Ucapan Salam Bahasa Korea dalam Berbagai Tema dan Bentuk Ekspresifnya!

salam dalam bahasa korea

Bahasa Korea mengenal berbagai macam ungkapan salam, seperti ungkapan salam selamat pagi dan malam dalam bahasa Korea, ungkapan “halo” dalam bahasa Korea, dan sebagainya. Uniknya, setiap ucapan salam dalam bahasa Korea seringkali memiliki lebih dari satu variasi ucapan.

Kali ini, kamu akan belajar lebih banyak ungkapan salam dalam bahasa Korea dengan berbagai tema yang lebih ekspresif. Kira-kira ada ungkapan salam yang sudah kamu tahu nggak, ya? Yuk, cek ulasan berikut!

Ucapan Salam Saat Berpisah

salam dalam bahasa korea
Photo from Freepik

Ada kalanya seseorang harus berpisah dengan orang-orang yang dikenal. Saat momen tersebut datang padamu, kamu bisa mengucapkan salam manis dalam bahasa Korea. Yuk, intip apa saja ucapan salamnya!

안녕히 가세요 (annyeonghi gaseyo)

Ucapan salam dalam bahasa Korea yang satu ini diucapkan untuk orang yang akan pergi. Ucapan ini memiliki arti “selamat jalan”. 

또 뵙겠습니다 (tto boebgessseubnida)

Saat akan berpisah, biasanya kamu akan mengucapkan “sampai jumpa”. Nah, jika kamu ingin mengucapkan salam perpisahan dengan makna tersebut, kamu bisa menggunakan 또 뵙겠습니다 (tto boebgessseubnida). Atau, jika ingin yang lebih singkat dan familiar, bisa menggunakan 또 만나요 (tto mannayo).

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Ucapan Salam Saat Keluar dan Masuk Rumah

salam dalam bahasa korea
Photo from Freepik

Biasanya apa yang kamu katakan jika akan kembali ke rumah atau berpamitan keluar rumah? Kalau dalam bahasa Korea, kamu bisa berpamitan dengan frasa-frasa sederhana di bawah ini!

다녀 오겠습니다 (danyeo ogessseubnida)

Ucapan salam dalam bahasa Korea satu ini memiliki arti “saya akan pergi”. Kamu cukup mengatakan salam tersebut saat akan berpamitan pada orang-orang rumah.

다녀 왔습니다 (danyeo wassseubnida)

Dalam bahasa Inggris, saat kamu kembali ke rumah, kamu bisa mengatakan “I’m home”. Nah, kalau dalam bahasa Korea frasa yang bisa digunakan adalah 다녀 왔습니다 (danyeo wassseubnida)

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Ucapan Salam Setelah Lama Tidak Berjumpa

lama-tidak-bertemu
Photo from Pexels

Kamu sudah lama tidak bertemu orang-orang yang kamu kenal? Kalau suatu hari kalian bertemu lagi, kira-kira ucapan salam dalam bahasa Korea seperti apa ya yang paling tepat? Ada dua ucapan salam yang bisa kamu gunakan, yaitu 오랜만이에요 (oraenman-ieyo) dan 오랜만이야 (oraenman-iya). Apa yang beda dari keduanya? Simak ulasan berikut!

오랜만이에요 (oraenman-ieyo)

오랜만이에요 (oraenman-ieyo) biasanya sering ditemukan dalam dialog standar yang biasa digunakan orang untuk mengucapkan salam dalam bahasa Korea. Secara umum, ucapan tersebut memiliki arti “sudah lama tidak berjumpa.”

Contoh: 
준이현 씨, 오랜만이에요! (Jun-ihyeon ssi, oraenman-ieyo!)
Pak Jun Yi Hyun, sudah lama tidak bertemu!

오랜만이야 (oraenman-iya)

Jika ucapan salam dalam bahasa Korea di atas digunakan dalam dialog standar, maka ucapan yang satu ini tergolong dalam ucapan informal yang pada umumnya digunakan hanya pada orang-orang terdekat saja. 오랜만이야 (oraenman-iya) memiliki arti “long time no see/ lama tidak bertemu.”

Contoh:
오랜만이야! 잘지냈지? (oraenman-iya! Jaljinaetji?)
Lama tidak bertemu! Bagaimana kabarmu?

Dari semua salam dalam bahasa Korea di atas, manakah yang paling familiar di telingmau? Yuk, coba uji seberapa jagonya kamu memahami ucapan salam dalam bahasa Korea dengan mengikuti quiz Halo Korea

Nah agar kemampuan bahasa Korea-mu makin oke dan keren, kamu bisa ikutan belajar bahasa Korea online di Cakap. Di sana ada banyak materi menarik dan asik yang bisa kamu pelajari. Yuk, daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

 

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Panduan Lengkap Belajar Hangeul Korea Dengan E-Book GRATIS!

Belajar Hangeul terasa jadi lebih asik dengan E-Book eksklusif ini. Kamu bisa dapatkan tips and triknya dengan mengisi data di bawah ini!

      #SiapaCakapDiaDapat