa digunakan untuk menyebut/memanggil beberapa orang berikut ini:

  • Pria yang lebih tua yang tidak dikenal dengan baik
  • Ayah dari teman yang tidak begitu dekat
  • Paman penjaga atau pelayan

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Perbedaan Ahjussi dan Samchon

Ada perbedaan mendasar antara ahjussi dan samchon. Jika ahjussi digunakan untuk menyebut laki-laki paruh baya yang bukan keluarga, maka samchon adalah istilah yang digunakan untuk menyebut paman biologis seseorang secara general.

Nah, kalau kalian ingin memanggil paman (adik dari ayah), gunakanlah sebutan chin samchon. Sedangkan jika ingin memanggil paman (adik dari ibu), gunakanlah sebutan we samchon.

Contoh Kalimat  yang Menggunakan Istilah Ahjussi di Dalamnya

Setelah mengetahui ahjussi artinya adalah paman, sekarang saatnya memahami langsung contoh penggunaan ahjussi melalui kalimat-kalimat berikut ini!

  • 실례합니다, 아저씨. 가장 가까운 장난감 가게는 어디인가요?
    (sillyehabnida, ajeossi. Gajang gakkaun jangnangam gageneun eodiingayo?)

    Permisi, paman. Di manakah toko mainan terdekat?

  • 그 가게 주인 아저씨는 여전히 잘생기고 카리스마가 넘친다.
    (geu gage ju-in ajeossineun yeojeonhi jalsaeng-gigo kaliseumaga neomchinda).

    Paman penjaga toko itu masih terlihat tampan dan sangat berkarisma.

  • 그는 한때 나를 도왔던 아저씨.
    (geuneun hanttae naleul dowassdeon ajeossi.)

    Dia adalah paman yang pernah menolong saya.

  • 아저씨는 매우 작하고 친절했습니다.
    (ajeossineun maeu chinjeolhago chinjeolhaessseubnida.)

    Paman itu sangat baik dan ramah.

  • 삼촌이라고 하기에는 너무 어리다.
    (samchon-ilago hagieneun neomu eolida.)

    Dia terlalu muda untuk dipanggil paman

 

Itulah pengertian dari istilah ahjussi dalam bahasa korea lengkap dengan pembahasan tentang perbedaan ahjussi dan samchon. Yuk, belajar lebih banyak lagi istilah bahasa Korea dan meteri lainnya di kursus bahasa Korea online Cakap! Di sana kamu akan belajar langsung bareng ssaem-ssaem professional dan berpengalaman.

Referensi:
-declip.id
-sonara.id
(Konten telah ditinjau oleh salah satu tutor bahasa Korea Cakap)

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat