9 Ungkapan Emosi dalam Bahasa Korea yang Sering Digunakan

ungkapan-emosi-dalam-bahasa-korea

Setiap dari kita memiliki berbagai macam emosi yang bisa dikategorikan dalam emosi positif dan emosi negatif. Emosi sendiri merupakan keadaan dan reaksi psikologis berupa luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat. Kamu pasti sudah tidak asing dengan ungkapan emosi, seperti bahagia, sedih, marah, bosan, dan lain sebagainya. Bagaimana ya cara mengkomunikasikan ungkapan emosi-emosi tersebut dalam bahasa Korea?

Yuk, cari tahu lebih banyak tentang ungkapan emosi umum dalam bahasa Korea untuk mengekspresikan dirimu! Read this article carefully, ya!

Ungkapan Emosi Positif dalam Bahasa Korea

 

bahagia-dalam-bahasa-korea
Photo by Andrea from Pexels

Nah, ungkapan emosi dalam bahasa Korea yang akan dibahas pertama kali adalah emosi positif. Emosi positif ini bisa meliputi emosi bahagia, mood, dan lain sebagainya.

기분 (Gibun)


기분 (gibun)
merupakan salah satu ungkapan emosi dalam bahasa Korea yang dapat berarti suasana hati/mood. Kamu bisa menggunakan ungkapan ini untuk mengatakan 기분이 좋아요(gibun-i jo-a-yo) yang berarti “perasaannya baik” atau “saya baik-baik saja”.

재미있어요 (Jaemiiseoyo)


Ungkapan emosi dalam bahasa Korea ini dapat digunakan untuk menyatakan sesuatu yang menarik atau menyenangkan.

행복해요 (Haengboghaeyo)


Dalam artikel ungkapan
bahagia dalam bahasa Korea yang sudah tayang sebelumnya, kamu pasti sudah tidak asing dengan kata ini. Dalam bahasa Korea, kata yang berarti “bahagia” ini tergolong dalam salah satu kata yang dianggap puitis, lho.

기뻐요 (Gippeoyo)


Kata selanjutnya yang tergolong dalam ungkapan emosi positif dalam bahasa Korea adalah 기뻐요 (gippeoyo). Kosakata bahasa Korea tersebut memiliki arti “senang”.

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Ungkapan Emosi Negatif dalam Bahasa Korea

 

emosi-dalam-bahasa-korea
Photo by Andrea from Pexels

Lawan dari emosi positif adalah emosi negatif. Beberapa empsi yang tergolong dalam emosi negatif adalah marah, sedih, takut, cemburu, dan lain-lain. 

화나요 (Hwanayo)


Kata 화나요 (hwanayo) dalam bahasa Korea berarti “marah”. Namun, yang perlu digaris bawahi adalah kata ini bukan termasuk kata sifat. 화나요 (hwanayo) biasanya digunakan untuk menyatakan tindakan yang menggambarkan saat seseorang sedang marah.

심심해요 (Simsimhaeyo)


Selanjutnya ada 심심해요 (simsimhaeyo). Kata tersebut merupakan ungkapan emosi dalam bahasa Korea yang berarti “bosan”. Penggunaan 심심해요 (simsimhaeyo) terbatas hanya untuk menggambarkan sebuah emosi diri, tidak berlaku untuk menggambarkan sebuah games atau film yang membosankan.

슬퍼요 (Seulpheoyo)


Nah, untuk kosakata yang satu ini digunakan untuk menyatakan emosi “sedih” dalam bahasa Korea. So, saat kamu merasa sangat sedih dan hampir ingin menangis, kamu bisa menggambarkannya dengan kata tersebut.

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

무서워요 (Museowoyo)


Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, ungkapan emosi dalam bahasa Korea tersebut berarti “takut”. Ungkapan “takut” ini bisa digunakan dalam banyak situasi, seperti takut kehilangan, takut ketinggian, takut akan ketidakpastian, atau bahkan takut dengan film horor.

질투해요 (Jilthuhaeyo)


Siapa nih yang seringkali merasakan cemburu pada seseorang? Cemburu dapat diartikan sebagai rasa tidak senang melihat orang lain beruntung dan sebagainya. Cemburu juga dapat berarti kurang percaya atau curiga. Nah, kalau kamu lagi ngerasa cemburu, pas banget nih, karena bahasa Korea yang ini 질투해요 (Jilthuhaeyo) memiliki arti “cemburu”.

Wah, banyak juga ya ungkapan emosi dalam bahasa Korea yang bisa kamu gunakan. Kira-kira, ekspresi mana nih yang paling sering kamu temui di kehidupan sehari-hari?

Yuk, belajar bahasa Korea lebih dalam lagi dengan mengikuti kursus bahasa Korea online Cakap! Di sana kamu bisa belajar banyak materi seputar bahasa dan budaya. Kamu juga bisa praktik conversation langsung lho bareng para teachers.

Baca Juga: