Arti Saranghae dan 4 Kata Aku Cinta Kamu Bahasa Korea Lainnya

saranghae-artinya

Membahas mengenai pernyataan cinta dalam bahasa Korea, kata-kata seperti saranghae, saranghaeyo, & saranghanda pasti jadi sorotan utama. Namun, meskipun kelihatannya sama, ketiga kata tersebut memiliki perbedaan, lho.

Selain ketiga kata tersebut, ada lagi variasi “saranghae” lain yang bisa digunakan untuk menyatakan cinta. Langsung aja yuk cari tahu variasi-variasi dari kata “saranghae” dalam bahasa Korea! So, buat kamu yang mau nembak gebetan pakai bahasa Korea atau sekedar memupuk hubungan dengan pasangan, pantengin terus artikel ini, ya!

Table of Contents

Saranghae

saranghae
Photo from Pexels

Secara umum, saranghae artinya “aku cinta kamu”. Kosakata bahasa Korea yang satu ini digunakan untuk menyatakan cinta dalam konteks informal. Ungkapan cinta ini mungkin menjadi salah satu ungkapan yang paling sering kamu dengar dalam Drama Korea. Karena bersifat informal, ungkapan ini biasanya digunakan oleh pasangan muda-mudi yang seumuran. Huruf atau tulisan hangeul dari kata saranghae sendiri adalah 사랑해.

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ambil Tesnya di Cakap, yuk!

Saranghaeyo

saranghaeyo
Photo from Pexels

Selanjutnya ada 사랑해요 (saranghaeyo). Ungkapan ini juga salah satu ungkapan cinta yang cukup familiar digunakan, lho. Uniknya, selain digunakan untuk mengungkapkan cinta pada pasangan, kamu juga bisa lho menggunakan saranghaeyo untuk mengungkapkan cinta pada teman atau sahabatmu!

Saranghanda

saranghanda
Photo from Pexels

Kamu mungkin tidak terlalu sering mendengar kata yang satu ini. 사랑한다 (saranghanda) lebih sering ditemukan dalam bahasa tulis daripada dalam bahasa lisan. Biasanya, kosakata ini sering ditemukan dalam surat cinta, puisi, atau sastra Korea.

Saranghaeng

saranghaeng
Photo from Pexels

Bentuk pernyataan cinta lewat kata dalam bahasa Korea selanjutnya adalah 사랑행 (saranghaeng). Ungkapan cinta ini tergolong dalam ungkapan yang menggemaskan, lho. Jadi, kalau kamu ingin mengeluarkan sisi aegyo atau kiyowo saat menyatakan cinta pada pasanganmu, kamu bisa menggunakan kata yang satu ini.

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

Saranghamnida

 

saranghamnida
Photo from Pexels

Variasi terakhir dari “saranghae” adalah 사랑합니다 (saranghamnida). Jika ungkapan sebelumnya digunakan untuk menyatakan cinta secara menggemaskan, maka saranghamnida adalah kebalikannya. Sebab, saranghamnida digunakan untuk menyatakan cinta dalam konteks dan situasi formal. So, kalau suatu hari nanti kamu mau menyatakan cinta secara langsung di depan banyak orang, kosakata yang satu ini adalah pilihan yang paling tepat.

Sekarang kamu sudah tahukan perbedaan saranghae, saranghaeyo, saranghanda, saranghaeng, dan saranghamnida, bukan? Jangan lupa pilih ungkapan cinta yang paling cocok di waktu dan tempat yang tepat, ya!

Tertarik belajar bahasa Korea lebih dalam lagi? Yuk, siapkan dirimu untuk makin lancar berbahasa Korea melalui kursus bahasa Korea online Cakap! Belajar di Cakap, bebas atur jadwal belajar dan bisa pilih teacher-mu sendiri, lho! Seru bangetkan? Tunggu apalagi? Daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

      #SiapaCakapDiaDapat