8 Ucapan Maaf dalam Bahasa Korea Formal & Informal

maaf dalam bahasa korea

Familiar dengan lirik yang satu ini, “mianhae mianhae hajima…”? Yap, betul banget chingu, itu adalah penggalan lirik dari lagu K-Pop milik Taeyang. Nah, di lagu Taeyang itu ada ucapan maaf dalam bahasa Korea yaitu mianhae. Pasti kamu udah tahu, kan?

Nah, ucapan maaf dalam bahasa Korea itu bukan cuma mianhae doang. Ada berbagai ucapan lainnya yang disesuaikan dengan tingkat kesopanannya. Biar gak penasaran, cari tahu apa aja sih ucapan maaf dalam bahasa Korea, kajja!

Ucapan Maaf dalam Bahasa Korea

Berikut adalah 8 ucapan maaf dalam bahasa Korea untuk digunakan sesuai konteks formal dan informal:

1. 미안합니다 (mianhamnida)

미안합니다 (mianhamnida) merupakan ucapan maaf dalam bahasa Korea yang sifatnya formal. Ucapan ini biasanya ditujukan pada orang yang lebih tua atau dihormati. Namun begitu, banyak juga yang memakai ucapan ini agar terlihat lebih tulus ketika meminta maaf.

2. 미안해요 (mianhaeyo)

미안해요 (mianhaeyo) merupakan bentuk lain dari 미안합니다 (mianhamnida) yang sifatnya sama-sama formal. Bedanya, ucapan ini lebih sering ditujukan pada orang yang kurang akrab atau tidak kamu kenal. Misalnya seperti ketika kamu menabrak orang saat berjalan kaki.

3. 미안해 (mianhae)

미안해 (mianhae) merupakan ucapan maaf dalam bahasa Korea yang sifatnya informal. Ucapan ini hanya dapat ditujukan pada teman seumuran atau orang yang lebih muda. Jangan coba-coba ditujukan pada orang yang lebih senior, nanti kamu akan dianggap tidak sopan.

4. 미안하다 (mianhada) / 미안 (mian)

미안하다 (mianhada) dan 미안 (mian) merupakan ucapan maaf dalam bahasa Korea yang sifatnya personal dan lebih kasar dibanding 미안해 (mianhae). Ucapan ini dapat kamu tujukan pada pasanganmu atau orang yang sangat akrab denganmu, tapi bisa jadi kamu dianggap tidak tulus ketika meminta maaf menggunakan ucapan ini.

Yuk, Belajar Bahasa Korea Online di K-Club, Gratis!

maaf bahasa korea
wayhomestudio © freepik

5. 죄송합니다 (jwesonghamnida)

죄송합니다 (joesonghamnida) merupakan ucapan maaf dalam bahasa Korea yang sangat sopan. Ucapan ini dapat kamu tujukan pada orang yang dihormati, sebab ucapan ini merupakan bentuk kehormatan dalam bahasa Korea.

6. 죄송해요 (jwesonghaeyo) 

죄송해요 (joesonghaeyo) memiliki tingkat kesopanan yang sama dengan 미안해요 (mianhaeyo). Namun, ucapan maaf dalam bahasa Korea ini umumnya dipakai dalam percakapan kasual, seperti dengan rekan kerja. 

7. 잠시만요 (jamsimanyo)

잠시만요 (jamsimanyo) merupakan frasa bahasa Korea yang artinya “tunggu sebentar”. Kamu dapat menggunakan frasa ini ketika berada di situasi tertentu, seperti melayani pesanan. Jadi, daripada kamu meminta maaf, lebih baik mengucapkan 잠시만요 (jamsimanyo).

8. 실례합니다 (sillyehamnida)

실례합니다 (sillyehamnida) berarti “permisi”. Ada kalanya kita merasa sungkan karena situasi tertentu, misalnya ingin bertanya kepada seseorang. Dalam situasi ini, kamu dapat menggunakan sillyehamnida sebagai ganti ucapan maaf karena telah mengganggu. 

Contoh Kalimat Ucapan Maaf Bahasa Korea

Setelah tahu kata-kata apa saja untuk mengucap maaf dalam bahasa Korea, rasanya belum lengkap tanpa contoh kalimat. Berikut contoh kalimat permintaan maaf sederhana dalam bahasa Korea, ya. 

  • 늦어서 죄송합니다.
    Neujoso, jwesonghamnida.
    Maaf, saya terlambat. 

  • 네 책을 집에 두고 왔어, 미안해.
    Ne chaegeul jibe dugo wasso, mianhae.
    Bukumu ketinggalan di rumah, maaf. 

  • 미안, 그냥 가.
    Mian, geunyang ga.
    Maaf, pergilah. 

Itu dia ucapan maaf dalam bahasa Korea dalam bentuk formal, informal, hingga personal. Untuk mengetahui kosakata bahasa Korea lainnya, kamu bisa belajar bahasa Korea online di Cakap. Yuk, daftar sekarang selagi gratis!

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

      #SiapaCakapDiaDapat