Fun Fact Lightstick Kpop yang Harus Kamu Ketahui

lightstick kpop

Para penggemar musik pasti punya koleksi mulai dari CD hingga pernak-pernik yang berhubungan dengan musisi kesayangan mereka. Tak terkecuali untuk para Kpopers, yang umumnya memiliki segudang koleksi lightstick Kpop.

Bagi fans Kpop, lightstick adalah pernak-pernik sakral yang harus dimiliki. Uniknya, setiap grup Kpop memiliki warna dan bentuk lightstick yang berbeda-beda. 

Nah, tahu nggak sih kalau ternyata lightstick ini punya sejarahnya sendiri? Yuk, langsung aja simak bacaan ini ya!

Sejarah Lightstick KPop

source: giphy.com

Lightstick Kpop adalah sebuah stik yang umumnya berukuran 15 cm dengan berbagai bentuk dan macam yang merepresentasikan makna dari grup idola dan fandom mereka. Dengan kata lain, stick ini seperti identitas tersendiri bagi para fans Kpop.

Awalnya lightstick ini memang berbentuk stick panjang dengan tulisan nama konser atau nama grup Idol dalam tube lightstick tersebut. Biasanya, stik ini dibagikan secara gratis oleh agensi atau bahkan dijual secara resmi pada event atau konser tertentu dengan harga variasi dari Rp120.000 – Rp150.000.

Ini Kalimat Esensial untuk Hari Pertamamu di Korea!

Dilansir dari Allkpop, grup Idol yang pertama kali membuat lightstick adalah BIGBANG. Boyband ini memiliki lightstick berwarna kuning dengan bentuk mahkota serta didesain sendiri oleh mereka dan diproduksi oleh YG Entertainment pada tahun 2005.

Seiring berjalannya waktu serta berkembangnya zaman, teknologi, dan generasi Kpop, kini bentuk-bentuk lightstick Kpop pun makin beragam tidak hanya sekedar stik biasa saja.

Macam-Macam Lightstick Kpop yang Populer

Berikut adalah beberapa lightstick yang populer di kalangan fans KPop:

BTS

source: giphy.com

Lightstick milik BTS dirilis pada tahun 2015, tepat dua tahun setelah debut pertama mereka. Bentuknya bulat seperti bola dunia dan berwarna putih dengan pegangan hitam.

GOT7

source: giphy.com

Lightstick miliki GOT7 dibuat karena terinspirasi dari fandomnya yaitu Ahgase yang terdengar seperti “baby bird” dalam pelafalan bahasa Korea. 

Lightstick yang dirilis pada tahun 2016 ini berbentuk seperti burung yang membungkus logo GOT7 berwarna hijau neon dengan pegangan warna putih.

Tambah Skill Baru di Aplikasi Cakap, Gratis Setiap Hari!

A Pink

source: giphy.com

Girl band yang satu ini juga memiliki lightstick yang dirilis pada tahun 2016 dengan bentuk kepala panda dengan aksen berwarna pink. Adapun desain tersebut mewakili nama fandomnya yaitu “Panda”.

Fungsi Lightstick KPop

Selain untuk menerangi venue dan menyemangati para Idol, lightstick k-pop ini juga memiliki fungsi lain, yaitu:

Powerbank

Beberapa model lightstick Kpop yang terbaru dapat digunakan sebagai powerbank. Dengan adanya powerbank dalam lightstick dapat memudahkan para pengguna untuk mengisi daya handphone mereka saat sedang menonton konser.

Senter

Selain itu, cahaya dari lightstick Kpop ini juga dapat digunakan sebagai senter atau alat penerang saat sedang mati lampu. Tapi, jangan lupa pastikan kalau daya baterai dari lightstick terisi ya!

Itu dia fun fact serta kegunaan lain dari lightstick Kpop yang kian populer. Mau tahu lebih lagi tentang budaya atau bahkan bahasa Korea? Yuk, gabung Cakap K-Club

Di sana kamu bakal belajar bahasa Korea lewat berbagai topik menarik dan tentu saja mudah untuk dipahami!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks